5 Tips Hemat Di Awal Bulan Yang Bisa Kamu Praktekan

Rabu, 16 Desember 2020 | 08:16:24

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

5 Tips Hemat Di Awal Bulan Yang Bisa Kamu Praktekan

Hai ladies masih awal bulan nih, dompet belum boncos kaan? Mumpung masih awal bulan, yuk lakukan penghematan agar tak menyesal nantinya. Salah satu upaya untuk berhemat juga sesepele menjaga barang-barang untuk disimpan dengan teratur lho. Kok bisa? Misalnya, simpan semua perlengkapan mandi di satu tempat di lemari, agar saat habis kita tahu ke mana harus mencarinya. Kamu bisa juga membuat daftar barang-barang yang sekiranya dibutuhkan untuk dibeli.

5 Tips Hemat Di Awal Bulan

Hindari pengeluaran besar-besaran di awal bulan

Sebagai seorang yang bekerja, pasti sangat menantikan awal bulan, karena di awal bulan inilah keuangan kamu akan kembali membaik. Namun, jangan terbuai dengan banyaknya uang yang kamu miliki saat gajian, ya. Jika kamu tidak pandai untuk mengatur keuangan, di tengah atau akhir bulan pasti uang sudah habis. Sebagai solusinya, coba gunakan uang gajimu untuk berbelanja seperlunya saja. Kamu juga bisa memisahkan uang untuk berbagai keperluan di dalam amplop, misal uang untuk belanja, makan, bayar listrik, dan juga biaya untuk senang-senang. Hal ini sangat ampuh untuk mengerem pengeluaran, lho!

Targetkan pengeluaran kamu setiap harinya

Kamu harus punya target batas maksimal pengeluaran setiap harinya. Mulai dari makan, belanja pakaian, atau hal lainnya. Untuk makan kamu bisa mengakalinya, semisal kamu masak nasi sendiri dan untuk lauknya bisa beli dan untuk belanja pakaian usahakan untuk tidak belanja setiap bulannya. Rencanakan belanja pakaian kamu setiap 2 atau 3 bulan sekali. Hal ini tentunya bisa menjadi cara cermat untuk menghemat uang dan bisa disisihkan untuk ditabung.

Jangan simpan uang tunai di dompet

Sebisa mungkin hindari menyimpan uang tunai yang terlalu banyak di dompet. Kamu bisa menyimpannya di ATM, karena jika di simpan didompet uang berapapun pasti akan habis. Cara cermat ini sangat efektif agar keuangan kamu aman-aman saja.

Sisihkan penghasilan untuk ditabung

Selalu sisihkan uang gajian untuk ditabung. Walaupun tidak banyak, usahakan untuk menabung setiap bulannya. Usahakan juga tabungan tidak disimpan di lemari atau di atm yang sama dengan gajian. Buat rekening baru yang tidak ada ATMnya untuk tabungan kamu, karena jika tabungan disimpan di lemari pasti selalu ada keinginan untuk mengambilnya

Belanja bulanan seperlunya saja

Sepertinya kamu harus menerapkan cara yang ini agar keuangan kamu bisa aman, memang  tidak mudah menerapkannya tapi cobalah untuk menerapkannya.  Jika belanja bulanan kamu sudah cukup kamu tidak perlu belanja kebutuhan yang tidak diperlukan. Sisihkan uangnya buat kepentingan lainnya atau bisa  juga ditabung untuk berjaga-jaga  jika kamu kehabisan uang di akhir bulan.

Ini mungkin tampak sederhana, tetapi hal bisa mencegah dari penggandaan pembelian barang-barang yang tidak kita butuhkan.

 

Sumber Foto Utama: Freepik.com