5 Tips Mendidik Anak di Era Digital, Cegah Cyber Crime Pada Anak

Minggu, 29 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Mendidik Anak Di Era Digital, Cegah Cyber Crime Pada Anak

Ilustrasi Orang Tua dengan Anak. (Special)

Ladiestory.id - Kemajuan teknologi tentu memberi banyak manfaat. Salah satunya mempermudah manusia dalam mengakses berbagai informasi dimanapun dan kapanpun. Bahkan, teknologi sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari tak terkecuali anak-anak. Namun, bahaya ketergantungan terhadap gadget atau internet juga dapat memberi dampak negatif pada anak. Selain itu, kejahatan dunia maya atau cyber crime pun kini semakin marak terjadi dengan korban anak-anak. Tentunya, hal semacam ini menjadi ketakutan dan kekhawatiran bagi para orang tua. Lalu, bagaimana cara mendidik anak yang baik di era digital untuk mencegah cyber crime? Yuk, simak lima tipsnya berikut ini. 

Atur Pencarian Internet Supaya Ramah Anak

Ilustrasi Anak Bermain Gadget. (Special)

Salah satu tips yang efektif dalam mendidik anak era digital yaitu melakukan pendampingan. Caranya dengan mengatur pencarian internet supaya ramah terhadap anak. Kini, browser ternama telah menetapkan aturan untuk menetapkan verifikasi usia dalam mengakses konten-konten tertentu. Setelah kamu membantu mengatur pencarian internet.

Kamu juga perlu sesekali memeriksa konten-konten yang dikonsumsi sang anak di dunia maya. Hal ini dapat dilihat dari riwayat pencarian yang dilakukan anak. Namun, jangan lupa untuk selalu menerapkan rasa empati ketika melakukan tindakan ini. Hindari untuk menghakimi anak saat memeriksa riwayat pencariannya. Jangan lupa juga untuk mengajarkan pada anak supaya tidak melakukan bully atau penindasan kepada orang lain di dunia maya. 

Ajari Anak untuk Browsing Internet yang Sehat

Ilustrasi Anak Bermain Gadget. (Special)

Dalam rangka mendidik anak di era digital, tentunya orang tua juga perlu mengetahui dasar-dasar pengaturan browser yang ramah bagi sang buah hati. Kamu dapat mengunduh aplikasi yang dapat membantu dalam mengetahui tontonan maupun konten yang dikonsumsi sang anak setiap waktu. Selain itu, kamu juga dapat mengajarkan penggunaan bookmark supaya anak mengunjungi situ-situs yang diperlukan saja dan bermanfaat.

Selain itu, beritahu kepada anak untuk menghindari penggunaan wifi publik yang rentan dengan pembajakan oleh hacker. Pastikan anak tidak sembarangan menyebar data pribadi maupun melakukan akses ke situs yang mencurigakan. Anak juga perlu diajarkan mengenai adanya pembajakan, peretasan hingga pelaku kriminal yang mungkin berkeliaran di dunia maya. Sehingga, anak menjadi pribadi yang lebih waspada dan bertanggung jawab.

Batasi Screen Time Anak 

Ilustrasi Anak Bermain Gadget. (Special)

Semakin tingginya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan dampak pada screen time anak. Terutama, bagi anak yang tengah berada usia perkembangan. Screen time yang berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Durasi screen time yang baik bagi usia dini yaitu tak kurang dari 1 jam. Menerapkan aturan screen time juga dapat membantu menjaga anak dari berbagai kejahatan dunia maya. Usahakan pula semaksimal mungkin untuk selalu mendampingi anak ketika berselancar di dunia maya.

Ajak Anak Beraktivitas yang Menarik

Ilustrasi Ayah dengan Anak. (Special)

Meski melepaskan teknologi dari genggaman anak cukup sulit dilakukan. Sebagai orang tua, kamu tetap harus berupaya dalam membantu anak mengenal aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan gadget. Beberapa kegiatan yang menarik untuk kamu lakukan bersama anak yaitu berkebun, mengunjungi museum atau kebun binatang, bermain lego, berkemah hingga piknik ke tempat wisata. Kegiatan offline semacam ini dapat membantu anak mengurangi ketergantungan terhadap teknologi. 

Bangun Komunikasi yang Baik Dengan Anak

Ilustrasi Ibu dengan Anak. (Special)

Tips yang tak kalah penting yaitu membangun komunikasi yang baik dengan anak. Sebab, komunikasi yang baik dapat membantu anak terhindar dari berbagai kejahatan dunia maya. Mulai dari bullying hingga cyber crime.  Hubungan yang kuat juga dapat membantu anak menjadi pribadi yang terbuka kepada orang tua mengenai apa yang dialami dan dirasakannya setelah berselancar di dunia maya. Selain itu, jangan lupa ajarkan kepada anak mengenai menjaga privasi selama berkomunikasi di dunia maya.