Anti Kalap, Ini 5 Tips Tetap Hemat Berbelanja Perlengkapan Bayi

Sabtu, 22 Juli 2023 | 10:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Anti Kalap, Ini 5 Tips Tetap Hemat Berbelanja Perlengkapan Bayi

Ilustrasi Membeli Perlengkapan Bayi. (Freepik)

Ladiestory.id - Menjadi orang tua baru yang menantikan kelahiran buah hati pertamanya tentu memberikan rasa kebahagiaan dan suka cita tersendiri. Tak heran jika orang tua baru ini akan memberikan apapun yang terbaik bagi buah hati pertamanya, mulai dari nama yang indah hingga perlengkapan bayi yang lucu dan menggemaskan. Perlengkapan bayi yang beragam serta memiliki banyak fungsi ini sering kali membuat banyak orang tua ingin membelinya, padahal jika diamati sedemikian rupa pertumbuhan bayi pun akan semakin cepat, alangkah lebih baiknya membeli kebutuhan bayi seperlunya saja namun tidak berlebihan.

Harga kebutuhan bayi pun terbilang tidak murah, oleh sebab itu agar terhindar dari sikap kalap, maka penting melakukan beberapa tips hemat berbelanja perlengkapan bayi supaya keuangan tetap  terjaga, berikut diantaranya.

Buat Baby Registry

Ilustrasi Mencatat. (Freepik)

Sebelum mulai berbelanja perlengkapan bayi, ada baiknya jika anda mencatat daftar perlengkapan bayi atau baby registry dengan skala prioritas yang anda butuhkan. Tentunya dengan cara ini anda pun akan lebih mudah mengetahui barang apa saja yang tidak benar-benar dibutuhkan dan anda akan fokus membeli barang sesuai dengan daftar yang telah dibuat sebelumnya.

Manfaatkan Harga Promo atau Diskon

Ilustrasi Belanja Baju Bayi. (Freepik)

Biasanya beberapa toko bayi ataupun e-commerce menyediakan harga dan promo menarik yang bisa anda beli dari harga aslinya. Cara ini tentunya bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan potongan harga apabila membeli kebutuhan bayi dalam jumlah yang cukup banyak. Selain menghemat pengeluaran, biasanya cara ini pun menguntungkan. Jangan sampai anda lapar mata dan ingin membeli semua barang, sebaiknya batasi keinginan dan kebutuhan yang sangat diperlukan.

Berbelanja dalam Bentuk Paket Hemat

Ilustrasi Baju Bayi. (Freepik)

Bagi anda yang tidak ingin membeli barang-barang kebutuhan bayi secara satuan atau barang yang terjual terpisah, anda pun bisa berbelanja kebutuhan bayi dalam bentuk paket hemat. Misalnya satu set pakaian bayi lengkap dengan bedong, kaus kaki, topi dan handuk maupun membeli produk skincare bayi dalam satu kemasan lengkap. Harga yang dijual pun beragam sesuai dengan jumlah produk yang ditentukan, selain menghemat bentuk paket lengkap pun lebih praktis dan tidak perlu membeli barang eceran dengan harga yang tidak jauh berbeda dari harga lengkapnya.

Pilih Barang Multifungsi

Ilustrasi Baju Bayi. (Freepik)

Saat ini pun perlengkapan bayi sudah dapat digunakan secara multifungsi, contohnya tempat tidur bayi yang bisa digunakan sebagai ayunan, tempat mandi dan mengganti pakaian serta untuk bayi tertidur lelap yang dilengkapi dengan mainan, suara musik, kelambu maupun key machine yang bisa menjaga bayi tetap aman. Nah, dengan memilih perlengkapan multifungsi tentunya anda tidak perlu repot membeli kebutuhan ataupun pernak-pernik lain yang bisa membuat kantong menjadi jebol. Selain lebih praktis dan mengutamakan segi kualitas, hal ini pun bisa anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Beli Barang dengan Ukuran Lebih Besar

Ilustrasi Tempat Tidur Bayi. (Freepik)

Bayi memiliki perkembangan yang cepat, biasanya seiring berjalannya waktu ia akan cepat tumbuh memanjang, berat tubuh meningkat bahkan kebutuhannya pun juga ikut berubah. Oleh sebab itu, saat hendak membeli kebutuhan bayi usahakan untuk memilih ukuran yang lebih besar agar dapat digunakan sampai ia besar. Misalnya ukuran new born biasanya digunakan oleh bayi usia 0 hingga 6 bulan, anda pun bisa membeli pakaian dari ukuran atau size lebih besar dari usia new born. Selain dapat menghemat pengeluaran, pakaian ini pun dapat digunakan di usianya yang beranjak naik.