6 Cara Memperbaiki Hubungan LDR yang Retak, Salah Satunya Saling Terbuka

Jumat, 27 Agustus 2021 | 06:38:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Cara Memperbaiki Hubungan LDR yang Retak, Salah Satunya Saling Terbuka

Foto: Hipwee

Setiap hubungan pastinya mengalami masa pasang surut, mulai dari masalah kecil hingga besar. Apalagi bila hubungan yang dijalani adalah LDR atau Long Distance Relationship yang bagi sebagian orang merupakan kisah cinta yang rumit. Jarangnya pertemuan secara fisik membuat masalah sekecil apapun bisa menyebabkan hubungan LDR  menjadi retak.

Hubungan LDR yang mulai retak harus segera diperbaiki. Jika tidak perlahan akan menjadi masalah besar yang berujung pada hancurnya hubungan LDR. Nah, buat kamu yang tengah mengalami hubungan LDR yang mulai retak bisa mencoba memperbaikinya dengan cara-cara di bawah ini.

Cara Memperbaiki Hubungan LDR yang Retak

Cobalah untuk melakukan cara-cara berikut ini agar hubungan LDR kamu yang retak bisa diperbaiki kembali.

1. Fokus Untuk Menyelesaikan Masalah dengan Pasangan

Foto: Ladiestory.id

Saat dihadapkan pada sebuah masalah, setiap pasangan cenderung mencari alasan untuk membela diri. Bila kamu dan pasangan tidak ada yang mau mengalah, adu pendapat akan terus berlanjut dalam waktu yang lama.

Daripada membuang energi dan memancing emosi, sebaiknya kamu memutuskan untuk fokus menyelesaikan masalahnya. Cobalah untuk mengalah dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf agar kamu dan pasangan saling melunak.

2. Jadwalkan Waktu Pertemuan Rutin

Foto: Ladiestory.id

Pasangan LDR yang memiliki jadwal waktu bertemu secara rutin akan merasa lebih puas dan terhindar dari stres atau pun masalah. Saat bertemu bisa dimanfaatkan untuk membicarakan hal yang sempat mengganggu pikiran tentang kondisi LDR kalian berdua. Usahakan semua masalah diselesaikan dalam pertemuan singkat tersebut.

3. Jujur dan Saling Terbuka

Foto: Ladiestory.id

Jika hubungan LDR sedang retak akibat alasan tersebut, lebih baik untuk jujur dan terbuka terhadap ekspektasi. Selain itu, pastikan tidak ada masalah yang dipendam. Nasib hubungan LDR ditentukan pada kemampuan pasangan untuk bisa memenuhi ekspektasi tersebut atau tidak.

4. Menjaga Komunikasi dengan Pasangan

Foto: Ladiestory.id

Ketika LDR tidak bisa menghadirkan fisik dalam arti tidak bisa bertemu, maka kunci kekuatan hubungan berada pada komunikasi. Kehilangan komunikasi bisa menjadi penyebab atau akan memperparah hubungan LDR yang sudah retak. Gunakan komunikasi sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalah atau membahas masa depan dari hubungan LDR.

5. Saling Mendengarkan Satu Sama Lain

Foto: Ladiestory.id

Saat sedang berantem, setiap pasangan cenderung egois dan merasa paling benar. Padahal, baik kamu dan pasangan memiliki alasan tersendiri yang ingin disampaikan. Daripada emosi semakin memuncak, sebaiknya kalian mulai saling mendengarkan dengan kepala yang dingin. Siapa tahu, masalah yang kalian hadapi justru hanya sebuah salah paham.

6. Terima Pasangan Apa Adanya

Foto: Ladiestory.id

Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Terkadang, kamu menuntut pasangan untuk menjadi sosok yang kamu inginkan. Ingat ya, Ladies, meski tujuan kamu baik, tidak semua orang mudah untuk berubah. Biarkan pasangan kamu berusaha menjadi seperti apa yang kamu inginkan tanpa merasa terbebani. Terima pasanganmu apa adanya dan jangan bosan untuk mengingatkan ketika dia melakukan kesalahan.

Itulah 6 cara memperbaiki hubungan LDR yang retak, menjaga komunikasi dan saling jujur serta terbuka adalah salah satu kunci yang bisa menyelamatkan hubungan LDR kamu dan pasangan. 

Berita Terkait