6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop, Internetan Makin Lancar

Monday, 19 Jul | 16:32:52

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop, Internetan Makin Lancar

Foto: Ladiestory.id

Zaman sekarang teknologi nirkabel yang dikenal dengan nama wireless fidelity (Wi-Fi) telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dunia untuk terus produktif dan terhubung dengan internet.

Anda dapat belajar maupun bekerja dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet. Banyak tempat pun telah menyediakan fasilitas WiFi atau hotspot yang gratis maupun berbayar.

Sayangnya, koneksi internet bisa saja tidak lancar sehingga dapat menghambat pekerjaan atau produktivitas. Untuk itu, Anda dapat melakukan beberapa cara mudah untuk memperkuat penerimaan sinyal dari jaringan WiFi.

1. Gunakan teknologi WiFi terbaru

Foto: Ladiestory.id

Cara pertama adalah dengan menggunakan teknologi WiFi yang terbaru. Hal ini disebabkan karena teknologi nirkabel terus mengalami perkembangan.

Teknologi wireless yang terbaru tentu lebih cepat dibandingkan dengan yang lama. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan router dengan kualitas yang baik.

2. Pilih tempat yang tepat

Foto: Ladiestory.id

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai media perambatannya. Sehingga, semakin sedikit penghalang antara perangkat Anda dan router, maka Anda akan mendapatkan sinyal yang optimal.

Selain itu, Anda juga dapat memilih tempat di dekat router agar mendapat sinyal yang lebih kuat. Perlu diperhatikan pula untuk tidak meletakkan router di tempat yang terhalang tembok atau besi..

3. Jauhkan dari alat elektonik lain

Peralatan elektronik yang menggunakan bluetooth atau microwave dapat mengganggu kinerja sinyal WiFi.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menjauhkan perangkat elektronik tersebut dari perangkat Anda dan router demi mendapatkan kekuatan sinyal yang lebih baik.

Selain itu, Anda dapat menggunakan router dual band agar frekuensinya mudah untuk dipindahkan.

4. Gunakan WiFi Repeater

Foto: Ladiestory.id

Repeater adalah alat untuk menangkap sinyal WiFi kemudian memancarkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat. Maka dari itu, alat ini sebaiknya di tempatkan pada daerah dengan penerimaan WiFi buruk.

Selain itu, WiFi repeater merupakan perangkat yang cukup bagus untuk digunakan di tempat yang memiliki banyak penghalang.

Anda dapat menggunakan router lama yang sudah tak terpakai untuk menjadi repeater atau langsung membeli WiFi repeater yang baru.

5. Reboot Router secara Rutin

Foto: Ladiestory.id

Sama halnya seperti perangkat elektronik lainnya, router juga cenderung mengalami masalah bila dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan reboot atau restart agar kondisi router Anda segar dan siap untuk digunakan kembali tanpa masalah.

6. Ubah Pengaturan Quality of Service (QoS)

Jika WiFi digunakan oleh beberapa orang atau perangkat secara bersamaan, maka dapat memperlambat koneksi internet.

Mengakses layanan video streaming, bermain game online, hingga mengundung file yang besar dapat menyebabkan koneksi internet melambat.

Untuk itu, Anda dapat mengatur Quality of Service (QoS) pada router untuk mengontrol penggunaan bandwith.

Cara ini dapat mempriotaskan sebuah layanan  dibadningkan layanan lainnya agar penggunaan bandwith tidak berlebihan.

Demikian ulasan tentang cara memperkuat sinyal WiFi di laptop. Cara-cara di atas mungkin kurang membantu untuk mempercepat sinyal WiFi.

Terlebih jika paket internet yang Anda gunakan lambat. Semoga bermanfaat.