6 Fakta Elang Harpy, Sang Predator yang Hampir Punah

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

6 Fakta Elang Harpy, Sang Predator Yang Hampir Punah

Ilustrasi elang harpy. (special)

Ladiestory.id - Elang harpy atau kerap disebut Harpy Eagle merupakan salah satu spesies elang terbesar di dunia. Memiliki ukuran yang besar dan sayap yang lebar menjadikan burung ini predator puncak di habitatnya.

6 Fakta Menarik Elang Harpy sang Predator

Elang harpy kini menjadi bahan perbincangan banyak orang. Mempunyai ukuran yang hampir setara dengan manusia, membuatnya mengintimidasi makhluk yang berada di sekitarnya. Banyak fakta menarik lainnya untuk dibahas mengenai Elang harpy, berikut Ladiestory.id telah merangkumnya.

1. Elang Terbesar di Dunia

elang harpy
Ilustrasi Elang Harpy. (special)

Elang harpy merupakan elang terbesar di dunia, mereka memiliki ukuran sekitar 89-109 cm dan berat sekitar 9 kg, sedangkan harpy betina memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar. Elang harpy mempunyai sayap yang sangat lebar, jika dibentangkan bisa mencapai 2 meter.

Elang harpy merupakan jenis unggas yang bisa Kamu temukan di hutan hujan tropis. Burung pemangsa ini berwarna abu-abu gelap dan di kepalanya terdapat jambul yang akan mengembang ketika ia merasa terancam. Harpy memiliki pendengaran yang sangat tajam seperti burung hantu.

2. Elang Harpy Pemangsa Monyet dan Kukang

elang
Ilustrasi elang harpy (special)

 

Sesuai dengan ukuran tubuhnya yang besar dan kuat, elang harpy juga memangsa hewan sesuai dengan ukuran yang ia miliki. Elang harpy kerap memangsa monyet dan kukang. Mereka juga memangsa hewan lainnya seperti iguana, ular, trenggiling dan landak. Setelah memangsa, dan memakannya, elang harpy bisa bertahan berhari-hari tanpa makan.

3. Elang Harpy, Burung Pemangsa dengan Cakar Mematikan

elang
Ilustrasi elang harpy. (special)

 

Selain memiliki ukuran tubuh yang besar, elang harpy juga memiliki kaki yang kuat dan cakar yang mematikan. Kaki elang harpy hampir seukuran dengan pergelangan tangan anak kecil sedangkan cakarnya melengkung panjang hingga bisa mencapai 13 cm. Dengan kondisi kaki dan cakar yang kuat membuat harpy dengan mudah menyambar serta mencabik mangsanya dalam  sekali sobekan. Kekuatan cakarnya bisa menghancurkan tulang dan membunuh mangsanya seketika.

4. Elang Harpy Memiliki Penglihatan dan Pendengaran yang Tajam

elang
Ilustrasi elang harpy. (special)

 

Di antara rimbunnya pepohonan di hutan tropis, tidak jadi penghalang bagi elang harpy untuk mencari mangsanya, dengan penglihatannya yang sangat tajam. Elang harpy mampu melihat ukuran 2 cm dari jarak pandang hampir 200 meter. Selain itu, mereka juga memiliki  bulu unik yang terdapat di bagian wajah menyerupai burung hantu. Susunan bulu tersebut memungkinkan suara langsung masuk ke telinga harpy sehingga mempertajam pendengaran mereka. Memiliki penglihatan dan pendengaran yang cukup tajam, membuat elang harpy sangat ditakuti oleh mangsanya.

5. Elang Harpy, Termasuk  Burung Monogami

Elang harpy tergolong hewan monogami, yang sangat setia kepada pasangannya. Seekor betina harpy bisa bertelur satu hingga dua butir telur selama 2 atau 3 tahun sekali. Mereka membangun sarangnya di atas pohon dengan ketinggian antara 15-45 meter dari atas tanah, serta dengan luas 1,5 meter dan kedalaman kira-kira 1,2 meter.

Elang harpy jantan atau betina sama-sama memiliki peran untuk mengerami telurnya. Mereka akan memberikan makan anaknya hingga berumur 10 bulan. Anak harpy beranjak dewasa ketika berumur 6 bulan, namun hanya bermain di sekitar sarangnya saja sehingga masih meminta makan dari induknya. Elang harpy mulai berkembang biak setelah umur 5-30 tahun, sedangkan masa hidup unggas ini umumnya 25-35 tahun.

6. Elang Harpy Hampir Punah

elang
Ilustrasi elang harpy. (special)

Meski berada di puncak predator teratas di habitatnya, teryata elang harpy mengalami ancaman kepunahan. Hilangnya habitat aslinya akibat perluasan lahan manusia membuat populasi harpy mengalami penurunan.