6 Jenis Hijab untuk Wanita Muslimah, Ketahui Modelnya Sebelum Membeli

Rabu, 30 Juni 2021 | 09:24:39

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

6 Jenis Hijab untuk Wanita Muslimah, Ketahui Modelnya Sebelum Membeli

Foto: Ladiestory.id

Kewajiban menutup aurat untuk seluruh wanita beragama Islam, termasuk halnya rambut, merupakan sebuah kewajiban tanpa terkecuali.

Tren kerudung atau hijab sejauh ini semakin berkembang terutama di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragam Islam.

Jenis-jenis hijab semakin bervariasi sehingga memudahkan para muslimah dalam memilih dan menyesuaikan dengan bentuk wajah serta kebutuhan.

Jenis dan tipe hijab sekarang ini semakin bermacam-macam dan jelas terus mengikuti perkembangan zaman. Banyak sekali jenis hijab yang mudah ditemui di pasaran mulai dari praktis atau instan, modern, hingga yang terbaru.

Tidak hanya bervariasi dari segi model, bentuk dan coraknya, tetapi juga bervariasi dalam hal bahan. Hal ini membuat para hijabers dapat tampil lebih stylish dan trendi dalam berbagai kesempatan.

Kami akan memberikan ulasan tentang jenis jenis hijab yang dapat Anda pakai di bawah ini.

  1. Segi Empat

foto:instagram/hamizan.store
Foto: Instagram/hamizan.store

Hijab segi empat termasuk ke dalam jenis yang paling lama dikenal di kalangan muslimah. Hijab ini hanya berupa sehelai kain yang dipotong dalam pola segi empat dengan beberapa pilihan dimensi. Dimensi standar 110×110 cm, sedangkan untuk yang jumbo 150×150 cm.   

Di sekeliling hijab segi empat biasanya mendapat jahit pinggir biar terkesan lebih tetapi perkembangan model hijab memberi kebebasan pada produsen untuk tidak menambahkan jahitan pinggir. Jadi, pinggiran di sekeliling hijab segi empat sengaja dibiarkan gundul. Bahkan, serat-serat yang terurai di sekelilingnya mampu menambah kesan cantik dari hijab jenis ini.

  1. Segitiga

foto:instagram/grosirjilbab_fitrikediri
Foto: Instagram/grosirjilbab_fitrikediri 

Setelahnya terdapat jenis hijab segitiga yang wajib Anda ketahui. Sesuai namanya, hijab segitiga adalah hijab yang memiliki bentuk dasar berupa segitiga dan biasanya memiliki bandana berupa list yang memberikan kesan mewah.

Hijab segitiga direkomendasikan untuk Anda yang mau tampil di acara resmi maupun pesta. Hijab segitiga saat ini hadir dengan berbagai macam model dan motif yang begitu menarik mengikuti perkembangan mode.

  1. Pashmina

foto:instagram/arimbijilbab
Foto: Instagram/arimbijilbab

Hijab pashmina memiliki bentuk yang hampir mirip dengan hijab segi empat. Hijab jenis ini cocok untuk  Anda yang menyukai kreasi look bentuk hijab.

Jenis pashmina yang cukup banyak ditemukan di pasaran adalah pashmina plisket, pashmina ima, pashmina satin, pashmina velvet, pashmina diamond, pashmina sifon hingga pashmina rawis.

  1. Bergo

foto:instagram/monokromstore_jogja
Foto: Instagram/monokromstore_jogja

Salah satu jenis hijab instan yang kerap digunakan oleh para hijabers dalam kesehariannya adalah hijab bergo. Bergo memiliki ciri khas tambahan pet (bantalan busa) di bagian depannya yang praktis dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.

Dengan kemunculan kerudung atau hijab instan bergo ini, tentu akan semakin memudahkan muslimah untuk tampil praktis dengan hijabnya. Bahkan cara menggunakannya juga sangat simpel tinggal dimasukkan ke kepala saja.

  1. Rajut

foto:instagram/aleyda_style
Foto: Instagram/aleyda_style

Bila Anda tidak terlalu menyukai hijab bergo, Anda dapat memilih untuk menggunakan hijab jenis rajut. Hijab rajut pada umumnya memiliki bentuk persegi hingga persegi panjang dengan detail pada setiap sudutnya. Hijab ini sangat praktis serta lebih kasual untuk digunakan.

  1. Syiria

foto:instagram/wannathis.skh
Foto: Instagram/wannathis.skh

Jenis-jenis hijab berikutnya yang wajib Anda ketahui adalah jenis hijab syria. Jenis hijab bergo yang tidak menggunakan pet (bantalan busa) di hijabnya dikenal dengan nama hijab syiria.

Hijab jenis ini sangat mudah digunakan karena modelnya sama dengan hijab bergo yaitu langsung di masukkan ke kepala. Tak heran jika jilbab jenis ini banyak digemari para hijabers.

Jenis jenis hijab diatas wajib untuk diketahui bagi Anda para hijabers.

Berita Terkait