6 Jurusan Yang Banyak Peluang Kerja Dan Dibutuhkan Perusahaan

Wednesday, 21 Jul | 10:00:56

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

6 Jurusan Yang Banyak Peluang Kerja Dan Dibutuhkan Perusahaan

Foto: Website/scholars official

Menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi seringkali dikaitkan dengan kelulusan dan pekerjaan selanjutnya.

Memilih jurusan yang hendak dijalani selama empat tahun menjadi sesuatu hal yang penting. Hal ini dikarenakan sebagai penentu karir dan masa depan.

Foto: Website/beritasatu

Selain menentukan jurusan berdasarkan minat, kita perlu memahami prospek kerja yang mungkin didapatkan dari program studi yang dipilih.

Kebutuhan tenaga kerja akan banyak dibutuhkan pada bidang bisnis, media kreatif, teknologi, kesehatan, sains, dan teknik dalam beberapa tahun ke depan. Berikut beberapa jurusan yang memiliki proses kerja yang luas pada 5 hingga 10 tahun kedepan.

1. Akuntansi

Salah satu jurusan yang populer khususnya dikalangan anak ekonomi. Perguruan tinggi di Indonesia hampir seluruhnya memiliki program studi Akuntansi.

Jurusan ini paling diminati terkhususnya bagi mereka yang menyukai dunia keuangan atau hitung-hitungan.

Selain itu, Akuntansi terkenal dengan jurusan dengan kemudahan mencari pekerjaan yang tinggi.

Pasalnya hampir seluruh perusahaan membutuhkan seorang akuntan. Dari perusahaan swasta, lembaga pemerintah, dan menjadi profesional kantor akuntan publik merupakan contoh pekerjaan dari jurusan ini.

Foto: Website/sun education

2. Teknik Kimia

Teknik kimia memiliki peluang kerja yang besar, meskipun peminatnya tidak terlalu banyak. Jurusan ini memberikan prospek lulusan yang cukup baik. 

Biasanya, jurusan teknik kimia mendapatkan penawaran gaji dengan nominalnya besar pada sejumlah pabrik pengelolaan proses kimia atau industri-industri kimia misalnya, industri pengolahan minyak bumi, industri gas, industri obat-obatan, makanan, dan lainnya.

3. Ilmu Komunikasi

Media menjadi industri yang mengalami perkembangan yang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini yang menjadi alasan ilmu komunikasi banyak diminati.

Lulusan ilmu komunikasi tidak hanya bekerja di media massa, namun pada berbagai sektor, baik negeri maupun swasta.

Selama beberapa tahun ke depan, Ilmu Komunikasi punya keistimewaan tersendiri karena proses komunikasi menjadi sesuatu yang selalu dibutuhkan oleh siapapun dan kapanpun.

4. Ilmu Hukum

Secara mendalam, jurusan ini mempelajari mengenai pidana, perdata, ekonomi, tata usaha negara, internasional, adat, dan lain-lain.

Profesi yang bisa didapatkan adalah bekerja sendiri atau tergabung dengan kantor-kantor pengacara besar di Indonesia.

Jurusan ilmu hukum memiliki prospek yang besar karena sebagian perusahaan membutuhkan legal officer.

Peran dari legal officer adalah bertanggung jawab dalam mengelola segala urusan perusahaan yang berkait dengan hukum.

Maka dari itu, lulusan dari jurusan Ilmu Hukum kemungkinan memiliki lapangan kerja di masa mendatang 

Caption: Website/rencanamu

5. Teknik Informatika

Teknologi menjadi hal yang penting di era saat ini untuk dipelajari. Teknik Informatika adalah jurusan yang banyak diminati bahkan tidak pernah sepi.

Lapangan pekerjaan untuk lulusan Teknik Informatika bekerja sebagai web developer, programmer, web designer, data scientist, atau bahkan konsultan IT.

Kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, lulusan teknik informatika dapat dikatakan berpotensi dan memiliki gaji tinggi.

Biasanya seorang junior programmer mendapatkan gaji sekitar 60 juta per tahun. Pada system analyst mendapatkan gaji 72 juta per tahun.

6. Sastra Inggris

Beberapa mungkin belum merasa jurusan ini penting dan menjanjikan. Hal ini dikarenakan jurusan sastra inggris memiliki sedikit peminat.

Sastra Inggris punya prospek dengan beberapa pekerjaan dengan nilai tinggi, salah satunya adalah penerjemah dengan gaji yang cukup menarik.

Selain penerjemah, lulusan Sastra Inggris bekerja sebagai guru ataupun dosen di Universitas atau kursus Bahasa Inggris.

Dunia pariwisata membutuhkan tenaga lulusan Sastra Inggris sebagai pemandu wisata untuk turis dari luar negeri. Tidak hanya itu lulusan Sastra Inggris dapat bekerja di dunia bahkan salah satunya menjadi penulis atau editor.