6 Kata Singkatan Umum Dalam Bahasa Inggris

Thursday, 22 Jul | 18:36:39

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

6 Kata Singkatan Umum Dalam Bahasa Inggris

Foto: Website/thoughtco

Belajar bahasa Inggris seringkali kita akan menemukan berbagai singkatan. Salah satu contohnya adalah Dr., Mr., dan Mrs. Pasti kita sudah tidak asing dengan kata itu.

Tidak hanya pemakaian kata itu yang lazim digunakan dalam bahasa Inggris. Selain itu, kita akan menemukan beberapa kata lainnya. Saat ini, ada lebih banyak singkatan dalam bahasa Inggris yang dipakai dalam bahasa gaul atau slang.

Beberapa contoh singkatan dalam bahasa Inggris yang sering digunakan:

Foto: website/languagelinklondon

1. COD

Para penyuka belanja online, pasti sudah mengenal istilah kata ini. Secara lebih jelas, COD merupakan singkatan dari kata cash on delivery, yang berarti salah satu tipe transaksi online.

Memilih belanja dengan COD berarti transaksi dilakukan dengan cara membeli barang secara online, namun pembayarannya dilakukan ketika barang diantar sehingga dapat diartikan melakukan pembayaran secara langsung. 

2. DIY

Bahasa gaul DIY yang berawal dari kosa kata Do It Yourself. Seringkali kata DIY dipakai untuk mendeskripsikan suatu hal yang dilakukan secara mandiri.

Contohnya, ketika kita menggunakan kain perca kemudian dijadikan suatu kreasi tersendiri seperti sapu tangan dan selimut. Beberapa diantara mereka, menyebut kegiatan itu dengan  DIY blanket atau selimut yang dibuat sendiri.

Foto: website/passleitsthailand

3. e.g.

Kata singkatan ini banyak ditemui pada berbagai tulisan. Meskipun sebagian dari kita  mungkin belum benar-benar memahami apa artinya. Singkatan e.g. lebih banyak digunakan untuk memberikan contoh dalam kalimat.

E.g merupakan singkatan dari exempli gratia dalam bahasa latin artinya for example, jika diartikan dalam bahasa Inggris. Selain itu, e.g dapat dijadikan sebagai singkatan berarti “contohnya” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

4. FAQ

Kata yang biasanya ditemukan ketika membuka website, biasanya pada rubrik FAQ berisi tanya-jawab tentang penggunaan website. Hal ini disebabkan fungsi dari rubrik FAQ atau Frequently Asked Question. Jika diartikan menjadi pertanyaan yang sering diajukan.

Keunggulan rubrik untuk membantu pengguna dalam memudahkan mendapatkan informasi apabila kesulitan atau kebingungan ketika melakukan aktivitas pada website.

Selain itu, FAQ terdapat aturan-aturan web yang sering ditanyakan oleh para pengguna.

Foto: Website/pinnacale

5. a.m. and p.m.

Penggunaan a.m. dan p.m. menjadi satuan waktu yang digunakan dalam bahasa Inggris.

Singkatan a.m. adalah ante meridiem yang artinya before midday atau sebelum tengah hari. Sedangkan, p.m. merupakan singkatan dari post meridiem sehingga menunjukkan after midday atau setelah tengah hari.

Ketika kita menemukkan penulisan waktu 3 pm, itu artinya jam tiga lewat tengah hari (sore).

6. etc.

Salah satu bentuk singkatan penting dan digunakan dalam berbagai jenis penulisan. Etc biasanya terdapat pada akhir kalimat ini dibaca et cetera dan singkatan dari and other similar things.

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, biasanya pemakaian etc. sama dengan penggunaan “dll.” atau “dan lain-lain.” Contohnya, I buy a book, a magazine, a notebook, etc.