6 Kerajinan dari Bahan Buatan yang Bisa Dicoba

Selasa, 22 Juni 2021 | 19:22:20

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Kerajinan Dari Bahan Buatan Yang Bisa Dicoba

Foto: Ladiestory.id

Kerajinan dari Bahan Buatan, sebelum kita membuat sebuah kreasi tentunya kita harus terlebih dahulu mengetehui beragai media dan bahan baku apa yang akan digunakan. Untuk kali ini kita akan mengulas tentang kerajinan dari bahan buatan.

Kerajinan adalah hobi atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tertentu untuk menciptakan karya secara terampil. Orang yang menggeluti bidang ini disebut perajin atau pengrajin, tetapi pada zaman sekarang banyak juga disebut sebagai artisan.

Bahan buatan adalah sesuatu yang diolah manusia dari bahan kimia dan paduannya, bukan asli dari alam. Tujuannya untuk mendapatkan efek duplikasi bahan alam dan menambah variasi aneka bahan baku untuk kerajinan.

Bahan buatan yang dimaksud di sini adalah berbagai bahan alam yang mengalami pengolahan dengan diberi tambahan zat kimia sebagai pengubah karakteristik bahan buatan agar mudah dibentuk dan diproduksi.

Mengenal Jenis Bahan Buatan

Dalam berkarya, salah satu unsur yang penting adalah pemilihan bahan buatan yang tepat. Adanya bahan yang potensial di sekitar kita, akan memancing ide atau gagasan dalam berkarya. Bahan buatan adalah material yang memiliki sifat tertentu yang dapat mempengaruhi hasil karya yang dibuat dari material tersebut.

Terdapat tiga kategori bahan, yaitu:

  • Bahan lunak, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik empuk/lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Contoh yang sering dipakai sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan tangan adalah gips, sabun batangan, lilin parafin, clay, styrofoam, karet busa, plastik lembaran, dan lainnya. 
  • Bahan sedang, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik tidak terlalu lunak namun juga tidak terlalu keras. Contoh yang sering dipakai sebagai bahan kerajinan tangan adalah karet ban, plastik kotak kemasan produk, dan lainnya.
  • Bahan keras, yaitu bahan yang memiliki sifat fisik keras sehingga sukar dibentuk tanpa bantuan peralatan yang memadai. Contohnya adalah plat seng, aluminium, kaca, plastik atom, plastik mika, dan lainnya.

Contoh Produk Kerajinan dari Bahan Buatan

1. Sabun Batangan

Foto: Ladiestory.id
Sabun adalah surfaktan yang dipakai dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Surfaktan artinya molekul yang memiliki gugus polar yang suka-air (hidrofilik) dan gugus non-polar yang suka-minyak (lipofilik) sekaligus, sehingga dapat mempersatukan campuran yang terdiri dari minyak dan air.
 
Umumnya sabun berupa padatan tercetak yang disebut batang, sehingga disebut sebagai sabun batangan. Meskipun saat ini terdapat jenis sabun cair, namun yang dipakai dalam kerajinan tangan adalah sabun batangan.

2. Kerajinan Lilin

Foto: Pinterest/lanicandle
Dalam Sejarah mencatat bahwa penggunaan lilin sudah digunakan sejak  3000 SM yang dimana kala itu  menggunakan alang-alang yang menjadi sumbunya. Seiring perkembangan selanjutnya, orang-orang Mesir saat itu menggunakan sumbu serat sebagai pengganti dari alang-alang.

Pada zaman sekarang ini sudah ditemukan cara membuat lilin yang lebih ekonomis serta praktis, bahkan dapat menjadi kerajinan atau hiasan yang ada di rumah.

Jika memiliki lilin yang bentuknya bagus maka bukan hanya akan menjadi penerang rumah ketika mati lampu, tetapi juga bisa menjadi sebuah  hiasan yang indah di rumah-rumah.

Pembuatan kerajinan dari bahan lilin ini merupakan yang terbilang paling mudah dan juga sederhana dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Kerajinan lilin juga bisa dilakukan oleh hampir semua orang.

Untuk kreasi bisa dengan menggunakan teknik mengukir lilin secara langsung atau mencairkanya terlebih dahulu. Jika  ingin membuat lilin dengan berbagai bentuk yang unik dan sesuai konsep maka bisa untuk mencairkannya terlebih dahulu dengan cara memanaskannya di atas api atau kompor.

3. Kerajinan Gip/Gypsum

Gypsum adalah bahan mineral yang sifatnya tidak mudah larut air dalam jangka waktu yang lama jika gips ini sudah menjadi padat. Gypsum mengandung beberapa macam  zat, seperti hidrat kalsium sulfat dan juga bebera[a jenis mineral seperti karbonat, nitrat, sulfat, borat yang terlepas sehingga gypsum dalam proses menjadi keras akan menghasilkan panas.

kerajinan gips mulai banyak diminati masyarakat Indonesia, karena pembuatannya terbilang lebih cukup mudah, jika dibandingkan dengan bahan kerajinan fiberglass.  Jika akan dibuat atau produksi dalam jumlah masal, harus di buat model lalu dibuat cetakan terlebih dahulu kerajinan gypsum tersebut.

4. Kerajinan Plastik

Foto: Pinterest/lingkarwarna

Di era modern ini  proses daur ulang plastik ini sudah cukup dengan segala perkembangan teknologi yang ada, namun apa salahnya mengasah sedikit kreatifitasmu dengan mendaur ulang sampah jenis ini menjadi kerjinan plastik yang menarik.

Banyak sekali kreasi dari kerajinan tangan plastik seperti botol air mineral yang bisa kita sarana membuat kerajinan dari botol bekas. Dan ada beberapa jenis bahan yang sebenarnya bisa kita gunakan sebagai bahan utama membuat kerajinan dari plastik, diantaranya seperti gelas aqua, tutup botol bekas, kardus bekas, kaleng bekas dan bahan-bahan bekas yang lainya.

5. Kerajinan Kain

Foto: Pinterest/Amazon

Kerajinan Dari Bahan Buatan selanjutnya adalah kerajinan kain. Buat Anda yang suka banget dengan jahit-menjahit dan sedang mencari cara untuk bisa lebih kreatif, Anda bisa membuat kreasi kerajinan cantik. Anda bisa membuat kreasi kerajinan dari kain, yang tentunya mudah dibuat.

Bahan-bahan kerajinan kain  yang digunakan pun cukup terjangkau, bahkan bisa dapat dengan cuma-cuma alias gratis. Seperti misalnya menggunakan kain perca atau bahan-bahan kain kiloan. Dengan sentuhan sedikit kreativitas, Anda dapat memberikan nilai tambah kain perca yang tidak digunakan.

6. Kerajinan Kaca

Foto: Pinterest/etsy

Kerajinan Dari Bahan Buatan selanjutnya adalah kerajinan kaca. Ada banyak sekali jenis kerajinan yang bisa dibuat dari bahan kaca, baik itu yang sederhana hingga yang rumit.

Beberapa jenis kerajinan kaca bisa Anda buat dengan berbagi teknik seperti decopage,teknik kaca patri yang menggunakan bingkai logam, teknik kaca grafir yang dibuat dengan menyemprotkan pasir, ataupun kaca bevel yang digerinda berkali-kali.

Nah itulah berbagai Kerajinan dari Bahan Buatan yang bisa Anda buat sebagai referensi. Selamat mencoba!