6 Kesalahan dalam Mengikat Rambut yang Sebabkan Rambut Menjadi Rusak

Minggu, 15 Januari 2023 | 18:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Kesalahan Dalam Mengikat Rambut Yang Sebabkan Rambut Menjadi Rusak

Ilustrasi Mengikat Rambut (Special)

Ladiestory.id - Mengikat rambut merupakan salah satu solusi untuk menjaga tampilan rambut agar lebih rapi, bebas gerah, mengatasi rambut berantakan serta menghindari hawa panas yang menyerang area kepala.

Namun, tanpa kamu sadari mengikat rambut dengan cara yang salah bisa membuat kondisi rambutmu menjadi cepat rusak, lho. Berikut ini enam  kesalahan mengikat rambut yang bisa sebabkan rambut menjadi rusak.

1. Mengikat Rambut Ketika Basah

Mengikat Rambut Ketika Basah (Special)

 

Ladies, salah satu kebiasaan yang sebaiknya dapat kamu hentikan ialah mengikat rambut saat kondisi rambutmu sedang basah. Mengikat rambut dalam keadaan basah dapat membuat rambut cepat rontok, rapuh dan patah. Selain itu, kondisi rambut yang basah dan lembap juga dapat memicu munculnya jamur serta menyebabkan masalah pada kulit kepala seperti gatal dan iritasi kulit.

2. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat Rambut Terlalu Kencang (Special)

Nah, kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan ialah mengikat rambut terlalu kencang. Apalagi jika kamu sedang buru-buru untuk pergi beraktivitas, bahkan kamu mengikat rambutmu dengan asal-asalan supaya rambut tidak berantakan. 

Tahukah kamu ketika mengikat rambut terlalu kencang dan menahannya hingga tertarik dengan kuat maka rambutmu akan meregang bahkan membuat helaian rambut semakin tipis.

Selain itu mengikat rambut terlalu kencang juga dapat merusak folikel rambut bahkan membuat kulit kepala menjadi sakit, rambut menipis dan rambutmu pun akan sulit bernapas.

3. Tidur dengan Rambut Terikat

Tidur dengan Rambut Terikat (Special)

Hayo siapa yang sering melakukan kebiasaan ini? Ladies, kebiasaan tidur dengan kondisi rambut yang masih terikat juga dapat membuat kerusakan pada rambutmu, lho. Pada saat bangun tidur rambutmu akan kusut bahkan rontok, hal ini dikarenakan saat tertidur tanpa kamu sadari badan dan kepalamu akan bergerak-gerak sehingga terjadi tekanan dan gesekan di area kepala sehingga menyebabkan masalah pada rambutmu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dapat menghentikan kebiasaan ini, Ladies.

4. Tidak Menggunakan Ikat Rambut Khusus

Tidak Menggunakan Ikat Rambut Khusus (Special)

Ladies, kamu pasti pernah mengikat rambut menggunakan karet gelang yang sangat kencang. Nah, karet gelang ini bukan dibuat khusus untuk mengikat rambut, bahkan saat melepas karet gelang rambutmu akan rontok bahkan merasa sangat sakit.

Jika kamu tidak menggunakan ikat rambut khusus dan sering menggunakan sembarang karet secara terus-menerus maka hal ini dapat memperburuk kondisi rambutmu.

5. Mengikat Rambut Dalam Waktu yang Lama

Mengikat Rambut dalam Waktu yang Lama (Special)

Ladies, mengikat rambut dalam jangka waktu yang lama juga dapat menimbulkan kerusakan pada rambut, lho. Bahkan ketika ikatan rambut tersebut dibuka maka rambutmu akan mengembang, rambut kaku bahkan terdapat bekas ikatan pada area rambutmu.

Selain itu, mengikat rambut dalam waktu yang lama juga dapat merusak folikel rambut sehingga rambut rentan rusak dan menjadi rontok bahkan kulit kepalamu pun akan terasa sakit.

6. Mengikat Rambut dengan Pengencang Logam

Mengikat Rambut dengan Pengencang Logam (Special)

Ladies, pasti kamu pernah menemukan aksesoris rambut yang memiliki pengencang logam. Tahukah kamu jika pengencang logam yang didesain pada ikat rambut ini ternyata dapat memicu rambut menjadi kusut, tersangkut, patah, bahkan bisa membuat kondisi rambutmu menjadi tipis. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu dapat memilih ikat rambut berbahan kain yang aman digunakan pada rambut.

Nah, Ladies itulah ke enam kesalahan dalam mengikat rambut yang sebaiknya dapat kamu hentikan agar tidak menyebabkan terjadinya masalah pada rambut seperti rambut rontok, patah, rambut semakin tipis, rambut tersangkut hingga merusak folikel pada rambut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.