6 Kesalahan yang Dapat Menguras Uangmu yang Harus Kamu Hentikan Sekarang!

Rabu, 13 November 2019 | 11:55:08

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

6 Kesalahan Yang Dapat Menguras Uangmu Yang Harus Kamu Hentikan Sekarang!

Kamu mungkin baru menyadari mengapa uang gajianmu begitu cepat habis padahal kamu tidak terlalu boros dan kamu pun berharap bisa mengubah kebiasaan berbelanjamu secara signifikan dari waktu ke waktu. Kamu harus menghentikan kebiasaan menghabiskan waktu luang dengan minum kopi di kedai kopi yang sudah menjamur di mana-mana, lebih memilih membawa makan siang ke kantor, dan mengurangi melakukan perawatan diri yang berlebihan karena itu akan menghemat uangmu lebih dalam. Namun, itu saja tidak cukup. Ada beberapa kesalahan ternyata dapat menguras uangmu dan harus kamu hentikan sekarang demi masa depan yang lebih baik, apa saja itu?

1. Menyewa garasi penyimpanan

menyewa garasi penyimpanan
sumber: blog.storageseeker.com

 

Sulit untuk menahan diri untuk tidak menyewa garasi penyimpanan, apalagi kalau kamu tinggal di sebuah apartemen kecil dengan satu lemari yang tidak ada ruang atau meja makan di dapur. Tetapi jika kamu memiliki banyak barang dan butuh ruang penyimpanan, pikirkan, apakah perlu menyewa tempat atau membelinya saja? Di beberapa apartemen, biaya tempat penyimpanan yang ditawarkan seharga 2 juta per bulan atau bahkan 24 juta per tahun! Seperti yang dikatakan majalah Money, “Pengeluaran-pengeluaran ini setara dengan pembayaran mobil atau tagihan belanja bulanan untuk banyak rumah tangga, yang akan mengimbangi penghematan yang mungkin kamu kembalikan dengan menggantungkan pada barang-barang ini.” Kamu bisa menghabiskan uangmu jika kamu terlalu banyak menyimpan barang dengan tempat penyewaan barang. Daripada seperti itu, lebih baik uangnya ditabung untuk masa depanmu.

2. Menyewa mobil

menyewa mobil
sumber: einsurance.com

 

Mungkin sebuah mobil baru yang mengkilap setiap tiga tahun tampaknya begitu memikat hatimu. Tapi apakah kamu mempertimbangkan biayanya? Jika kamu menyewa mobil untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya pertimbangkan untuk menyicil mobil yang ingin kamu beli. Daripada hanya menyewa sebuah mobil untuk acara-acara yang harus kamu hadiri, dan melakukan pembayaran bulanan selamanya, sebaiknya kamu menyicil mobil dan biarkan ini berjalan. Selama apapun kamu menyicil mobil tersebut, tentu akan jadi milikmu daripada kamu harus menyewa mobil yang harus menghabiskan biaya lebih mahal lagi. Atau kalau mau lebih hemat lagi, sebaiknya kamu gunakan transportasi umum untuk pergi ke mana-mana.

3. Memiliki banyak kartu kredit

memiliki banyak kartu kredit
sumber: speakbindas.com

 

Setiap mengunjungi mal, pasti selalu ada SPG bank yang menghampiri untuk menawarimu membuka kartu kredit baru dengan tawaran berbelanja murah setiap tenant. Sangat menggoda jika kamu seorang shopaholic, tapi jika kamu seorang yang hanya sesekali berbelanja di toko itu, sebaiknya tolak tawaran untuk membuka kartu kredit tersebut. Menurut sebuah survei oleh Creditcards.com, “Rata-rata pendaftaran kartu kredit yang dilakukan di mal-mal di Amerika telah meningkat menjadi 23,84 persen dan hanya setengah dari kartu menawarkan kesepakatan hadiah pendaftaran atau diskon pembelian. Kartu-kartu tersebut tetap berguna bagi orang yang memang memiliki banyak uang dan hal yang dikreditkan, tetapi bagi mereka yang memang tidak terlalu banyak menggunakan kartu kredit sebaiknya pilih yang benar-benar dibutuhkan.”

4. Biaya pengiriman

biaya pengiriman
sumber: telegraph.co.uk

 

Belanja online telah dengan cepat menjadi hal yang menyenangkan untuk berbelanja, dan banyak online shop yang menawarkan biaya pengiriman gratis, jika kamu mencapai jumlah minimal pembelian. Hal tersebutlah yang membuat uangmu jadi lebih terkuras. Tadinya, kamu hanya ingin membeli satu barang, karena barang tersebut tidak mendapat potongan biaya pengiriman, kamu pun membeli barang lain. Bukannya berhemat malah kamu secara tidak sadar menambah biaya lain untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, pikirkan dengan bijak barang apa saja yang ingin kamu beli atau kamu bisa ajak temanmu berbelanja agar biaya pengirimannya bisa dibagi sama rata.

5. Berlangganan TV Kabel

berlangganan TV Kabel
sumber: nbcnews.com

 

Jika kamu orang yang jarang menonton TV, putuskan langganan tersebut! Kamu mungkin beralasan bahwa ingin menyaksikan berbagai macam acara TV yang luar biasa yang tersedia di beberapa TV Kabel. Daripada kamu setiap bulannya harus membayar biaya berlangganan yang tidak murah dan kamu hanya menyaksikan beberapa, sebaiknya pikirkan untuk memutuskan langganan atau memilih ulang paket langganan yang ditawarkan. Toh sekarang kamu juga sibuk dalam ponsel dan menerima banyak hanya dalam genggamanmu. Jadi, kalau tidak perlu sebaiknya hentikan langganan TV Kabel yang sebenarnya jarang kamu nikmati itu.

6. Bayar dengan harga penuh

bayar dengan harga penuh
sumber: influence-central.com

 

Dengan maraknya diskon di mana-mana, entah itu online maupun offline ada baiknya kamu menjadi pembeli yang pintar dengan mencari kode diskon untuk membeli sebuah barang. Daripada harus membayar penuh, sebaiknya kamu mengumpulkan informasi di mana kamu bisa membeli pakaian dengan harga murah dengan kualitas yang luar biasa. Kalau kamu tidak menjadi pembeli yang pintar dan merelakan dirimu membayar sesuatu dengan harga penuh padahal kamu bisa mendapatkan diskon, hal tersebutlah yang dapat menguras uangmu, Ladies!

Pengeluaranmu kalau tidak diperhatikan akan membuat uangmu terkuras dan kamu jadi sulit untuk menabung, Ladies, jangan lupa untuk selalu berhemat ya!