6 Masjid Terindah Di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Lho

Jumat, 4 Februari 2022 | 21:27:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Masjid Terindah Di Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia Lho

Masjid Terindah di Dunia. (Special)

Ladiestory.id - 

Ladiestory.id - Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang memiliki pemeluk paling banyak di dunia. Di setiap negara pasti terdapat masjid, dan beberapa diantaranya dibangun dengan begitu megah dan indah, agar umat islam merasa nyaman di dalamnya.

Selain itu, masjid yang indah juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Setidaknya terdapat enam masjid terindah di dunia yang ada di berbagai negara yang berhasil dirangkum Ladiestory.id.

Masjidil Haram di Arab Saudi

Masjidil Haram di Arab Saudi. (Special)

 

Masjidil Haram adalah masjid paling ramai di dunia, karena di dalam masjid inilah terdapat Kabah, yang merupakan kiblat umat islam. Masjidil Haram juga punya sejarah panjang yang tertulis dalam Al Quran sebagai tempat ibadah pertama umat Nabi Muhammad untuk menyembah Allah.

Bukan hanya megah dan salah satu masjid terindah di dunia, tapi Masjidil Haram juga dianggap tempat paling suci. Masjid seluas 400.800 meter persegi ini dapat menampung hingga empat juta orang saat musim haji, ziarah Islam tahunan hingga kegiatan umat Islam lainnya.

Blue Mosque di Turki

Blue Mosque di Turki. (Special)

 

Selain Cappadocia, rasanya belum lengkap bila ke Turki tak mampir juga ke Blue Mosque  yang dikenal juga dengan Masjid Sultan Ahmed. Masjid yang memiliki enam menara ini tampak megah dari kejauhan. Disebut Masjid Biru karena kubahnya yang biru. Kubah besar Blue Mosque dilapisi dengan dua puluh ribu ubin Iznik biru motif pohon, bunga, dan pola abstrak.

Masjid Ubudiah di Malaysia

Masjid Ubudiah di Malaysia. (Special)

 

Saat melihat Masjid Ubudiah yang ada di Malaysia ini, mungkin Kamu akan ingat dengan  istana dalam film Aladdin. Masjid ini merupakan i tempat ibadah paling megah dan indah yang ada di Kota Kerajaan Kuala Kangsar, Malaysia.

Masjid Ubudiah dirancang arsitek asal Inggris, Arthur Benison Hubback atas instruksi Sultan Idris Mushidul Azam Shah. Ketika itu Sultan Idris bersumpah akan membangun masjid paling indah sebagai rasa syukur bila Ia sembuh dari sakitnya. Setelah sembuh, Sultan Idris menepati janjinya dan membangun Masjid Ubudiah dengan kubah berlapis emas.

Masjid Wazir Khan di Pakistan

Masjid Wazir Khan di pakistan. (Special)

 

Masjid terindah di dunia selanjutnya adalah Masjid Wazir Khan yang ada di negara Pakistan. Masjid ini sudah ada sejak abad 17, dan menjadi landmark dari Kota Lahore.

Masjid ini dihiasi dengan lukisan dan ubin fresco, baik pada bagian dalamnya maupun luarnya. Bukan hanya itu, dari lantai atas Masjid Wazir Khan ini, Kamu dapat melihat titik pandang paling menakjubkan dari jantung Kota Lahore.

Masjid Istiqlal di Indonesia

 Masjid Istiqlal di Indonesia. (Special)

Walaupun tampak biasa saja, masjid yang berada di pusat Ibu Kota Jakarta ini dapat menampung dua ratus ribu jamaah. karena itu, tak heran bila masjid ini masuk dalam salah satu  masjid terindah dan termegah di dunia.

Masjid Istiqlal dibangun berhadapan dengan Gereja Katedral, hal ini menunjukan bahwa Islam di Indonesia merupakan agama yang damai dan toleransi bagi pemeluk agama lainnya.

Masjid Istiqlal juga jadi salah satu destinasi wisata favorit turis asing yang berkunjung ke Jakarta.

Masjid Nasir Al-Mulk di Iran

Masjid Nasr Al-Mulk di Iran. (Special)

Masjid Nasir Al-Mulk yang ada di Iran ini merupakan masjid tertua dan salah satu paling indah di dunia. Dengan arsitektur yang unik,  seperti langit-langit yang melengkung bergaya Arab. Masjid Nasir Al-Mulk dikenal juga dengan Masjid Merah Muda. Hal ini karena ubinnya yang merah muda yang menghiasi hampir seluruh langit-langit masjid

Bukan hanya ubinnya yang membuat masjid ini tampak cantik, adanya kaca patri yang terpasang di hampir semua jendela yang memantulkan warna-warni cantik dari sinar matahari yang masuk ke dalam masjid.