6 Tips Atasi Ketiak Iritasi Setelah Mencukur

Selasa, 22 Agustus 2023 | 11:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Atasi Ketiak Iritasi Setelah Mencukur

Ilustrasi Mencukur Bulu Ketiak. (Creative Market)

Ladiestory.id - Ladies, bagi sebagian wanita memiliki bulu ketiak yang lebat tentunya akan membuat tidak percaya diri. Maka dari itu mencukur bulu ketiak menjadi salah satu hal rutin yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bebas bulu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat ketiak terlihat mulus, halus dan cerah.

Kamu bisa menghilangkan bulu ketiak ini dengan melakukan metode kecantikan seperti waxing atau tweezer di klinik kecantikan atau mencukur bulu ketiak dengan female shaver yang bisa dilakukan di rumah. Biasanya setelah mencukur bulu ketiak ada beberapa gejala yang muncul salah satunya kulit iritasi.

Nah, kamu bisa mengatasi masalah kulit iritasi setelah mencukur dengan enam tips berikut ini, simak yuk!

Hindari Mandi dengan Air Hangat

Ilustrasi Mandi. (Special)

 

Saat mencukur, kulit ketiak rentan mengalami iritasi dan kering bahkan mencukur pun bisa menyebabkan permukaan kulit luka dan lecet. Nah, setelah mencukur sebaiknya kamu menghindari mandi dengan air hangat karena uap air ini dapat membuat kandungan minyak alami pada kulit ketiakmu akan semakin mengering dan meradang. Kamu bisa mandi dengan air bersuhu sejuk atau dingin untuk membantu redakan masalah iritasi setelah mencukur.

Gunakan Pelembap

 

Ilustrasi Krim Kulit. (Freepik)

 

Ladies, jika kamu sering mencukur ketiak agar bulu ketiak tidak cepat tumbuh semakin lebat dan mencukur sudah menjadi rutinitasmu maka kamu dapat mengatasi masalah kulit ketiak kering dan iritasi dengan menggunakan rangkaian pelembap untuk ketiak. Selain menggunakan deodorant kamu pun bisa memanfaatkan mousturising cream yang mampu melembapkan kulit ketiak agar tetap halus dan lembap. Hindari produk pelembap yang mengandung alkohol dan wewangian yang menyebabkan kulit ketiak semakin iritasi.

Gunakan Bahan Alami

Ilustrasi Coconut Oil. (Freepik)

 

Kamu pun bisa menggunakan bahan alami seperti avocado oil, coconut oil atau olive oil untuk membantu melembapkan, melembutkan dan menghidrasi kulit ketiak. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk membantu menenangkan kulit iritasi setelah mencukur, sifat anti inflamasi dari lidah buaya ini juga dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit.

Gunakan Antibiotik

Ilustrasi Antibiotik Ketiak. (Freepik)

 

Ladies, saat mencukur menggunakan pisau cukur yang tajam terkadang seseorang kurang memperhatikan cara mencukur yang benar, maka tak heran seseorang akan mengalami luka saat mencukur sehingga mengakibatkan ketiak menjadi lecet, timbul benjolan kecil bahkan kulit berdarah akibat pisau cukur. Nah, apabila kulit menjadi luka hingga iritasi setelah mencukur kamu bisa menggunakan antibiotik untuk meredakan pendarahan maupun luka. Tentunya antibiotik ini bisa kamu dapatkan secara resmi di apotek ataupun berkonsultasi dengan dokter terkait agar tidak terjadi masalah kulit yang semakin parah.

Hindari Menyemprot Parfum di Ketiak

Ilustrasi Parfum. (Freepik)

 

Nah, Ladies bagi kamu yang memiliki kebiasaan sering menyemprotkan parfum di area ketiak supaya ketiak tetap wangi sepanjang hari dan mencegah aroma tak sedap, cara ini justru dapat membuat ketiakmu semakin iritasi apalagi kamu menyemprotkan wewangian setelah mencukur. Selain kulit ketiak akan terasa panas, efek samping lainnya yang muncul dapat membuat ketiakmu terasa perih dan terasa seperti terbakar.

Gunakan Pakaian Longgar

Outfit Kaos Oversize (Pinterest)

 

Ladies, setelah mencukur sebaiknya kamu dapat menggunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat untuk menghindari kulit ketiakmu menjadi gelap, tak hanya itu pakaian yang ketat pun dapat membuat ketiakmu berkeringat. Menggunakan pakaian yang ketat akan menimbulkan gesekkan antar kulit dan kain, oleh sebab itu pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman agar udara dapat masuk di ketiak dan tidak membuat kulit terasa sesak.