6 Tips Rayakan Bridal Shower Hemat

Jumat, 24 Desember 2021 | 01:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

6 Tips Rayakan Bridal Shower Hemat

Ilustrasi perayaan bridal shower. (Special)

Ladiestory.id - Semakin berkembangnya zaman, maka semakin pula merebaknya tren bridal shower. Ini merupakan rangkaian kegiatan seru yang dilakukan menjelang hari pelaksanaan pernikahan sahabat Kamu.

Bridal shower adalah salah satu acara yang pada umumnya diadakan untuk menyambut calon pengantin perempuan yang akan segera menikah. Seperti dilansir dari Brides, acara bridal shower adalah salah satu tradisi yang berasal dari Belanda, sudah ada sejak lama sejak abad ke-16.

6 Tips Merayakan Bridal Shower Hemat

Bridal shower yang diadakan di Indonesia, biasanya dengan tujuan mempertemukan sahabat dekat sebelum dipinang oleh calon suami. Memang kebanyak orang enggan melakukan acara ini karena permasalahan budget. Namun ada enam tips merayakan bridal shower hemat lho.

1. Tidak Perlu Jasa Event Organizer

Ilustrasi bridal shower. (Special)

Memang lebih mudah dan tidak merepotkan jika menggunakan jasa event organizer untuk membuat bridal shower. Tapi, pasti harus mengeluarkan budget atau anggaran yang lebih di luar biaya pernikahan Kamu. 

Oleh karena itu, luangkan waktumu untuk mengatur dan merencanakan semuanya  sendiri. Jangan terlalu panik, Kamu dapat berbagi tugas pekerjaan dengan sahabat-sahabat Kamu kok. Nah, selain jadi tips merayakan bridal shower hemat, hal ini juga cocok banget untuk melatih kerja sama dalam pertemanan.

2. Lokasi 

Ilustrasi bridal shower. (Special)

Kerap kali hotel jadi opsi tempat untuk merayakan bridal shower. Namun sebenarnya tidak harus hotel kok. Kamu dan sahabat-sahabatmu bisa merayakan bridal shower di tempat lain. Melakukan bridal shower di alam terbuka juga tidak ada salahnya.

Di tempat makan, cafe, atau sederet lokasi lainnya bisa dijadikan pilihan untuk merayakan momen melepas masa lajang sahabatmu ini.

Nah, Kamu juga bisa memanfaatkan cafe yang sedang promo untuk merayakan bridal shower. Biasanya acara bridal shower pasti akan di akhiri dengan makan-makan, bukan? Kenapa tidak untuk mencoba melakukannya di tempat ini.

Kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu dan meminta izin untuk mengadakan acara bridal shower di sana. Lebih hemat dan mudah jika dilakukan bersama sahabat, kan? Kamu tidak perlu mengeluarkan budget mahal untuk menggunakan jasa orang lain untuk mengatur ini semua.

3. Dekorasi

Ilustrasi dekorasi bridal shower. (Special)

Setelah menemukan tempat yang pas untuk merayakan bridal shower, langkah selanjutnya yakni memilih tema terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan tema yang pas, Kamu dan para bridesmaids baru bisa memilih pernak-pernik yang sesuai.

Tips merayakan bridal shower hemat dari sisi dekorasi yakni menggunakan benda atau barang yang sudah dimiliki. Tambahkan pernak-pernik buatan sendiri, misalnya hasil guntingan aneka kertas berbagai bentuk dan warna. Kalau ada, Kamu dapat mencetak foto sang calon pengantin bersama para sahabat saat sedang bersama.

Ataupun Kamu bisa membuat sendiri DIY pernak-pernik bridal shower juga akan lebih menghemat pengeluaran kalian. Pasti akan terasa jauh lebih menyentuk kalau pernak-pernik tersebut dihasilkan dari hasil tangan kalian sendiri. Sahabatmu yang akan diberi kejutan pasti akan sangat terharu jika mengetahuinya.

4. Dresscode Tidak Harus Baru

Memang acara bridal shower biasanya ada dresscode. Tidak perlu membeli pakaian baru agar dapat menggunakan warna senada dengan tema. Kamu dapat memilih menggunakan tema busana yang umum juga gak selamanya kuno, kok.

Lagipula tidak harus semuanya serba baru, kan? Kamu dan sahabat-sahabat dapat menentukan dresscode yang ingin dipakai dalam momen sekali seumur hidup ini. Kira-kira dresscode apa yang sudah terlintas di pikiranmu?

5. Siapkan Rangkaian Acara

Acara bridal shower tidak hanya diisi oleh canda tawa saja. Agar lebih seru, Kamu dapat memilih beberapa kegiatan, seperti menonton bersama, manicer bersama, lomba membuat cupcake, mengadakan games dan karaoke.

6. Buat Photo Booth Sendiri

Lagi-lagi Kamu dapat membuat photobooth sendiri hlo. Kamu bisa menggunakan bahan kayu atau kardo kemudian hias setiap ujungnya dengan bunga-bunga atau tulisan handwriting. Gunakan dinding polos sebagai backround foto booth kamu.

Jika tidak ingin dinding yang polos, Kamu dapat memasang backdrop sendiri dari kain tipis semi transparan seperti gambar di atas. Lalu, tambahkan lampu-lampu kecil dibelakang kain tersebut. Sehingga ketika lampu dimatikan ada cahaya kecil oranye yang indah menghiasi ruangan bridal shower-mu.

Selain itu, tips merayakan bridal shower hemat dengan memanfaatkan tripod untuk mengabadikan momen ini. Cukup mengatur timer di kamera dan berpose sudah, deh kamu dan sahabat berhasil mengabadikan momen bridal shower yang mengesankan ini.

Kalian tetap bebas berfoto dengan baik tanpa perlu pusing meminta tolong orang lain. Pasti budget yang kalian keluarkan akan jauh lebih hemat, kan?