6 Tradisi Unik Jelang Malam Tahun Baru Setiap Negara

Jumat, 31 Desember 2021 | 20:30:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

6 Tradisi Unik Jelang Malam Tahun Baru Setiap Negara

Tradisi Unik Tahun Baru.(Special)

Ladiestory.id - Tahun baru sudah di depan mata. Umumnya dalam menyambut tahun baru, masyarakat di dunia melakukan aktivitas seperti bermain petasan dan kembang api. Tetapi, di beberapa negara ini mempunyai tradisi unik masing-masing dalam menyambut pergantian tahun.

Berikut 6 tradisi unik dalam menyambut tahun baru 2022 di Yunani, Jepang, Denmark, Spanyol, Jerman dan Swiss.

6 Tradisi Unik Menjelang Malam Tahun Baru Setiap Negara

1. Yunani

Yunani.(Special)

Di Yunani, ketika menjelang pergantian tahun biasanya masyarakat menggantungkan bawang bombay di atas pintu rumah mereka. Hal itu mereka yakini bahwa bawang bombay sebagai simbol kebangkitan dan kejayaan pada tahun yang akan datang. Setelah itu, bawang bombay yang telah digantungkan itu diberi di atas kepala anaknya. Mereka meyakini agar anak-anak bisa menjadi semangat menyongsong tahun baru.

2. Jepang

Jepang.(Special)

Masyarakat Jepang memiliki cara tersendiri dalam menyambut tahun baru. Salah satunya adalah tradisi Oshogatsu. Tradisi ini membuat masyarakat Jepang menyiapkan diri untuk menyambut tahun baru dan melakukan beberapa tradisi lainnya setelah menginjak awal tahun.

Adapun tradisi setelah menginjak awal tahun diantaranya Oosoji, adalah tradisi membersihkan rumah, tempat kerja, hingga lingkungan tempat mereka tinggal. Mereka meyakini bahwa dewa keberuntungan akan datang dalam keluarga mereka. Nengajo, sebuah tradisi mengucapkan "selamat tahun baru" kepada keluaga, teman, tetangga, teman kerja yang dianggap berterima kasih kepada mereka yang dalam satu tahun pernah melakukan hal baik. Toshikoshi Soba, adalah sebuah mie soba panjang yang dibuat khusus menyambut tahun baru. Mie soba ini diyakini sebagai lambang kekuatan, panjang umur, dan rejeki menyambut tahun baru.

3. Denmark

Denmark.(Special)

Di Denmark memiliki tradisi unik dalam menyambut tahun baru. Tradisi tersebut dinamai Lempar Piring dan Gelas yang sudah lama ke depan rumah. Hal tersebut diyakini masyarakat Denmark sebagai tanda pengusiran roh jahat. Makna lain dari melempar piring adalah sebagai tanda keberuntungan buat mereka. Masyarakat melakukannya dengan cara melompat lompat di kursi sambil melemparkan piring tersebut keluar rumah hingga jam 12 malam pergantian tahun baru datang.

4. Spanyol

Tradisi Makan Anggur, Spanyol.(Special)

Di Spanyol memiliki tradisi memakan sejumlah 12 buah anggur dalam menyambut tahun baru. Masyarakat Spanyol meyakini agar di tahun yang baru mereka terhindar dari nasib buruk. Tradisi makan anggur ini disebut "Las Doce Uvas De La Buena Suerte".

5. Jerman

Jerman.(Special)

Ada beberapa tradisi dalam menyambut tahun baru di Jerman. Kamu yang sebagai pendatang pastinya suka dengan perayaan tahun baru di Jerman. Adapun tradisi tersebut ialah: Memberi ucapan "Guten Rutsch" dengan artian meluncur dengan baik diawal tahun. Memberi hadiah "Glückspilze” sebagai tanda keberuntungan. Bowle, yakni meminum minuman yang telah dikombinasi dengan alkohol dan sari buah. Finger Food, yakni kegiatan yang dilakukan dengan menyantap makanan daging sambil menunggu jam 12 malam.

6. Swiss

Swiss.(Special)

Di Swiss memiliki tradisi yakni melempar es krim. Es krim adalah menu camilan yang banyak disukai oleh banyak orang. Tetapi di Swiss mereka mempunyai tradisi untuk melemparkan atau menjatuhkan es krim ke lantai. Hal ini mereka yakini sebagai perayan penyambutan tahun baru yang menguntungkan bagi mereka.