7 Amalan Sunnah Bulan Syawal yang Simpan Pahala Melimpah

Minggu, 23 April 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

7 Amalan Sunnah Bulan Syawal Yang Simpan Pahala Melimpah

Ilustrasi keluarga muslim beribadah. (Special)

Ladiestory.id - Bulan Syawal merupakan salah satu bulan yang istimewa bagi umat muslim. Oleh karenanya, terdapat amalan sunah bulan syawal yang memiliki pahala melimpah bagi siapa saja yang mengerjakan. Selain puasa 6 hari di awal bulan, ada pula ibadah sunah lainnya yang bisa kamu lakukan.

Syawal merupakan bulan yang dianjurkan bagi seluruh umat muslim sebagai sarana untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Meski telah mengerjakan berbagai amalan ibadah pada bulan Ramadan, ketika mengamalkan berbagai sunah di bulan Syawal maka akan semakin lengkap.

Lalu, apa saja ya tujuh amalan sunah bulan Syawal yang menyimpan pahala melimpah? Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

Bersilaturahmi

Ilustrasi silaturahmi. (Special)

 

Amalan sunah bulan Syawal yang pertama adalah dengan melakukan silaturahmi. Kegiatan satu ini pun banyak dilakukan oleh masyarakat baik melalui mudik atau berkunjung langsung ke rumah sanak saudara maupun orang terdekat. Tak ayal, bulan Syawal menjadi istimewa bagi seluruh umat muslim.

Bulan satu ini pun dilimpahi keberkahan hingga ampunan dari Allah SWT dengan melakukan silaturahmi serta saling memaafkan antar umat muslim. Namun, selain bertemu secara langsung kamu pun dapat menjalin silaturahmi melalui video call atau sekedar berkirim ucapan selamat hari raya melalui sosial media.

Bersedekah

Sedekah. (Special)

 

Amalan sunah bulan Syawal selanjutnya yaitu bersedekah. Sebab dengan melaksanakannya, Allah SWT akan memberikan pahala yang berlimpah serta dapat meningkatkan rasa empati. Selain itu, sedekah juga dapat menghindarkan seseorang dari sifat dengki, kikir, meningkatkan pikiran positif, melancarkan rezeki hingga meningkatkan rasa syukur pada kehidupan yang dimiliki.

Melantunkan Takbir

Ilustrasi orang membaca doa. (Special)

 

Amalan sunah bulan Syawal yang juga bisa kamu lakukan adalah melantunkan takbir. Amalan satu ini terbagi menjadi dua macam. Pertama, takbir mursal yang tidak memiliki ikatan waktu pelaksanaannya. Misalnya, dapat dibaca sepanjang malam idulfitri serta iduladha.

Sedangkan, yang kedua adalah takbir muqayyad yang memiliki keterbatasan waktu. Takbir ini dapat di lantunkan setiap selesai salat lima selama bulan iduladha dan hari tasyrik 11, 12 serta 13 Dzulhijjah.

Puasa 6 Hari

Ilustrasi Puasa Ramadan. (Spesial)

 

Amalan sunah bulan Syawal yang tak boleh terlupakan yaitu puasa selama 6 hari. Puasa dapat dilakukan pada hari kedua usai melakukan lebaran. Sedangkan, untuk hari pertama lebaran justru diharamkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

Usai menjalankan puasa selama satu bulan di bulan Ramadan kamu dapat melengkapi ibadah dengan melaksanakan ibadah puasa 6 hari pada bulan Syawal.

Selain dapat dilaksanakan mulai hari kedua, puasa syawal juga dapat dilakukan pada minggu kedua bulan satu ini. Sebab, ketika minggu pertama biasa banyak digunakan untuk melakukan silaturahmi dan merayakan hari Raya Idulfitri bersama dengan orang terdekat.

Ketika momen tersebutlah, biasanya dilengkapi dengan menyantap berbagai hidangan yang bertemakan khas lebaran. Terkait landan amalan sunah puasa 6 hari ini pun telah tercantum dalam salah satu hadis Rasulullah SAW yang artinya;

“Barangsiapa yang telah berpuasa di bulan Ramadhan kemudian berkuasa kembali pada enam hari di bulan Syawal. Maka, ia telah berpuasa seperti setahun penuh lamanya.” (HR. Muslim)

Tentunya, sangat rugi bagi seorang muslim jika melewatkan kesempatan amalan sunnah yang spesial di bulan Syawal ni. Sebab, keistimewaan berupa mendapatkan pahala seakan berpuasa setahun penuh dapat menjadi tabungan amal bagi siapa saja yang menjalankannya. Selain itu, dengan menjalankan amalan sunnah ini dapat menjadi bentuk syukur serta permohonan ampun kepada Allah SWT.

Salat Malam dan Sunah Lainnya

Ilustrasi sujud. (Special)

 

Amalan sunah bulan Syawal yang menyimpan pahala melimpah selanjutnya adalah melakukan sholat malam serta menjalankan ibadah sunnah. Bagi beberapa orang, ibadah sunnah satu ini mungkin sudah biasa dilakukan pada bulan Ramadan. Namun, ketika kamu terus menerapkannya hingga bulan Syawal maka akan menjadi kebiasaan baik yang terjaga.

Selain itu, menjalankan ibadah sunnah di bulan Syawal juga dapat menjadi penyempurna serta pelengkap bagi amalan-amalan yang dilakukan pada bulan Ramadan. Sehingga, sangat baik untuk kamu tidak melewatkan yang satu ini.

I'tikaf 

Ilustrasi umat muslim berdoa. (Special)

 

Menjalankan sunnah berupa i'tikaf tidak hanya bisa dilaksanakan bulan Ramadan. I'tikaf sendiri merupakan ibadah seperti berdiam diri dimasjid. Namun, bukan hanya sekedar berdiam diri saja tentunya kamu juga melakukan berbagai aktivitas ibadah seperti berdzikir, sholat 5 waktu, shalat sunnah hingga membaca Al-Qur’an.

Melakukan i'tikaf pada bulan Syawal dapat menjadi pengganti bagi kamu yang tidak sempat melaksanakannya saat bulan Ramadan. Sehingga, kamu pun tetap dapat merasakan keberkahannya serta mengamalkan ibadah sunnah penuh limpahan pahala satu ini.

Melaksanakan Pernikahan

Ilustrasi menikah. (Special)

 

Amalan sunnah bulan Syawal yang menyimpan pahala melimpah pada urutan terakhir adalah melaksanakan pernikahan. Tentunya, bagi sebagian masyarakat Indonesia hal ini sudah banyak dilakukan. Sebab, usai Lebaran biasanya akan banyak acara pernikahan yang dilaksanakan. 

Menikah di bulan Syawal pun dapat dilakukan pada tanggal serta hari apa saja. Bahkan, bagi yang melaksanakannya teralapt kebaikan didalamnya. Rasulullah SAW sendiri mencontohkan pernikahan di bulan Syawal. Hal ini sesuai dengan hadits muslim dari Aisyah R.

“Rasulullah SAW menikahi diriku ketika bulan Syawal dan mengadakan malam pertamanya dengan diriku ketika bulan Syawal. Manakah istri beliau yang mendapat perhatian lebih dibanding aku?” (HR. Muslim, An Nasa’i)

Jadi, tak ada salahnya untuk kamu yang telah memiliki calon pasangan menyegerakan menikah di bulan syawal ini. Sehingga, dapat mengikuti contoh dari Rasulullah dan mendapatkan berbagai keutamaannya.