7 Bagian Utama Sebuah Berlian

Jumat, 13 November 2020 | 10:39:53

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

7 Bagian Utama Sebuah Berlian

Meski setiap berlian itu unik, semua berlian bundar mempunyai struktur dasar yang biasa disebut sebagai anatomi berlian. Mengetahui komponen dasar sebuah berlian dan bagian-bagiannya akan membantu kita menemukan berlian yang sempurna. Perbandingan proporsi dari berbagai bagian sebuah berlian dapat menentukan kualitas cut berlian yang mempengaruhi kecerahan (brightness) dan kilau (sparkle) dari berlian tersebut. Namun, perlu diingat juga bahwa proporsi saja tidak menentukan kualitas cut sebuah berlian. Itulah sebabnya kita perlu menghargai setiap keunikan dan seluk beluk masing-masing berlian.

Berikut adalah penjelasan singkat 7 bagian utama sebuah berlian 

Diameter            

Lebar sebuah berlian, diukur dari ujung ke ujung sepanjang sabuk (“girdle”).

Table    

Bagian terluas yang terletak pada permukaan atas sebuah berlian.

Crown  

Porsi atas sebuah berlian yang membentang dari permukaan (“table”) hingga sabuk (“girdle”). Bagian mahkota (crown) meliputi sisi bezel/bingkai (pokok mahkota), sisi star (bintang), sisi sabuk bagian atas (separuh atas “girdle”), dan sisi permukaan (“table”).

Girdle   

Sisi bagian luar (tepi terluas) dari sebuah berlian di mana mahkota (“crown”) dan paviliun (“pavilion”) bertemu.

Pavilion

Porsi bagian bawah dari sebuah berlian sepanjang sabuk (“girdle”) hingga ke ujung bawah (“culet”). Bagian paviliun terdiri dari sisi bawah, sisi paviliun dan ujung berlian (“culet”).

Depth  

Tinggi sebuah berlian diukur dari permukaan (“table”) hingga ujung (“culet”).

Culet    

Sudut atau titik pada bagian paling ujung bawah sebuah berlian. Secara umum bentuk ujung berlian (“culet”) akan semakin disukai jika ujungnya semakin kecil. Jika ujung berlian (“culet”) terlalu besar, maka dapat terlihat seperti inklusi atau bercak ketika berlian dilihat dari atas. Berlian adalah batu yang indah, indah, langka dan berharga. Berlian juga merupakan salah satu batu unik yang memberikan keajaiban bagi siapa saja yang memakainya. Setiap berlian memiliki kualitas spesifik yang menentukan nilainya. Standar global berlian diukur dan ditentukan oleh: Warna, Kejelasan, Berat Potong dan Karat.

Harga batu berlian akan meningkat seiring dengan meningkatnya berat karat berlian. Kenaikan harga ini terjadi karena sangat sulit menemukan batu berlian besar di alam semesta. Misalnya, jika Anda memiliki dua cincin berlian dengan kondisi Potong, Kejelasan, dan Warna yang sama, satu cincin terdiri dari 1 berlian 1,00 karat maka, cincin lainnya terdiri dari dua berlian yang masing-masing berlian terdiri dari berlian 0,50 karat. Jadi, dalam hal ini, cincin dengan berlian 1 karat akan lebih mahal daripada cincin dengan dua berlian 0,50 karat, meskipun total karat kedua cincin itu sama, yaitu 1,00 karat.

Sumber Foto Utama: Freepik.com