7 Cara Jitu Agar Hijab Tidak Mudah Melorot

Senin, 25 Desember 2023 | 13:55:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Cara Jitu Agar Hijab Tidak Mudah Melorot

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

Ladiestory.id - Bagi para hijabers terkadang menggunakan hijab terdapat kendala maupun masalah yang kerap dialami, salah satunya hijab letoy, geser, melorot atau tidak terlihat rapi maksimal. Apalagi bagi kamu si pemula yang harus beradaptasi menggunakan hijab. Salah satu masalah hijab yang kerap dialami adalah hijab yang mudah melorot, tentu akan membuat seseorang merasa kesal dan tidak merasa nyaman saat menggunakannya.

Berikut ini tujuh cara jitu agar hijab yang kamu gunakan tidak mudah melorot, simak yuk!

Ikat Rambut dengan Rapi

Ilustrasi Ikat Rambut. (Zahraa The Label)

 

Ladies, sebelum menggunakan hijab pastikan kamu telah mengikat rambutmu dengan rapi dan posisi yang tepat. Mengikat rambut dengan rapi tentu akan membuat hijab yang kamu kenakan nantinya akan mudah diatur dan tidak mudah melorot. Bagi kamu yang memiliki rambut panjang, kamu bisa mengikat rambut dengan hair band atau dengan cara dicepol. Pastikan semua rambutmu sudah tertata rapi dan tidak ada yang keluar ketika kelak menggunakan hijab.

Pilih Hijab yang Tepat

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Ladies, saat ini pun sudah banyak beragam jenis hijab dengan bahan yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, pastikan hijab yang kamu pilih ini nantinya tidak menyebabkan masalah hijabmu melorot. Salah satu bahan hijab yang bisa kamu pilih ialah hijab dengan bahan yang kaku misalnya seperti voal, viscose maupun kashmir.

Pilih Ciput yang Tepat

Ilustrasi Ciput. (Zahraa The Label)

 

Selain hijab, tentunya yang tak ketinggalan ialah ciput atau dalaman untuk hijab. Beberapa jenis ciput pun dapat membuat seseorang kurang merasa nyaman bahkan pusing saat menggunakannya. Oleh sebab itu, pastikan ciput yang kamu pilih sudah tepat mulai dari bahan, jenis maupun bentuk ciput yang cocok dengan kondisi wajahmu. Kamu bisa memilih ciput berbahan kaos atau katun yang bisa menyerap keringat, tak hanya itu ciput dengan bahan ini pun memiliki permukaan yang elastis dan mudah diatur sehingga tidak membuat hijabmu menjadi melorot.

Setrika Hijab

Ilustrasi Menyetrika. (Freepik)

 

Cara selanjutnya yang bisa kamu perhatikan ialah dengan menyetrika hijabmu. Pastikan hijab yang akan kamu gunakan ini kondisinya rapi dan akan lebih mudah diatur. Saat menyetrika hijab, pastikan kamu memilih suhu yang tepat dan tidak terlalu panas. Saat menyetrika bahan hijab yang tipis kamu bisa melipat kedua bagian hijab dan jangan menyetrika diarea lipatan hijab karena akan meninggalkan bekas yang akan sulit hilang.

Gunakan Peniti dan Jarum Pentul

Ilustrasi Jarum Pentul. (SHEIN)

 

Supaya hijabmu tidak mudah melorot, salah satu item yang tidak boleh kamu lewatkan ialah peniti dan jarum pentul. Terlebih jika kamu menggunakan hijab berbahan sutra atau satin yang lebih mudah melorot maupun geser ketika digunakan. Ketika men-styling hijab, kamu bisa andalkan jarum pentul maupun peniti dibagian tertentu untuk menahan posisi hijab agar tidak mudah geser dan melorot. Selain itu, dua alat ini pun akan mudah mengatur posisi hijab agar terlihat lebih paripurna.

Semprot Hijab dengan Hairspray

Ilustrasi Hair Spray. (Freepik) 

 

Ladies, apabila beberapa cara diatas tidak mempan untuk dilakukan maka beauty hacks selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menyemprot bagian dalam hijab dengan hair spray sebelum digunakan kemudian diamkan hingga kering. Cara ini pun bisa digunakan untuk mengatasi masalah hijab yang mudah melorot.

Gunakan Hijab Instan

Ilustrasi Hijab Instan. (Freepik)

 

Salah satu cara lainnya yang bisa kamu terapkan ialah dengan menggunakan hijab instan. Yup, apabila kamu yang terburu-buru untuk beraktivitas dan ingin terlihat tampilan hijab rapi, maka hijab instan dapat menjadi salah satu alternatifmu. Hijab instan menjadi salah satu pilihan tepat supaya hijabmu tidak mudah melorot hijab ini pun sangat mudah digunakan bagi kamu si pemula.