7 Cara Merajut Syal Untuk Pemula, Bantu Isi Waktu Luang

Wednesday, 14 Jul | 14:41:47

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

7 Cara Merajut Syal Untuk Pemula, Bantu Isi Waktu Luang

Foto: Ladiestory.id

Merajut adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang Anda, terlebih di masa pandemi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah.

Merajut juga memiliki manfaat buat kesehatan mental dan bisa menghilangkan stres. Bagi yang tidak bisa melakukannya pun merajut bisa dengan mudah dipelajari.

Nah, buat Anda yang tertarik ingin belajar merajut, simak cara merajut syal buat pemula dibawah ini.

Tentukan Hasil Rajutan

Foto: Ladiestory.id

Tidak hanya bisa menghasilkan syal, merajut juga bisa menghasilkan topi, selimut, scarf, bahkan sweater.

Sebagai langkah awal untuk belajar merajut, sebaiknya Anda pelajari cara membuat syal atau topi terlebih dahulu.

Tapi, tak ada salahnya juga bila Anda ingin mencoba langsung merajut sweater, apalagi sweater berguna di musim dingin. Pada dasarnya merajut syal dan sweater menggunakan teknik yang sama. 

Siapkan Alat dan Bahan

Foto: Ladiestory.id

Siapkan bahan yang diperlukan untuk merajut, seperti :

  1. Benang wol besar
  2. Jarum sulam
  3. Benang jahit
  4. Jarum rajut (hakpen)
  5. Korek api
  6. Gunting

Cara Merajut

Foto: Ladiestory.id

Mulai merajut, dengan cara :

  1. Pertama tentukan tebal dan tipisnya syal sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sedang musim penghujan maka sebaiknya gunakan wol yang tebal dan bila  musim kemarau bisa gunakan benang yang lebih tipis.
  2. Sebelum Anda mempelajari suatu pola, buatlah terlebih dahulu test swatch yang merupakan cara untuk mempraktikkan jenis tusuk tertentu tanpa membuat bentuk apa pun atau hanya sekedar untuk berlatih dan mencari tahu seketat dan selonggar apa tusukan yang Anda inginkan.
  3. Selanjutnya membuat rantai (chain). Setiap rajutan bisa dikatakan kerap dimulai dari sebuah tusuk rantai (chain stitch), berlatihlah dahulu untuk membuat tusuk rantai selama kurang lebih 10-15 menit per hari sampai Anda mampu menahan benang agar tidak terlalu longgar atau rapat.
  4. Buatlah tusuk ganda atau double crochet karena teknik ini adalah teknik  yang paling cocok untuk membuat sweater atau syal sebab jenis tusuk ini sedikit longgar bila dibandingkan dengan jenis tusuk lainnya.
  5. Buatlah rantai (chain) yang saling tersambung sebanyak 15 buah. Kemudian ambil benang dengan kait hakpen dari arah depan ke belakang. Kemudian geser hakpen yang berisi dua lubang pertama, lalu masukkan ke rantai ke-4 dan selanjutnya ambil lagi benang dengan kait hakpen.
  6. Tarik dengan lembut benang yang melilit tersebut lewat tusuk rantai, dan bawa hakpen melewati rantai. Hasilnya nanti Anda  akan memiliki tiga lubang pada hakpen.
  7. Kemudian, ambil benang dengan kait hakpen dan tarik melewati dua lubang pertama pada hakpen. Ambil bagian belakang dan tarik hakpen melewati dua lubang terakhir yang ada pada hakpen. Maka lengkap sudah double crochet yang Anda buat, Anda hanya perlu mengulangi cara tersebut hingga akhirnya terbentuk syal.

Nah, cukup mudah bukan cara merajut syal buat pemula tersebut. Dengan kegiatan merajut, waktu luang Anda pun bisa lebih bermanfaat. Selamat mencoba.