7 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Bisa Diperbaharui

Selasa, 29 Juni 2021 | 16:27:39

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

7 Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Bisa Diperbaharui

Foto: Ladiestory.id

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui adalah kekayaan di bumi yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup manusia. Karena tidak dapat diperbaharui maka ia akan habis jika terus dimanfaatkan dalam jangka waktu tertentu. 

Sumber daya yang berasal dari kekayaan alam ini juga sifatnya terbatas berbeda dengan sumber daya yang bisa diperbaharui. Dimana alam akan mengisinya atau memperbaharui secara alami. 

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Bisa Diperbaharui 

Dikutip dari National Geographic, berikut beberapa contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui: 

1. Nuklir 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Nuklir merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Nuklir ini sendiri terbuat dari bahan radioaktif yang berupa uranium dan masuk dalam kategori mineral tambang. 

Uranium di dalam nuklir ini sangat bermanfaat untuk pembangkit listrik, rekayasa pangan hingga keperluan medis. Sifat nuklir sendiri sangat terbatas dan bisa habis jika digunakan terus-menerus dalam skala panjang. 

2. Minyak Mentah 

Foto: Kumaran.com
Foto: Blog/kumaran.com

Nomor dua ada minyak mentah yang juga masuk sebagai sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Minyak mentah ini sendiri berasal dari fosil purba yang terperangkap di dalam perut bumi. 

Minyak mentah biasanya digunakan untuk berbagai jenis bahan bakar seperti solar, bensin dan minyak tanah. Tak hanya itu, ia juga kerap digunakan sebagai produk sampingan seperti aspal dan juga plastik. 

3. Batubara 

Foto: MarketBisnis.com
Foto: Blog/marketbisnis.com

Batubara adalah sumber daya alam yang memiliki sifat terbatas dan tidak bisa diperbaharui. Batubara terbuat dari tumbuhan purba yang telah mati selama berjuta-juta tahun yang lalu. 

Biasanya tumbuhan ini akan berubah bentuk menjadi arang dan batu yang disebabkan oleh pengaruh alam. Batubara ini biasanya dimanfaatkan untuk bahan bakar rumah tangga dan industri. 

4. Gas Alam 

Keempat ada gas alam yang biasa Anda gunakan sehari-hari yaitu untuk memasak di dapur. Tak hanya itu, gas alam ini juga bisa digunakan untuk proses pembakaran serta pemanasan pada sektor industri  seperti Pembangkit Tenaga Listrik atau PLTU. 

Gas alam ini juga merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui dan ditemukan bersama minyak mentah. Hasil alam ini juga terbuat dari fosil yang terjebak dalam perut bumi. 

5. Besi 

Besi masuk dalam kategori bahan logam dan menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Ia menjadi salah satu hasil bumi paling terbesar di dunia. 

Besi sendiri didapatkan dari bijih besi dan dimanfaatkan untuk berbagai macam perlengkapan rumah tangga. Tak hanya itu, besi juga kerap digunakan sebagai pembuatan baja hingga onderdil mesin. 

6. Timah 

Timah berasal dari bijih-bijih timah yang telah lama terendam di dalam lapisan bumi. Timah ini sendiri dibagi menjadi dua macam jenis yaitu timah celah dan juga timah endapan. 

Timah celah adalah timah yang bisa ditemukan pada batuan granit bumi. Sedangkan timah endapan biasanya ditemukan di darat, dasar lembah atau bisa juga di dasar laut. 

7. Emas 

Terakhir ada emas atau sering disebut dengan Aurum dengan simbol AU serta masuk dalam kategori logam mulia. Emas ini biasanya akan diolah menjadi perhiasan dengan harga yang cukup mahal. 

Emas sendiri memiliki sifat yang lembek, mengkilap, berwarna kuning dan juga berat. Emas biasanya diperoleh dari proses magmatisme atau yang disebut dengan pengkonsentrasian di permukaan. 

Beberapa endapan tersebut terbentuk dari proses metasomatisme kontak serta larutan hidrotermal. Sedangkan pada proses  pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan atau placer