7 Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Rambut

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Cuka Apel Untuk Perawatan Rambut

Ilustrasi Manfaat Cuka Apel. (Pinterest)

Ladiestory.id - Mungkin sudah banyak yang tidak asing dengan cuka apel. Nah, jika biasanya bahan alami yang satu ini sering digunakan sebagai alternatif menghilangkan jerawat, ternyata cuka apel juga memiliki manfaat lain untuk rambut, loh.  

Berikut 7 manfaat cuka apel untuk rambut yang bisa kamu gunakan.

Sebagai Kondisioner Alami

Sebagai Kondisioner Alami. (Pinterest)

Siapa sangka bahwa cuka apel juga bisa digunakan sebagai kondisioner alami untuk rambut, loh. Cuka apel berasal dari sari apel yang difermentasikan dengan ragi. Ragi yang digunakan tentunya berasal dari bakteri baik yang dapat menghasilkan alkohol. Air yang didapat dari hasil fermentasi tersebut, kemudian digunakan sebagai pembuat cuka.

Cuka apel memiliki kandungan yang baik dibandingkan dengan cuka putih. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki kandungan asam asetat dan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, B, C, E , kalsium, fosfor, magnesium, klorida, pektik dan tembaga. 

Hal ini juga menjadikan cuka apel memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan keindahan rambut. Cuka apel sebagai kondisioner alami juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, serta melembutkan rambut dan membuatnya terlihat sehat berkilau.

Bantu Atasi Ketombe

Mengatasi Ketombe. (Pinterest)

Sudah banyak yang tahu belum, jika cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur? Sifat baik pada kandungan cuka apel ini tentunya dapat mengurangi masalah ketombe, iritasi, gatal-gatal, jamur, serta melancarkan sel aliran darah pada kulit kepala.

Kamu dapat mencampurkan satu sendok teh cuka apel pada shampoo, kemudian pijat perlahan rambut dan kulit kepala agar meresap secara merata ke seluruh permukaannya.

Cegah Rambut Rontok

Mencegah Rambut Rontok. (Pinterest)

Cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah kerontokan pada rambut, loh! Selama ini cuka apel dikenal sebagai suplemen yang dapat memberikan stamina pada tubuh. Biasanya caranya dengan meminum cuka apel bersama air putih, atau bisa juga dengan menambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa asamnya.

Selain sebagai suplemen tubuh, kamu juga bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya cukup dengan mencampurkan cuka apel dengan air, kemudian masukkan ke dalam mini bottle atau alat penyemprot rambut. Semprotkan ke campuran cairan cuka apel dan air tadi ke bagian rambutmu. Cara ini dapat membantu mencegah kerontokan dan menebalkan rambut, loh.

Atasi Rambut Berminyak

Mengatasi Rambut Berminyak. (Pinterest)

Yup! Salah satu manfaat lain dari cuka apel juga dapat mengurangi minyak pada rambut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan Ph asam pada cuka apel yang dapat merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih baik, serta mengurangi minyak berlebih pada rambut dan juga kulit kepala.

Buat Rambut Jadi Lebih Halus

Rambut yang Halus. (Pinterest)

Manfaat lain dari cuka apel tentunya dapat membuat rambutmu menjadi lebih halus, loh. Cuka apel memiliki kandungan asam alpha-hydroxy yang dapat menghaluskan rambut. Caranya dengan mencuci rambut menggunakan cuka apel agar kultikula rambut menutup dan menjadikannya lebih halus.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut. (Pinterest)

Selain mencegah terjadinya kebotakan, cuka apel juga memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut tipis dan menginginkannya lebih tebal serta kuat, maka bisa memanfaatkan cuka apel.

Caranya dengan mencuci rambut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu menggunakan cuka apel untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cuka apel mengandung nutrisi yang dapat merangsang folikel rambut agar pertumbuhan rambut lebih cepat.

Pulihkan pH pada Kulit Kepala

Memulihkan pH Kulit Kepala. (Pinterest)

Sifat asam pada cuka apel juga dapat membantu melawan pH tidak seimbang pada rambut sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan pada kulit kepala. Seperti diketahui, pH yang tinggi berisiko menghasilkan kerusakan pada kultikula, rambut kusut, kulit kepala kering dan menyebabkan iritasi kulit.

s