7 Manfaat Madu Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kamis, 1 September 2022 | 22:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Madu Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Ilustrasi Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit (Pinterest)

Ladiestory.id - Madu memiliki sifat antisepik, anti-inflamasi, dan antibakteri yang sangat baik bagi kulit. Tak hanya enak dikonsumsi sebagai bahan makanan dan minuman, madu juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Sering digunakan sebagai bahan kandungan produk kecantikan seperti skincare, body lotion, facial wash hingga masker wajah, ternyata madu juga memiliki 7 manfaat yang baik bagi kecantikan kulit seperti berikut ini.

Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit. (Pinterest)

 

Gula alami dalam madu dapat membantu melembapkan kulit dan emolien yang dapat meningkatkan kadar air dan mengurangi kekeringan pada kulit. Selain itu, madu juga dapat menenangkan kulit, membuat kulit lebih lembut dan juga bercahaya.

Melembapkan Bibir

Melembapkan Bibir (Pinterest)

 

Selain kulit wajah, madu juga bermanfaat untuk melembapkan bibir secara alami, lho! Jika kamu sering mengalami kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah, kamu pun dapat memanfaatkan madu sebagai scrub alami bagi bibir. Madu  juga memiliki kandungan antioksidan, enzim dan mineral alami yang dapat menghidrasi dan menjadikan bibir lebih lembap alami.

Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat. (Pinterest)

 

Masalah kulit lainnya yang dapat diatasi dengan bahan alami dari madu adalah jerawat. Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan, peradangan, dan pembengkkan pada jerawat. Selain itu, sifat antibakteri pada madu juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada kulit.

Madu juga dapat membantu kulit agar tetap lembap, terhidrasi, serta mengontrol minyak berlebih pada wajah untuk mencegah munculnya jerawat baru pada kulit. Kamu juga bisa memanfaatkan madu dan oleskan ke permukaan kulit yang terinfeksi jerawat, kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi Wajah. (Pinterest)

 

Madu kerap digunakan sebagai bahan kandungan skincare alami dalam produk kecantikan kulit. Kamu juga dapat memanfaatkan madu mentah sebagai bahan alami untuk eksfoliasi kulit wajah. Madu mentah mengkristal dan membentuk butiran-butiran kecil dan halus yang dapat bertindak sebagai exfoliant yang lembut.

Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit. (Pinterest)

 

Madu juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Sifat antibakteri pada madu dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah, merawat kulit kering, mengurangi bintik hitam di wajah serta mencegah bakteri masuk ke permukaan kulit.

Untuk mendapat tampilan kulit wajah yang cerah, kamu juga dapat membuat racikan masker madu dan yoghurt. Oleskan ke permukaan wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Sebagai Anti Aging

Sebagai Anti Aging. (Pinterest)

 

Madu memiliki kandungan probiotik, enzim, antioksidan, nutrisi dan anti aging yang dapat membantu meregenerasi kulit, menghidrasi kulit, membantu melembapkan, mencegah keriput, dan menangkal kerusakan akibat radikal bebas. Madu juga memiliki kandungan emolien, humektan, menyejukkan dan juga dapat menyeimbangakn pH kulit.

Selain itu, kandungan polifenol dan flavonoid juga dapat membantu mengatasi kerusakan kolagen yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

Menyamarkan Bekas Luka

Menyamarkan Bekas Luka. (Pinterest)

 

Selain memiliki sifat melembapkan, madu memiliki antiseptik alami dan sifat-antioksidan yang dapat memperbaiki kulit yang rusak, serta mengelupas akibat bekas luka. Madu juga memiliki sifat anti-mikroba yang memiliki sifat menyembuhkan sehingga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati dan menyamarkan bekas luka pada kulit.

Itulah 7 manfaat dari madu yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat!