7 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Minggu, 21 Mei 2023 | 12:26:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kemiri. (Special)

Ladiestory.id - Umumnya  kemiri dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap rasa untuk olahan makanan. Namun dibalik itu, kemiri mengandung mineral dan vitamin seperti kalium, kalsium, magnesium, folat, vitamin A, C, E, K niacin hingga asam pantotenat yang baik bagi tubuh.

Nah, bagaimana dengan minyak kemiri? Minyak kemiri dapat digunakan untuk memasak maupun sebagai saus salad. Selain itu, minyak kemiri pun memiliki banyak manfaat bagi perawatan kecantikan hingga kesehatan tubuh.

Berikut ini tujuh manfaat minyak kemiri bagi kecantikan dan kesehatan tubuh yang telah Ladiestory.id rangkum.

Samarkan Bekas Luka

Ilustrasi Bekas Luka. (Special)

 

Kandungan vitamin E pada minyak kemiri dapat membantu menyamarkan bekas luka di kulit, selain itu kandungan asam linoleat pada minyak kemiri ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Sementara  itu, kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak kemiri dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat.

Tangkal Radikal Bebas

Ilustrasi Wanita Sehat. (Special)

 

Paparan sinar matahari yang begitu terik dan menyengat dapat merusak sel-sel kulit sehingga dapat mengakibatkan kulit menjadi belang, gelap bahkan munculnya tanda-tanda penuaan. Nah, kandungan vitamin E pada minyak kemiri ini dapat membantu menangkal radikal bebas serta melindungi sel kulit dari paparan sinar matahari.

Tingkatkan Elastisitas Kulit

kulit wajah yang sehat

 

Yup, manfaat minyak kemiri selanjutnya ialah dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan minyak kemiri mengandung asam linoleat yang mampu menghidrasi kulit yang kering serta dapat meningkatkan elastisitas kulit lebih efektif. Selain itu, minyak kemiri ini dapat membantu meregenerasi dan meremajakan sel kulit mati lebih efektif. Minyak kemiri ini dapat menjadi bahan alami untuk perawatan kecantikan baik untuk wajah hingga tubuh.

Kandungan asam lemak serta vitamin E nya dapat membantu menghidrasi kulit hingga lapisan luar pada kulit. Tak hanya itu, vitamin E ini juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga menjadikan kulit lebih kencang. Minyak kemiri ini pula aman digunakan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Kuatkan Rambut

Mengikat Rambut dalam Waktu yang Lama (Special)

 

Minyak kemiri pun dapat dimanfaatkan untuk menguatkan dan menutrisi rambut sehingga menjadikan rambut tampak lebih tebal, hitam dan sehat. Kandungan vitamin C dan D ini diperlukan untuk menyehatkan rambut secara menyeluruh. Kamu pun dapat memanfaatkan minyak kemiri dan memijatkannya secara lembut ke kulit kepala.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan minyak kemiri ini untuk melembapkan rambut. Minyak kemiri  ini pula dapat digunakan sebagai perawatan rambut untuk mengobati alopecia yakni penyebab rambut menjadi rontok atau botak karena penyakit autoimun.

Tebalkan Alis

Ilustrasi alis mata. (Special)

 

Manfaat minyak kemiri selanjutnya ialah dapat menebalkan alis. Yup, penggunaan minyak kemiri secara rutin dipercaya dapat menebalkan alis dan memperkuat helai rambut alis. Hal ini dikarenakan minyak kemiri memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat memperkuat rambut dan menebalkan alis secara alami.

Sebagai Minyak Urut

Ilustrasi pijat. (Special)

 

Minyak kemiri juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak urut ataupun pijat. Minyak kemiri memiliki tekstur yang kering serta menghilangkan rasa berminyak setelah mengaplikasikannya dipermukaan kulit. Minyak kemiri ini pun dapat menembus ke jaringan kulit, membantu melembutkan kulit bahkan dapat meredakan nyeri fisiologis.

Minimalisir Perkembangan Sel Kanker Kulit

Ilustrasi penyebaran sel kanker. (Special)

 

Kandungan antioksidan pada minyak kemiri dapat meminimalisir perkembangan sel kanker kulit, minyak yang diekstrak dari kacang-kacangan ini dapat membantu menghentikan sel ganas yang terdapat dalam sistem integumen yang akan menyebar ke seluruh tubuh. Kandungan vitamin E nya juga membantu menggagalkan karsinogenik yang dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker.