7 Penyebab Flek Hitam Di Wajah, Ini Faktor Luar Dan Dalam Jadi Penyebabnya

Senin, 2 Agustus 2021 | 09:35:00

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

7 Penyebab Flek Hitam Di Wajah, Ini Faktor Luar Dan Dalam Jadi Penyebabnya

Foto: Ladiestory.id

Semua wanita mengidamkan kulit wajah sehat, bersih, dan putih. Namun nyatanya terdapat beberapa permasalahan kulit yang dapat menganggu penampilan.

Rupanya tak hanya jerawat, namun flek hitam juga menjadi permasalahan banyak wanita terutama menginjak usia dewasa.

Apakah Anda tahu flek hitam? Flek hitam atau ephelis merupakan istilah untuk kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Pada umumnya flek hitam terletak di kulit wajah, walau dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan dan bahu.

Bintik-bintik hitam ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit cerah. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak membahayakan. Lalu apa yang menjadi penyebab flek hitam di wajah?

1. Sinar UV

Foto: Ladiestory.id

Pada umumnya, penyebab flek hitam di wajah karena adanya paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Jika kulit kita terpapar langsung oleh sinar matahari, maka akan mendorong kulit untuk memproduksi melanin lebih banyak.

Melamin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka kulit juga akan semakin gelap.

Maka bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan lebih berwarna gelap dibanding bagian kulit lainnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik yang sering disebut dengan flek hitam.

Selain itu, rupanya terkena paparan sinar matahari terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker kulit. Maka menggunakan suncreen sangatlah penting bagi kulit sekalipun tidak di luar ruangan.

2. Hormon

Penyebab flek hitam di wajah juga bisa disebabkan akibat hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating yang tidak seimbang. Biasanya ketidakseimbangan hormon tersebut juga dialami oleh wanita yang sedang mengandung pada trimester ketiga kehamilan. Oleh sebab itu, wanita hamil juga sering mengalami flek hitam di wajah.

3. Faktor Genetik

Jika dalam keluarga Anda  salah satu dari mereka memiliki flek hitam, maka kemungkinan besar Anda juga memilikinya. Sebab salah satu penyebab flek hitam di wajah adalah adanya faktor dari dalam yakni faktor keturunan atau faktor genetik. Flek hitam ini umum dijumpai pada seseorang dari keturunan hispanik dan berkulit gelap. Meskipun flek hitam ini lebih sering dialami orang dengan kulit putih.

4. Kekurangan Vitamin

Foto: Ladiestory.id

Vitamin kulit wajah sangatlah penting bagi kesehatan kulit wajah, oleh sebab itu jika kekurangan vitamin dapat menjadi salah satu penyebab flek hitam di wajah. Sebagai cara mengindari flek hitam, Anda perlu mengonsumsi vitamin K, vitamin E, dan vitamin B12.

5. Kosmetik

Foto: Ladiestory.id

Rupanya produksi melanin berlebih tidak hanya dipicu oleh paparan sinar matahari, namun dapat dipicu dari kosmetik. Sebab salah satu bahan kimia yang ada di kosmetik yakni melanocyte atau terjadinya produksi melanin berlebihan.

Selain itu, kometik juga dapat memicu proses fotosintivitas sehingga kulit waja akan lebih sensitif terhadap sinar matahari meski berada seharian di dalam ruangan.

6. Bekas Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Jika Anda memiliki bekas jerawat dan tidak berusaha menghilangkannya, dapat memicu penyebab flek hitam di wajah. Sebab bekas jerawat yang terlalu lama akan meninggalkan bintik dan menjadi flek hitam.

7. Usia

Terakhir, penyebab flek hitam di wajah adalah usia. Semakin berusia lanjut, maka orang tersebut akan rentan mengalami flek hitam. Pada usia ini, kulit wajah akan kehilangan elastisitasnya.

Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel kulit yang rusak. Flek hitam yang muncul karena usia disebut lentigine. Lakukan pencegahan dengan menggunakan krim anti-penuaan sejak usia tiga puluhan agar elastisitas kulit terjaga.

Inilah 7 penyebab flek hitam di wajah. Untuk mencegahnya Anda bisa rutin menggunakan skincare terutama sunscreen yang sangat penting bagi wajah. Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan alami yang dapat memutihkan wajah. Semoga membantu!

Berita Terkait