1. Lifestyle
  2. 7 Tips Jaga Berat Badan Tetap Ideal Saat Lebaran
Lifestyle

7 Tips Jaga Berat Badan Tetap Ideal Saat Lebaran

7 Tips Jaga Berat Badan Tetap Ideal Saat Lebaran

Cegah Kenaikan Berat Badan Saat Lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Saat lebaran momen makan-makan bersama keluarga memang paling dinantikan mulai dari hidangan kue, makanan dan minuman pun disajikan. Sebagian besar makanan dan minuman ini mengandung banyak pemanis, gas, minyak maupun lemak.

Oleh karena itu penting untuk menjaga pola makan dan kesehatan tubuh agar tetap ideal serta membatasi porsi makanan agar tidak berlebihan supaya berat badanmu tidak naik secara drastis pasca lebaran. Nah, berikut ini tujuh tips menjaga berat badan agar tetap ideal saat lebaranyang bisa kamu lakukan.

Membatasi Porsi Makanan

Ilustrasi konsumsi makanan bergizi. (Special)

 

Ladies, saat lebaran alangkah lebih baik jika kamu dapat membatasi porsi makanmu. Makan lebih sering namun sedikit akan membantu kadar gula darahmu untuk tetap normal, karbohidrat akan mudah terserap serta menjaga metabolisme tubuh sehingga beratbadanmu pun akan tetap terjaga.

Makan Sesuai Waktunya

Ilustrasi memanfaatkan waktu dengan baik ( istock )

 

Ladies, saat lebaran akan ada banyak tantangan untukmu lebih banyak makan berkali-kali dalam satu harinya. Hal ini disebabkan karena kamu akan berkunjung dan silaturahmi ke rumah-rumah keluarga. Kamu pun bisa menghindari kebiasaan untuk makan terlalu sering seperti ini dan upayakan untuk tetap makan sesuai waktunya. Jika kamu makan berkali-kali apalagi dalam porsi besar maka akan membuat berat badanmu menjadi bertambah naik.

Batasi Asupan Gula

Ilustrasi gula. (Special)

 

Saat lebaran akan ada banyak camilan dan kudapan lezat yang memiliki rasa manis serta banyak mengandung gula, mulai dari minuman bersoda, sirup, es buah, manisan hingga aneka ragam kue. Walaupun menggugah selera, kamu pun tentunya bisa memberi batasan akan asupan gula yang kamu konsumsi, tak hanya membuat perut kenyang kandungan gula tersebut dapat membuatmu merasa cepat lapar serta dapat menimbulkan risiko obesitas.

Hindari Menyantap Makanan Sambil Beraktivitas

Ilustrasi nonton film. (Special)

 

Ladies, jangan makan sambil menonton tv, bermain ponsel ataupun melakukan aktivitas lainnya. Hal ini akan membuatmu tidak fokus saat menyantap makanan bahkan dapat membuatmu makan dalam porsi cukup banyak atau berlebihan. Makan sambil melakukan aktivitas lain dapat membuatmu tidak sadar dengan porsi makanan yang akan dihabiskan bahkan pencernaanmu pun tidak dapat mengirim sinyal kenyang ke otak karena dirimu disibukkan oleh aktivitas lainnya. Maka dari itu, fokus dengan apa yang kamu santap dan duduklah dengan santai saat makan tanpa melakukan aktivitas.

Perbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

 

Air putih memiliki peranan penting dalam menjaga organ tubuh, tak hanya itu rutin mengonsumsi air putih pun dapat membantu menjaga berat badanmu agar tetap ideal. Perbanyaklah mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari, tak hanya dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, mengonsumsi air putih pun dapat membantumu merasa kenyang lebih lama serta mencegah tubuh dehidrasi. Selain itu, rutin mengonsumsi air putih setiap hari akan membantu menjaga metabolisme tubuh serta dapat membantu melarutkan lemak membandel pada tubuhmu. 

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Ilustrasi Wanita Tidur. (Special)

 

Tidur saat perutmu terasa kenyang justru akan menyebabkan perutmu menjadi buncit. Oleh sebab itu sebaiknya kamu dapat menghindari kebiasaan buruk ini agar berat badanmu tetap ideal saat lebaran.

Bergerak Aktif

Latihan Interval Intensitas Tinggi. (Special)

 

Terlalu banyak makan dan tidur justru akan membuat berat badanmu menjadi naik. Oleh sebab itu, kamu pun dapat bergerak aktif untuk menjaga tubuhmu agar tetap fit walaupun banyak makan dan minum sepanjang hari. Kamu pun dapat melakukan beberapa kegiatan sederhana seperti berjalan kaki ataupun melakukan olahraga ringan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel