7 Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Jumat, 21 April 2023 | 08:58:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Tips Mudik Lebaran Aman Dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Ladiestory.id - Lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh umat muslim, bersilaturahmi ke rumah sanak saudara menjadi salah satu momen penting saat lebaran. Tak hanya mempererat silaturahmi lebaran pun bisa menjadi momen untuk melepas rindu dan bermaaf-maafan dengan sanak saudara.

Bagi Anda yang sedang mengandung, tentu hal ini menjadi suatu berkah dan tantangan tersendiri karena perlu kewaspadaan dan akan ada banyak persiapan yang harus diperhatikan. Bukan berarti ibu hamil tidak bisa ikut mudik lebaran, lho.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar mudik lebaran terasa aman dan nyaman seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Konsultasi ke Dokter Kandungan

Ilustrasi konsultasi dengan dokter. (Special)

 

Tips pertama yang bisa anda lakukan ialah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan. Hal ini dikarenakan kondisi setiap ibu hamil tentu berbeda-beda apalagi bagi ibu hamil yang baru pertama kali akan menempuh perjalanan jauh serta menggunakan alat transportasi tertentu.

Selain untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan tentu kesehatan dan keselamatan ibu dan calon bayi menjadi fokus utamanya. Alangkah lebih baik jika anda memeriksa kandungan dan kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan supaya perjalanan mudik anda dapat lebih aman dan nyaman serta tidak mempengaruhi kondisi kandungan anda.

Perhatikan Usia Kehamilan

Ilustrasi kehamilan. (Special)

 

Melakukan perjalanan mudik memang diperbolehkan bagi ibu hamil, namun yang harus bumil perhatikan ialah untuk dapat memperhatikan dan mempertimbangkan usia kehamilan.

Melakukan perjalanan jauh dan waktu yang cukup lama pada usia kehamilan di trimester awal sangat tidak disarankan karena kehamilan bumil masih rawan dan bisa berpengaruh pada janin.

Jika bumil memasuki usia kehamilan trimester dua maka mudik pun bisa dilakukan karena perkembangan janin mulai signifikan serta rasa mual pun cukup berkurang. Sementara itu, apabila bumil memasuki usia kandungan trimester tiga sebaiknya jangan berpergian menjelang hari perkiraan lahir (HPL). Tentunya mudik dapat diperhatikan sesuai dengan usia kehamilan dan kondisi fisik bumil.

Pilih Waktu Mudik Terbaik

Ilustrasi melihat kalender. (Special)

 

Saat hendak melangsungkan mudik, anda juga bisa menentukan waktu keberangkatan yang terbaik. Usahakan untuk tidak melakukan mudik perjalanan mendekati hari lebaran karena kondisi jalan raya bisa saja dipenuhi pemudik dan kemacetan, hal ini tentu akan membuat perjalanan anda menjadi kurang nyaman sehingga dapat mempengaruhi mood bumil bahkan bumil bisa mengalami kelelahan. Nah, sebaiknya pilihlah waktu mudik dua atau tiga minggu sebelum hari lebaran tiba.

Pilih Transportasi yang Aman dan Nyaman

Orang di Pesawat (Special)

 

Supaya bumil bisa merasa lebih aman dan nyaman di perjalanan, bumil bisa memilih transportasi terbaik yang dapat disesuaikan pula dengan bujet dan jarak tempuh kota tujuan. Pilihlah transportasi dengan fasilitas yang lebih leluasa bagi ibu hamil serta dapat membuat bumil merasa rileks. Apabila bumil dan keluarga menggunakan kendaraan pribadi, maka bumil bisa memilih tempat rest area untuk mengistirahatkan tubuh sejenak.

Luangkan Waktu Istirahat

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

 

Saat melakukan perjalanan mudik sebaiknya bumil bisa meluangkawan waktu untuk beristirahat, apabila bumil dan keluarga menggunakan kendaraan pribadi maka jangan memaksakan diri untuk terus menempuh perjalanan, karena bisa saja bumil merasa jenuh dan kelelahan, hal ini pun dapat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

Durasi perjalanan yang dianjurkan untuk bumil adalah empat jam, duduk terlalu lama juga sangat tidak disarankan bagi ibu hamil karena dapat mengakibatkan pembuluh darah dapat tersumbat. Untuk mengatasinya bumil dapat berdiri dan berjalan sejenak untuk merileksasikan tubuh dan otot-otot tubuh dapat merenggang.

Penuhi Kebutuhan Cairan dan Nutrisi

Ilustrasi ibu hamil minum vitamin. (Special)

 

Melakukan perjalanan mudik tentu akan begitu melelahkan apalagi bagi ibu hamil, maka dari itu bumil juga harus memperhatikan asupan makanan dan minuman saat melakukan perjalanan. Penting bagi ibu hamil untuk terus memenuhi kebutuhan akan cairan dan nutrisi dalam tubuh baik bagi ibu dan buah hati dalam kandungan. Perbanyak konsumsi air putih untuk memenuhi cairan dalam tubuh serta perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi bagi kebutuhan ibu dan bayi dalam kandungan.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

 

Supaya perjalanan mudik bumil menjadi menyenangkan dan nyaman, bumil juga bisa menggunakan pakaian yang nyaman, sebaiknya pilihlah pakaian yang longgar serta bahan yang dapat menyerap keringat.  Selain itu, hindari menggunakan celana karet dibagian perut karena dapat membuat bumil menjadi sesak.