7 Cara Hilangkan Mata Panda

Sabtu, 18 Desember 2021 | 18:30:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

7 Cara Hilangkan Mata Panda

Ilustrasi lingkar mata hitam. (Special)

Ladiestory.id - Semua orang pasti ingin selalu terlihat fresh. Namun pekerjaan yang menumpuk atau padatnya aktivitas kerap membuat kita kelelahan. Akibatnya, hal ini memunculkan lingkaran hitam di mata atau yang biasa disebut mata panda. Tentu saja keberadaan kantong mata membuat kita jadi kurang sedap dipandang.

Kantong mata dan lingkaran hitam di mata, atau dikenal juga dengan istilah mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena penuaan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur.

7 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

Meski tidak berbahaya, kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa membuat penampilan jadi tidak segar. Oleh sebab itu ada 7 cara menghilangkan lingkaran hitam di mata yang dapat kamu coba.

1. Gunakan Kompres Dingin

Mengompres mata diketahui ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan menghilangkan lingkaran hitam di mata. Kamu dapat mengompres mata dengan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus es. Kompres mata selama 10–15 menit.

Selain dengan air dingin atau es, kamu juga bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

2. Mentimun

Sayuran ini mudah ditemui setiap saat. Selain digunakan untuk lalapan, mentimun juga menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Dengan cara iris tipis mentimun ttau dihaluskan. Lalu simpan sebentar dalam lemari es. Kemudian kompres mata dan biarkan 5 hingga 10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Tidak hanya dapat melembabkan kulit, mentimun juga dapat memutihkan daerah di bawah mata.

3. Kantong Teh Hijau

Ilustrasi kantong teh. (Special)

 

Kafein yang terkandung dalam kantong teh, khususnya teh hijau mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Kantong teh juga dapat melindungi kulit sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Cara menggunakannya mudah, rendam dua kantong teh selama 3 hingga 5 menit dan dinginkan kantong teh dalam lemari es selama 20 menit. Kemudian, peras cairannya dan oleskan ke daerah di bawah matamu. Biarkan kantong teh ada di bawah mata selama 15-30 menit.

4. Air Putih

Cara berikutnya yang paling sederhana untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata adalah dengan banyak minum air putih. Tahukah kamu bahwa tubuh perlu selalu terhidrasi supaya retensi air juga dapat dicegah. Air tersebut juga akan mengeluarkan racun dari tubuh.

Tak hanya saat berkantung mata saja, tetapi lakukanlah kebiasaan ini setiap hari. Kamu juga sebaiknya menghindari minuman yang berkafein agar terhindar dari kantung mata hitam.

5. Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

6. Lakukan Olahraga Wajah

Olahraga wajah merupakan cara alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, terutama menghilangkan lingkaran hitam di mata. Melakukan yoga wajah akan melatih otot-ototnya agar lebih kencang.

Pose yoga dengan badan terbalik seperti shoulder stand dan back bends dapat membantu meningkatkan aliran darah ke wajah. Dengan begitu, diharapkan kelebihan cairan berkurang dan pembengkakan akan mereda, yang sekaligus mengatasi mata panda.

7. Tidur Cukup dengan Posisi yang Benar

Kurang tidur dapat mengganggu berbagai fungsi tubuh, juga tampilan wajah. Selama kamu tidur, cairan dalam jaringan tubuh akan diperas kembali ke pembuluh getah dan juga ke saluran darah. Karenanya, mata akan terlihat bengkak saat kamu bangun tidur. Pembengkakan tersebut dapat hilang dalam beberapa waktu.

Lain halnya kalau kamu tidak mendapatkan cukup waktu tidur, misalnya kurang dari 7 jam. Cairan yang semestinya kembali ke saluran darah akan terjebak dalam jaringan, termasuk jaringan mata, dan timbullah kantung mata. Parahnya lagi, kantung mata akan disertai lingkaran hitam dan kulit jadi pucat bila anda kurang tidur. Makanya, pastikan kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup, yakni 7 – 8 jam untuk orang dewasa.

Bukan cuma waktu tidur yang penting, melainkan juga posisi tidur. Cobalah tidur telentang dengan meninggikan posisi kepala. Kamu bisa menambahkan jumlah bantul supaya kepala sedikit terangkat. Cara menghilangkan kantung mata ini membantu mencegah retensi cairan di sekitar mata saat kamu tidur. Pada gilirannya, cara ini dapat menghilangkan lingkaran hitam di mata.