5 Manfaat Tidur yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bikin Panjang Umur!

Minggu, 17 Maret 2024 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Tidur Yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bikin Panjang Umur!

Ilustrasi Wanita Tidur. (Freepik)

Ladiestory.id - Setiap orang tentu membutuhkan tidur. Namun, tahukah kamu manfaat tidur yang jarang diketahui? Jika belum, maka ini adalah artikel yang tepat untuk kamu simak hingga akhir. Tidur menjadi salah satu hal yang penting dalam hidup seseorang sama seperti makanan. Tak ayal, kebutuhan tidur pun menghabiskan hampir sepertiga hidup manusia

Ketika tidur, ada banyak proses biologi yang terjadi dalam tubuh. Kondisi ini yang kemudian mendorong adanya berbagai manfaat untuk menjaga kesehatanmu secara menyeluruh. 

Nah, daripada berlama-lama mendingan langsung aja yuk simak pembahasan mengenai manfaat tidur yang sudah dirangkum dari helathline.com khusus untuk kamu.

1. Meningkatkan Kemampuan Otak

Ilustrasi meningkatkan kemampuan otak ( Ocean Curbis )

 

Ketika tidur, tubuh akan mengalami beragam proses khususnya di bagian otak. Kondisi ini akan menimbulkan adanya regenerasi sel saraf atau neuron pada otak untuk menjaga kualitas kesehatannya. 

Sistem limfatik akan membuang berbagai racun dari otak yang telah menumpuk sepanjang hari. Sehingga, saat bangun tidur otakmu menjadi kembali segar dan siap menerima informasi baru.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa tidur membantu mengurangi, menghapus bahkan melupakan  ingatan yang tidak diperlukan. Namun, membantu menjadikan informasi penting yang sebelumnya bersifat jangka pendek menjadi panjang. 

Tidur juga membantu berbagai aspek otaknyang penting. Beberapa diantaranya seperti kemampuan mengingat sesuatu, konsentrasi, pengambilan keputusan hingga kreativitas. 

2. Menjaga Imunitas Tubuh

Ilustrasi Wanita Berolahraga. (iStock)

 

Manfaat tidur yang jarang diketahui berikutnya yaitu menjaga imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan saat tidur, tubuh akan memproduksi sitokin yang merupakan protein untuk melawan infeksi atau peradangan pada tubuh.

Proses ini juga menghasilkan antibodi atau sel kekebalan. Sehingga, kamu terhindar dari penyakit dan kuman yang berbahaya. 

Tak ayal, kamu sering mendengar saran ketika tubuh sakit atau sedang stres dan imun menjadi lemah. Maka, kamu perlu memperbanyak dan meningkatkan kualitas tidur bukan? Oleh karenanya, tidur pun menjadi sangat penting dan jangan sampai terlewat begitu saja olehmu. 

3. Membuat Jantung Sehat

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

 

Siapa sangka, tidur bisa menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga jantung tetap sehat. Sebab, membatu mencegah berbagai penyakit yang berbahaya seperti tekanan darah tinggi, peradangan hingga meningkatkan kadar kortisol. 

Hal ini pun didukung dengan penelitian yang menunjukkan ketika seseorang tidur secara cukup sebanyak 7 jam per hari. Maka, memiliki kondisi tubuh menjadi lebih prima. 

Namun, ketika jam tidur tidak terpenuhi. Maka, akan timbul berbagai masalah kesehatan salah satunya risiko penyakit jantung. 

4. Emosi Menjadi Lebih Stabil

Ilustrasi Tenang dan Fokus. (Special)

 

Manfaat tidur yang jarang diketahui dan tak boleh ketinggalan yaitu menjadikan emosi lebih stabil. Mengapa begitu? 

Diketahui, ketika tidur ada aktivitas otak yang mengatur kembali kondisi emosionalnya. Hal ini biasanya terjadi di beberapa bagian otak seperti amigdala, hipokampus, hingga korteks prefrontal medial. 

Sebuah penelitian menemukan tidur yang cukup dan berkualitas dapat menjaga kestabilan emosi dan juga mencegah adanya ancaman stress. Hal ini dikarenakan ketika tidur cukup bagian otak bernama amigdala bekerja lebih optimal dalam merespon sesuatu berupa emosi. Namun, jika tidurmu kurang justru akan memicu respon yang berlebihan dan cenderung negatif. 

Bahkan, tidur juga membantu seseorang terhindar dari resiko masalah kesehatan mental. Beberapa diantara seperti overthinking berlebihan yang kerap memicu insomnia yang parah.  

5. Menjaga Berat Badan Tubuh

Ilustrasi berat badan turun. (Special)

 

Jika kamu kerap merasa sulit menjaga berat badan tubuh. Maka, perhatikan kembali kualitas tidurmu. 

Tak banyak yang tahu bahwa tidur bisa mempengaruhi berat badan seseorang. Hal ini dikarenakan adanya hormon-hormon dalam tubuh yang bisa mengendalikan nafsu maupun rasa lapar. 

Ketika tidur hormon seperti gherin yang meningkatkan nafsu makan seseorang menjadi berkurang kemampuannya. Sebab, kamu hanya membutuhkan sedikit energi. 

Sedangkan, saat kamu kurang tidur menciptakan hormon leptin yang berfungsi untuk memberikan efek kenyang berkurang kemampuannya. Sehingga, kamu menjadi mudah lapar dan ingin terus mengkonsumsi sesuatu. 

Jika hal ini tidak segera ditangani, maka akan ada beragam masalah kesehatan yang terjadi. Beberapa diantaranya seperti kegemukan, masalah diabetes hingga metabolisme tubuh yang terganggu. 

Itulah deretan manfaat tidur yang jarang diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dan salam sehat, Ladies! (*)

 

SUMBER BERITA:

https://www.healthline.com/health/why-do-we-sleep