Ajari Sejak Usia Dini, Ini 5 Cara untuk Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri

Jumat, 18 Oktober 2019 | 13:39:44

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

Ajari Sejak Usia Dini, Ini 5 Cara Untuk Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri

Ilustrasi ayunan. (Special)

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah tapi bukan berarti tidak bisa dipahami. Ketika anak mulai tumbuh, mereka harus diberikan tanggung jawab lebih besar.

Kamu tentunya tidak menginginkan anakmu menjadi pribadi yang manja dan tidak bisa diandalkan, kan Ladies? Kemandirian itu perlu dipelajari dan dipahami karena kalau tidak, seorang anak tidak akan bisa melakukan tugas sesuai dengan usianya.

Agar anakmu menjadi lebih mandiri, kamu bisa nih mengikuti 5 cara di bawah ini!

Ilustrasi peran ayah terhadap anak. (Special)

 

1. Buatlah daftar tugas

Buatlah daftar tugas yang bisa dilakukan anakmu sendiri, seperti bagaimana cara berpakaian dan cara merapikan mainan mereka. Bicaralah dengan anakmu tentang tugas yang menurutmu dapat mereka lakukan.

Jika anakmu tidak yakin, suruh anakmu berlatih di depanmu. Jangan berikan tugas yang berat untuk anakmu. Perlu diingat, anak-anak akan melakukan hal yang lebih baik ketika mereka tahu apa yang kamu harapkan dari mereka.

2. Jangan mengharapkan kesempurnaan

Anak-anak iu masih mencari tahu keterampilan motorik mereka sehingga beberapa kekurangan mungkin terjadi, seperti menumpahkan jus ketika mereka ingin menuangkan minuman untuk diri mereka sendiri.

Ketika anakmu melakukan hal tersebut, jangan dimarahi! Sebaliknya, perlihatkan dengan lembut cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Jelaskan bawah setiap orang membuat kesalahan, dan tidak ada yang sempurna.

Ilustrasi ibu dan anak remaja perempuan. (Special)

3. Berikan waktu yang cukup

Anak-anak cenderung membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka dibandingkan dengan orang dewasa. Beri mereka waktu yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan mereka untuk mencegah mereka menjadi stress.

Misalnya, jika anakmu perlu waktu sepuluh menit untuk mengenakan pakaiannya sendiri di pagi hari, mulailah rutinitas harianmu lebih awal. Dengan berlatih, mereka akan belajar dan dapat melakukan tugas mereka lebih cepat seiring dengan berjalannya waktu.

4. Kembangkan rutinitas

Anak-anak perlu rutin untuk mengelola tanggung jawab mereka. Jika jadwal harian mereka terus berubah, mereka akan menjadi bingung. Jelaskan pada anakmu kapan mereka harus menyelesaikan tugas tertentu.

Misalnya, kamu dapat memberi tahu anakmu bahwa mereka harus merapikan mainan mereka sebelum mereka pergi tidur, kamu juga perlu mengingatkan anakmu bahwa mereka harus membersihkan diri sebelum tidur.

5. Berikan pujian

Anak-anak itu suka dipuji untuk setiap hal yang mereka lakukan. Berikan pujian pada anakmu ketika mereka melakukan sesuatu sendiri, terutama jika itu adalah hal yang awalnya sulit mereka lakukan. Kamu bahkan dapat mengubah kesalahan mereka menjadi pujian.

Misalnya, jika anakmu terbalik mengenakan pakaiannya, kamu dapat memuji mereka dengan membiarkan mereka memilih pakaian yang ingin mereka pakai dan biarkan mereka memakainya sendiri. Beri anakmu dorongan ketika mereka merasa frustrasi melakukan tugas mereka.

Mendidik anak bukan hal yang sulit tapi bukan berarti tidak bisa diterapkan, dan kemandirian itu bisa dilakukan jika diberikan kesempatan, jadi yuk mulai bantu anakmu jadi lebih mandiri!