Ajukan Somasi Terbuka, Rieka Roslan Larang ‘The Groove’ Nyanyikan Lagu Ciptaannya

Jumat, 9 Juni 2023 | 17:58:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ajukan Somasi Terbuka, Rieka Roslan Larang ‘The Groove’ Nyanyikan Lagu Ciptaannya

Rieke Roslan. (Spesial)

Ladiestory.id - Penyanyi Rieka Roslan baru-baru ini mengajukan somasi terbuka untuk grup musik ‘The Groove’ yang merupakan grup musik lamanya.

Somasi tersebut berisikan larangan grup musik ‘The Groove’ untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Somasi ini menjadi peringatan kesekian kali dari Rieka Roslan kepada ‘The Groove’.

Sebab diketahui bahwa sebelumnya, musisi berdarah Sunda ini sudah memberikan ultimatum terkait larangan menyanyikan lagu ciptaannya.

“Tujuan kami hari ini adalah ingin menginformasikan, bahwa klien kami Rieka Roslan pada 29 Mei lalu sudah melayangkan somasi atau teguran kepada The Groove. Tapi itu somasi tertutup,” kata kuasa hukum Rieka Minola Sebayang, yang dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (9/6/2023).

Menurut Minola, tujuan somasi ini diungkap secara terbuka agar pihak penyelenggara acara dapat mengetahui poin-poin yang dilayangkan oleh pihak Rieka.

Selain itu somasi ini juga sebagai pengingat kepada siapapun, terutama ‘The Groove’ untuk tidak menyanyikan lagu milik Rieka Roslan.

Sebab mereka khawatir jika ini tidak dipublikasikan, mungkin saja ada pihak-pihak yang tidak mengetahuinya.

“Kenapa kami merasa perlu menginformasikan secara lisan, karena publik perlu tahu ada somasi ini, terutama EO dan penyelenggara,” ungkap Rieka Minola.

“Karena kalau ‘The Groove’ saja yang tahu, nanti tidak tepat mengapa somasi ini diberikan,” imbuhnya.

Rieka Minola juga menegaskan akan ada konsekuensi hukum yang diterima oleh ‘The Groove’ jika somasi ini tidak diindahkan.

Ia merujuk pada ketentuan Pasal 9 ayat (2) dan ayat (3) Jo. Pasal 80 ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UUHC).

“Oleh karena itu, Rieka sebagai pencipta memberitahukan kepada masyarakat, terutama EO (event organizer), ‘The Groove’ sudah tidak diizinkan kecuali dengan izin tertulis untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaan Rieka,” kata Minola.

“Kalau ini dilanggar, tidak diindahkan, maka akan ada konsekuensi hukum sebagaimana diatur oleh UU ini. Karena UU ini mengatur, jika tidak meminta izin, ada konsekuensi hukumnya, dan itu masih berlaku,” imbuhnya.

The Groove. (Spesial)

Hadirnya somasi untuk melarang ‘The Groove’ menyanyikan lagu Rieka Roslan lantaran sang musisi sudah didepak dari band tersebut.

Pertama pada tahun 2005 lewat pemecatan ‘The Groove’ kepada Rieka Roslan. Namun kemudian, penyanyi 53 tahun ini kembali bergabung dengan kolaborasi.

Sayang rujuknya ‘The Groove’ dengan Rieka Roslan kembali rusak. Ini karena sang musisi mendapat kabar mantan band-nya tidak mau lagi berkolaborasi.

Sakit hati dengan hal ini, Rieka Roslan pun akhirnya memutuskan untuk melarang ‘The Groove’ menyanyikan semuau lagu ciptaannya.