Aksi Jan Ehtes Jadi Jubir di Pernikahan Kaesang-Erina Bikin Gemas

Minggu, 11 Desember 2022 | 12:30:00

Aksi Jan Ehtes Jadi Jubir Di Pernikahan Kaesang-Erina Bikin Gemas

Jan Ethes di Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Ladiestory.id - Aksi lucu Jan Ethes di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono lagi-lagi mencuri perhatian. Keponakan Kaesang itu menjadi juru bicara di prosesi ngunduh mantu yang digelar hari ini, Minggu (11/12/2022).

Jan Ehtes ditunjuk oleh Joko Widodo untuk menjawab pertanyaan awak media. Putra sulung Gibran Rakabuming ini pun langsung menuruti arahan sang kakek dengan beranjak maju ke para wartawan.

"Nah, juru bicara," kata Jokowi kepada Jan Ethes.

"Sini, sini lurus. Hari ini apa?" tanyanya. 

Jan Ethes di Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

Jan Ethes, yang menggunakan busana kebaya beludru berwarna biru tua, hanya melontarkan jawaban yang singkat. Agenda tanya jawab itu hanya berlangsung sebentar, sekitar kurang dari lima menit. 

"Ucapin selamat buat Mas Kaesang dan Mba Erina," balas Jan Ehtes lalu melambaikan tangan ke awak media sebelum pamit.

Dalam momen yang sama, Joko Widodo selaku ayahanda Kaesang menjelaskan tujuan dari pelaksanaan ngunduh mantu. Menurut kepala negara ini, masyarakat Indonesia harus merawat dan memelihara kebudayaan yang diwariskan oleh para leluhur. Dia pun sengaja mengenalkan budaya ngunduh mantu lewat acara pernikahan Kaesang dan Erina. 

"Hari ini minggu tanggal 11 Desember 2022 kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayan. Mewarat kebudayaan, memelihara kebudayaan, karena budaya adalah warisan para leluhur kita," kata Jokowi di Loji Gandrung.

Ngunduh Mantu Kaesang-Erina. (Youtube.com/Presiden Joko Widodo)

"Oleh sebab itu, mengenalkan budaya kita adalah wajib. Mencintai kebudayaan kita adalah sebuah kewajiban kita bersama. 0leh sebab itu, kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter kita, karakter budaya kita juga semakin kita mencintasi," tambah dia.

Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina dilakukan pada pagi hari, dimulai pukul 7.30 WIB sampai 8.15 WIB. Dalam momen sarat budaya ini, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono memakai pakaian baju pengantin Solo.