7 Alasan Cappadocia Jadi Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi

Rabu, 5 Januari 2022 | 22:59:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Alasan Cappadocia Jadi Destinasi Wisata Yang Harus Kamu Kunjungi

Ilustrasi balon udara di Cappadocia. (Special)

Ladiestory.id - Meskipun pandemi belum berakhir, namun tak menghalangi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata favorit dalam momen liburan akhir dan awal tahun. 

Turki adalah salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Kemudahan dalam aturan berwisata bagi turis asing dan juga indahnya panorama alam, jadi salah satu alasan kenapa Turki banyak dipilih buat liburan. 

Kawasan Cappadocia adalah tujuan utama wisatawan saat mengunjungi Turki. Daerah ini terkenal sebagai tempat bersejarah di Anatolia Tengah, salah satu kota tua di Turki. Menaiki balon udara sambil menyaksikan indahnya sunrise jadi daya tarik tersendiri destinasi wisata ini. Karena itulah, wisatawan pun rela membayar mahal untuk bisa mengabadikan momen indah di Cappadocia.

Berikut beberapa alasan kenapa Cappadocia jadi destinasi wisata yang harus Kamu kunjungi.

1. Indahnya Matahari Terbit

Ilustrasi balon udara di Cappadocia, Turki. (Special)

Indahnya matahari terbit di Cappadocia tak akan pernah bisa Kamu temukan di tempat lain, karena itulah salah satu alasan Kamu harus mengunjunginya. Bila waktunya matahari terbit, maka balon-balon udara akan diterbangkan dan membuat suasana langit jadi tampak indah dengan tebaran balon udara. 

Kamu juga bisa menaiki balon udara itu agar bisa menyaksikan sunrise lebih dekat. Untuk menaikinya Kamu dikenakan biaya Rp2,8 Juta per orang. Wisata balon ini sudah bisa dinikmati sejak pukul 05.00 waktu setempat, untuk melihat keindahan matahari terbit. 

2. Memiliki Banyak Lembah yang Indah

Kawasan Cappadocia punya banyak lembah atau perbukitan dengan pemandangan yang memesona. Salah satunya Lembah Kizil yang menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan. 

3. Memiliki Kuliner Khas Tradisional yang Nikmat

Ilustrasi makanan khas Cappadocia. (Special)

Berkunjung ke Cappadocia rasanya tak lengkap tanpa menikmati makanan khasnya yang lezat. Seperti Turk Mantis, yakni pangsit ala Turki yang dibalut dengan mentega dan yogurt, Yaprak Sarmasi yakni makanan dengan isian daun anggur, testi kebab, salad kentang, sulu kofte yakni bakso rebus dalam saus tomat.

4. Memiliki Minuman Anggur yang Nikmat

Cappadocia memiliki minuman anggur produksi lokal yang nikmat dan sayang bila dilewatkan. Anggurnya langsung dari hasil tanam di Tanah Cappadocia. 

5. Terdapat Museum yang Menyimpan Banyak Sejarah

Sebagai kawasan bersejarah, Cappadocia juga memiliki banyak museum, yang terkenal adalah Museum Terbuka Goreme dan Museum terbuka Zelve. Kedua museum ini menyimpan banyak sejarah kehidupan pada masa lampau, ini juga jadi alasan kenapa Cappadocia harus Kamu kunjungi. 

6. Bisa Berkreasi Membuat Tembikar

Di Cappadocia terdapat daerah yang terkenal dengan kerajinan tembikarnya, yakni Avanos. Mengunjungi Avanos akan memberikan pengalaman baru buatmu. Di sini Kamu bisa berkreasi membuat tembikar versimu. 

7. Terdapat Desa Bawah Tanah yang Unik

Ilustrasi desa bawah tanah, Derinkuyu yang ada di Cappadocia. (Special)

Alasan lainnya kenapa Cappadocia jadi wisatawan favorit adalah adanya desa bawah tanah yang unik. Derinkuyu adalah desa dengan delapan lantai yang dibangun dengan formasi geologis Kapadokya