Mencicipi Kuliner Lezat Di Negara Turki yang Siap Menggoyang Lidah

Minggu, 5 November 2023 | 08:13:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

Mencicipi Kuliner Lezat Di Negara Turki Yang Siap Menggoyang Lidah

Ilustrasi Kuliner Turki. (Canva)

Ladiestory.id - Mungkin kamu pernah dengar nama ini Cappadocia karena pernah menjadi perbincangan seru di netizen Indonesia. Cappadocia menjadi salah satu tempat yang wajib banget kamu kunjungi jika kamu pergi ke Turki.  Turki adalah sebuah negara yang melintasi dua benua, yaitu Asia dan Eropa, dikenal karena warisan sejarah, kebudayaan yang kaya, dan makanan lezatnya.

Terletak di persimpangan Eropa dan Asia, dengan sebagian wilayahnya di Semenanjung Anatolia di Asia dan sebagian lagi di Semenanjung Balkan di Eropa. Turki memiliki warisan sejarah yang kaya, dengan peninggalan dari zaman Kekaisaran Ottoman, Byzantium, dan Romawi.  Istanbul (dahulu Konstantinopel), yang merupakan pusat budaya dan sejarah Turki; juga terdapat kota-kota penting lainnya seperti Ankara (ibu kota), Izmir, dan Antalya.

Bahasa resmi adalah Bahasa Turki. Mayoritas penduduknya menganut agama Islam. Namun, negara ini secara resmi adalah negara sekuler dan memiliki keragaman agama yang signifikan. Turki memiliki keindahan alam yang beragam, termasuk pantai Mediterania, Cappadocia yang terkenal dengan formasi barunya yang unik, dan Pamukkale dengan air terjun kalsiumnya yang terkenal. Banyak situs bersejarah, seperti Hagia Sophia, Topkapi Palace, dan Blue Mosque di Istanbul, serta Ephesus di Izmir.

Kaya dengan hidangan lezat seperti kebab, baklava, meze, dan banyak lagi. Kebudayaan kopi Turki juga terkenal.Berikut adalah beberapa makanan khas Turki yang patut dicoba

1. Kebab

Ilustrasi Kebab. (Canva)

 

Kebab merupakan hidangan yang populer di Turki. Ada berbagai jenis kebab, seperti shish kebab (potongan daging panggang), döner kebab (daging yang dipanggang dan diiris tipis), serta adana kebab (daging cincang yang dibentuk ke dalam taburan sate dan dipanggang).

2. Baklava

Ilustrasi Baklava. (Canva)

 

Baklava memiliki cita rasa manis, renyah, dan kaya akan kacang. Kombinasi antara lapisan pastry tipis dan kacang yang diisi dengan sirup manis membuatnya menjadi hidangan pencuci mulut yang sangat dihargai di banyak budaya. Hidangan ini sering disajikan pada berbagai acara spesial, merayakan momen penting, atau sebagai hadiah khusus.

3. Meze

Ilustrasi Meze. (Canva)

 

Meze adalah sejenis hidangan pembuka atau hidangan kecil yang biasanya disajikan bersama dengan minuman sebelum hidangan utama. Ini bisa berupa berbagai macam hidangan seperti hummus, tabouleh, dan dolma (daun anggur yang diisi dengan campuran beras, daging, dan rempah-rempah).

4. Lahmacun

Ilustrasi Lahmacun. (Canva)

 

Lahmacun adalah sejenis roti tipis yang ditaburi dengan campuran daging cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah, biasanya dimakan dengan ditambahkan irisan tomat, selada, dan perasan lemon.

5. Mantı

Ilustrasi Kuliner Turki. (Canva)

 

Mantı mirip dengan ravioli, yaitu dumpling kecil yang diisi dengan daging cincang atau keju, biasanya disajikan dengan saus yogurt dan minyak mentega yang diberi tambahan bumbu. Mantı sering disajikan sebagai hidangan utama di meja makan Turki, dan sering kali menjadi hidangan favorit dalam acara keluarga atau perayaan penting. Ini adalah hidangan yang lezat dan ikonik dari warisan kuliner Turki.

Kuliner Turki sangat bervariasi dan menyajikan cita rasa yang unik dengan penggunaan rempah-rempah dan bahan-bahan alami. Menikmati makanan khas Turki adalah pengalaman yang memuaskan bagi para penikmat kuliner.