5 Alasan Mengapa Anak Muda Harus Paham Fashion

Senin, 15 Agustus 2022 | 00:01:00

5 Alasan Mengapa Anak Muda Harus Paham Fashion

Fashion Anak Muda. (Instagram.com/mallkuningancity)

Ladiestory.id - Kebanyakan orang hanya tahu bahwa fashion merupakan cara berpakaian yang ditujukan untuk menunjang penampilan seseorang. Padahal, fashion dapat menjadi medium berekspresi dan menyatakan suatu hal tertentu. Selain itu, karakter kamu juga bisa digambarkan dari gaya fashion yang kamu pilih.

Ada beberapa jenis gaya fashion yang tren, yaitu arty, chic, klasik, glamor, romantic, dan flamboyan. Namun, biasanya perempuan lebih menyukai gaya fashion klasik dan glamor. Gaya fashion klasik dipilih oleh seseorang yang tidak terlalu suka ribet.

Biasanya, gaya ini dipakai perempuan untuk ke mall, nongkrong di kafe, atau sekadar jalan-jalan santai. Sedangkan, gaya fashion glamor dipilih oleh seseorang yang ingin memprioritaskan kesan mewah sehingga terlihat lebih menarik. Gaya ini dipakai perempuan untuk menghadiri acara-acara spesial.

Nah, untuk itu, kamu harus tahu mengapa fashion itu penting, khususnya bagi anak muda.

Bikin Percaya Diri

Ilustrasi style fashion. (Special)

Bagi kamu yang ingin tampil lebih percaya diri dan terlihat menarik. Sebaiknya kamu memahami fashion agar lebih mudah mengetahui gaya fashion mana yang membuatmu nyaman, serta perpaduan mana yang lebih cocok untukmu.

Bentuk Komunikasi Nonverbal

Fashion (Instagram.com/gigihadid)

Kenyataannya, fashion dapat menjadi bentuk komunikasi nonverbal antara kamu dengan orang lain, lho. Seorang filosof Perancis, Roland Barthes, mengatakan bahwa fashion dapat diartikan sebagai sebuah sistem tanda untuk menunjukkan siapa dan nilai budaya apa yang kamu anut.

Sumber Daya Tarik

fashion street style (Pinterest)

Memahami soal fashion dapat membantumu menentukan outfit yang sesuai dengan tempat atau suasana yang kamu datangi, tapi masih sejalan dengan kepribadianmu. Hal ini dapat menjadi sumber daya tarik, apabila kamu tepat dalam menentukannya.

Selain itu, hal ini juga dapat memberikan impresi yang menarik terhadap orang-orang yang kamu temui, bahkan dapat membantumu menemukan relasi.

Penanda Kelas Sosial

fashion street style (Pinterest)

Ada beberapa momen dalam hidup yang mengharuskan kamu untuk mengetahui atau menunjukkan kelas sosial. Hal ini dapat dilakukan melalui fashion, karena fashion memiliki kekuatan untuk menunjukkan kelas sosial ekonomi yang berbeda.

Misalnya, seseorang dengan pakaian bermerek diduga dari kalangan kelas menengah ke atas, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, dengan memahami fashion akan membuatmu dapat menangkap ekspresi diri seperti apa yang seseorang ingin tunjukkan.

Peluang Dapat Uang

uang (pinterest)

Apabila kamu memahami dan mendalami perkembangan fashion, ini akan membantumu untuk mendapatkan uang. Misalnya, kamu menjadi designer pakaian, otomatis kamu akan mengeluarkan kreativitasmu dalam membuat baju yang dapat menarik perhatian orang-orang.

Kamu juga dapat menghadiri acara pekan mode tahunan besar, seperti Jakarta Fashion Week yang menampilkan design, gaya, dan tren fashion terbaru untuk mendapatkan berbagai gambaran tentang fashion terbaru.