Alasan Nasi Padang Jadi Menu Favorit Semua Orang

Jumat, 4 Maret 2022 | 14:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Alasan Nasi Padang Jadi Menu Favorit Semua Orang

Nasi Padang (Special)

Ladiestory.id - Salah satu kuliner Indonesia yang sangat disukai banyak orang adalah nasi Padang. Ya, masakan khas asli Padang ini sudah menjamur di seluruh Indonesia. 

Banyak orang yang suka dengan nasi Padang. Apa sebabnya? Menurut seorang ahli kuliner khas Minang, Reno Andam Suri membeberkan alasan nasi Padang dicintai banyak orang. 

“Ini makanan yang bisa dibilang diterima oleh semua kalangan dan menilai makan aman. Maksudnya aman tuh, rasanya kita kenal.” Jels Reno dilansir berbagai sumber. 

Selain itu, memang ada 5 alasan nasi Padang menjadi menu makanan favorit semua orang. Apa saja ya kira-kira?

Bumbu Khas dan Kuat 

Nasi Padang (Special)

Salah satu alasan mengapa banyak orang suka makan nasi Padang adalah bumbunya yang khas dan kuat. Bahkan, banyak orang yang berkata jika nasi Padang dibuat dengan ganja, sebab memiliki sifat adiktif. Kecanduan bagi siapapun yang mencicipinya untuk pertama kali. 

Pada dasarnya masakan Indonesia memang terkenal kaya akan rempah-rempah. Tak terkecuali makanan khas dari Padang ini yang memiliki citra rasa khas pula. 

Oleh sebab itu aroma hingga rasa nasi Padang sangatlah tajam. Bahkan, masakan Padang sudah masuk ke dalam daftar 50 makanan terenak di dunia. Rupanya nasi Padang sudah go internasional. 

Harga Murah

Nasi Padang (Special)

Sebenarnya murah atau mahal itu sangat relatif. Namun, hampir semua orang mengganggap nasi Padang adalah makanan yang murah. 

Kamu hanya perlu menyiapkan uang kisaran 15 sampai 20rb untuk satu porsi nasi Padang. Kamu bisa mengambil nasi sepuasnya dan pilihan lauk beraneka ragam. 

Selain murah, harga nasi Padang cenderung stabil meski harga bahan pangan sedang mengalami lonjakan. Nah, harga dan rasa nasi Padang sangatlah cocok bagi semua kalangan. Terutama bagi mahasiswa atau pekerja yang merantau dengan keterbatasan dana. 

Banyak Menu 

Nasi Padang (Special)

Sudah disinggung di poin sebelumnya, nasi Padang memang memiliki menu yang beranek ragam. Hal ini pun terlihat dari balik etalase rumah makan Padang. Saking banyaknya menu, penjual sampai harus menumpuk piring berisi lauk pauk. 

Menu nasi Padang diantaranya ayam yang diolah dalam beberapa macam seperti digoreng, dipanggang, hingga digulai. Selain itu ada juga beberapa jenis jeroan seperti kikil, tunjang, usus, hingga ati rempela. 

Belum lagi sayuran dan sambal yang sangat khas masakan Padang. Pada umumnya, rumah makan nasi Padang memiliki menu yang sama. Namun ada juga rumah makan yang memvariasi menu makanan.

Ada di Mana Saja

Nasi Padang (Special)

Meskipun asli dari Padang, namun rumah makan Padang bisa ditemukan di setiap sudut Indonesia. Hal ini membuat banyak orang menyukai nasi Padang. 

Mulai dari restoran nasi Padang, warung nasi Padang, hingga ada juga mereka yang jual di pinggiran jalan. Seolah makanan ini sudah merakyat dan menjamur di setiap daerah Indonesia. 

Jika beberapa orang melakukan perjalanan ke luar kota, tak jarang mereka memilih makan nasi padang. Lantaran rasa dan harga yang pasti membuat mereka tidak kebingungan mencari makan di kota orang lain. 

Tak hanya di Indonesia, rumah makan Padang juga sudah ada di luar negeri. 

Porsi Banyak 

Nasi Padang (Special)

Hal ini yang menjadi alasan banyak orang menyukai nasi Padang, terutama bagi para laki-laki. Sebab nasi Padang memang memiliki porsi jumbo. 

Pembeli berhak menentukan seberapa banyak mereka mengambil nasi, namun tetap dengan harga yang sama. Bahkan ada beberapa pendapat unik dari masyarakat Indonesia mengenai menu favorit semua orang ini. 

Mereka mengganggap nasi Padang akan memiliki porsi banyak ketika dibungkus. Ditambah dengan cara membungkus nasi Padang yang sangat khas. 

Konon katanya, porsi nasi Padang yang banyak, disebabkan rasa toleransi penjual terhadap orang yang kelaparan di era penjajahan.