4 Alasan Nonton Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”

Kamis, 24 November 2022 | 16:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

4 Alasan Nonton Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. (Netflix)

Ladiestory.id - Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” mencatat prestasi baru dengan meraih lima penghargaan di Festival Film Indonesia 2022. Kelima penghargaan tersebut adalah Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.

Film ini tayang perdana di Locarno International Film Festival 2021 dan memenangkan hadiah utama Golden Leopard Prize. “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” bercerita tentang petarung tangguh bernama Ajo Kawir (Marthino Lio), yang bergelut dengan impotensi dan jatuh cinta dengan Iteung (Ladya Cheryl), petarung wanita yang kejam. 

Nah, berikut beberapa alasan mengapa film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” tak boleh dilewatkan. 

Kolaborasi Eka Kurniawan dan Edwin

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. (Netflix)

Film ini diangkat dari novel laris berjudul sama karya Eka Kurniawan yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Jerman, dan Mandarin. Kepiawaian Edwin dan Eka menerjemahkan bahasa teks menjadi imaji visual yang menarik menjadi kolaborasi yang membuat film ini sayang untuk dilewatkan. 

Menariknya, film ini mengusung suasana 1980-an. Selain itu, film ini pun menggunakan bahasa Indonesia yang baku, sehingga semakin menawarkan sajian segar di dunia perfilman tanah air.  

Cerita yang Tak Biasa

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. (Netflix)

“Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” menyajikan cerita menarik mengenai laki-laki yang berupaya menutupi kekurangannya dengan menonjolkan sisi maskulin melalui kekerasan, hingga ia dikenal sebagai seorang jagoan yang tak kenal takut. Namun, kondisinya menjadi tantangan tersendiri saat ia jatuh cinta pada seorang perempuan. Konflik semakin pelik dengan kehadiran orang lain yang mengancam hubungan mereka.  

Adu Akting Dua Pemeran Berbakat

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. (Netflix)

Tidak setiap tahun kita bisa melihat akting Ladya Cheryl di film Indonesia. Setelah hiatus panjang usai membintangi sebuah film dokumenter pada 2016, Ladya kembali memukau dengan perannya sebagai Iteung, yang mengharuskannya berkelahi dan menyesuaikan gaya bicara untuk menyesuaikan dengan era 1980-an. 

Dalam salah satu wawancara, ia bahkan mengaku perlu mengulang beberapa kali video casting-nya karena peran Iteung yang menantang. Akting Ladya semakin menarik ketika bersanding dengan Marthino Lio yang menampilkan sisi berbeda setelah banyak bermain di genre drama. 

Dibintangi Deretan Artis Ternama

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. (Netflix)

Selain Marthino Lio dan Ladya Cheryl, film ini juga menampilkan jajaran bintang ternama lainnya, seperti Christine Hakim, Reza Rahadian, Lukman Sardi, Ratu Felisha, Kevin Ardilova, dan Sal Priadi. Seperti film yang unik ini, peran-peran yang dimainkan para aktor hebat ini pun tergolong tak biasa dan menjadi salah satu alasan mengapa “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” layak disaksikan.  

Film ini memadukan drama, komedi, dan laga serta lengkap dengan latar yang memantik rasa nostalgia. Kamu bisa menonton “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” di Netflix.