6 Alasan Pentingnya Jalani Sahur saat Puasa Ramadan

Kamis, 21 April 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

6 Alasan Pentingnya Jalani Sahur Saat Puasa Ramadan

Ilustrasi anak belajar puasa. (Special)

Ladiestory.id - Bulan Ramadan menjadi bulan penuh berkah yang dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Karena di bulan ini banyak sekali amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keberkahan di sisi Allah Swt. sekaligus penghapus dosa.

Salah satu amalan di bulan Ramadan yang wajib dilakukan oleh umat muslim adalah menjalankan ibadah puasa. Puasa adalah menahan diri dari mengonsumsi makanan dan minuman sejak dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari, serta menghindari dari segala sesuatu yang bisa membatalkannya.

Dalam menjalankan puasa, sangat dianjurkan untuk melakukan makan sahur sebelumnya. Tak hanya sekedar makan untuk mengenyangkan perut saja, sahur juga memiliki alasan penting mengapa harus dijalankan. Adapun alasan penting sahur saat puasa adalah sebagai berikut.

Mengandung Banyak Keberkahan

Ilustrasi orang membaca doa. (Special)

Menjalankan sahur hukumnya sunnah. Artinya ketika tidak dikerjakan tidak apa-apa, namun jika dikerjakan akan mendapatkan pahala. Keberkahan akan sahur pernah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW seperti yang diriwayatkan oleh Hadis Al-Bukhari,

“Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan". Dengan alasan inilah, kenapa penting bagi Kamu yang sedang berpuasa untuk jangan sampai melewatkan sahur.

Agar Kuat Menjalani Puasa Seharian

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Selama menjalani puasa seharian penuh, Kamu harus bisa menahan lapar dan haus. Tentunya hal ini cukup berat jika tidak dibarengi dengan sahur. Sahur bisa menjadi bekal agar tubuh kuat menjalani puasa seharian. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur, dengan tidak lupa minum air putih secukupnya.

Kesempatan untuk Meniatkan Puasa

Foto: priangan timur news

Para ulama sepakat bahwa membaca niat merupakan salah satu bagian dari rukun puasa. Sehingga ibadah puasa bisa dianggap tidak sah dan tidak berpahala ketika tidak disertai dengan niat. Mengingat pentingnya sebuah niat, jangan sampai melewatkannya ya, Ladies.

Ketika lupa melakukannya sebelum tidur, maka saat sahur bisa dijadikan kesempatan untuk meniatkan puasa. Waktu sahur juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk diisi dengan berdzikir atau menjalankan ibadah malam. 

Untuk Alasan Kesehatan

Ilustrasi hidup sehat. (Special)

Menjalankan sahur ternyata juga bermanfaat bagi kesehahan loh, Ladies. Beberapa manfaat kesehatan yang akan Kamu dapatkan dari bersahur, antara lain bisa mencegah dehidrasi, menghindari penurunan berat badan secara drastis, sebagai penghasil energi selama berpuasa, mencegah asam lambung naik, hingga untuk mencegah terjadinya hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Menjadi Ciri Khas Puasa Umat Muslim

Ilustrasi pasangan muslim masak bersama. (Special)

Beberapa agama tertentu juga ada ibadah puasa tertentu. Namun tidak bisa dipungkiri jika kegiatan sahur sebelum menjalani puasa hanya dilakukan oleh umat muslim saja. Sehingga bisa dikatakan adanya sahur bisa menjadi pembeda atau ciri khas dari ibadah puasa umat muslim.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad dan dicacat dalam Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi, “Perbedaan antara puasa kita dengan puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) adalah makan sahur”.

Menghindarkan dari Perilaku Buruk Ketika Lapar

Ilustrasi perempuan menderita batu ginjal. (Special)

Percaya atau tidak, saat seseorang sedang lapar akan mudah menjadi emosi atau marah. Bisa juga kondisi lapar akan memicu seseorang untuk melakukan hal buruk lainnya. Untuk alasan inilah, sebelum berpuasa penting sekali untuk melakukan sahur.

Dengan menjalankan sahur, artinya Kamu sudah melakukan persiapan dengan mengisi kekosongan perut terlebih dahulu dengan makanan dan minuman. Allah Swt. berfirman bahwa menjalani sahur akan memberikan kebaikan untuk muslim yang menjalankannya.

Mereka akan cenderung melakukan perbuatan baik lainnya sepanjang hari, seperti mengerjakan ibadah wajib, mengaji, maupun beramal.