5 Alasan untuk Istirahatkan Wajah dari Makeup Sejenak

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Alasan Untuk Istirahatkan Wajah Dari Makeup Sejenak

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Ladiestory.id - Makeup merupakan salah satu kebutuhan bagi sebagian perempuan. Pasalnya, makeup membantu menunjang penampilan seseorang, bahkan menambah kepercayaan diri.

Namun, terlalu sering mengaplikasikan makeup justru akan membuat kulit wajah menjadi lelah. Tak jarang, kulit pun memberikan peringatan dini agar mengistirahatkan kulit sejenak dari paparan bahan kimia yang menempel di kulit. Nah, berikut lima alasan kenapa kamu harus mengistirahatkan wajah sejenak dari penggunaan makeup.

Dapat Menutup Pori-pori Kulit

Ilustrasi kulit berjerawat. (Special)

Sering menggunakan makeup dapat membuat pori-pori menjadi tertutup atau tersumbat. Pasalnya, makeup mengandung oklusif atau penghalang, yang dapat menyebabkan pori-pori kulit menjadi tertutup.

Saat menggunakan makeup yang berlapis, maka pori-pori kulit akan terhambat, sehingga sel-sel kulit akan ikut menyesuaikan diri dengan minyak alami dan kelembapan wajah yang ada di permukaan kulit. Selain itu, rangsangan dari zat kimia maupun kandungan skincare lainnya juga akan ikut beraksi pada struktur kulit wajah seseorang. Selain pori-pori yang terhambat, juga akan menimbulkan masalah kulit lainnya, seperti jerawat, iritasi kulit hingga komedo.

Pori-pori Kulit Perlu Bernapas

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Kandungan zat kimia dalam makeup juga membentuk lapisan yang membuat pori-pori harus bekerja lebih ekstra, agar dapat menyatu dengan makeup serta kelembapan udara. Karena membentuk lapisan, maka pori-pori kulit pun menjadi sulit bernapas.

Oleh karena itu, dengan berhenti sejenak dari penggunakan kosmetik atau makeup akan membantu menenangkan kulit wajah. Hal ini juga membuat pori-pori memiliki ruang untuk bernapas kembali, bahkan mampu beradaptasi dengan cahaya maupun cuaca.

Detoksifikasi Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Saat kamu beristirahat sejenak dari penggunaan makeup, maka pori-pori kulit akan mampu menyerap oksigen atau udara dengan lebih baik. Hal ini akan membuat kulit memberikan peringatan detoksifikasi, dengan munculnya jerawat atau wajah menjadi kusam. Jika hal ini sudah muncul, maka bisa saja kulit sedang bekerja untuk mengeluarkan zat-zat kimia dari penggunaan makeup.

Bantu Kembalikan Pigmentasi Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Penggunaan campuran produk makeup pada kulit juga dapat mengakibatkan masalah kulit, seperti timbulnya jerawat, iritasi kulit, komedo bahkan kulit menjadi lebih kering. Beristirahat sejenak dari penggunaan makeup dapat membantu mengembalikan pigmentasi kulit dan menyeimbangkan sel-sel kulit.

Munculnya Kerutan pada Wajah

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Kerutan di wajah memang tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Namun, kebiasaan menggunakan makeup dapat meningkatkan paparan radikal bebas, bahkan dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah.

Terkadang, penggunaan makeup yang tebal juga dapat membuat kondisi wajah seseorang tampak berbeda dari wajah aslinya, sehingga tampak lebih dewasa dari usianya. Nah, cobalah hentikan sejenak penggunaan makeup agar wajah bisa terhindar dari paparan radikal bebas.

Selain itu, perbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat yang banyak mengandung antioksidan. Hal ini agar kulit dapat ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.