Amalan Doa Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar dan Sehat

Selasa, 21 Desember 2021 | 19:40:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Amalan Doa Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar Dan Sehat

Ilustrasi ibu hamil. (Special)

Ladiestory.id -  Setiap calon ibu pasti berharap agar kehamilannya selalu sehat dan persalinannya berjalan dengan lancar. Bagi perempuan yang pertama kali merasakan kehamilan pasti akan merasakan cemas dan khawatir menanti calon sang buah hati.

Amalan Doa Ibu Hamil

Setiap calon orang tua pastinya mendambakan anak yang sholeh dan sholehah. Maka, ketika perempuan hamil sangat dianjurkan untuk lebih rajin beribadah dan membaca doa agar janin di dalam kandungan bisa menjadi anak sholeh atau sholelah sesuai dengan harapan orang tua.

Berikut Ladiestory.id telah merangkum lima doa ibu hamil yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Surat Alfatihah

doa ibu hamil
Ilustrasi baca doa ibu hamil. (Special)

 

Doa pertama yang dianjurkan bagi Ibu hamil adalah Surat Al-Fatihah. Dalam Surat Al-Fatihah ayat ke 5 artinya: "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada-MU kami memohon pertolongan."

Dari surat tersebut mengandung makna, Allah merupakan satu-satunya zat penolong, sehingga perempuan yang hamil disarankan mengamalkan surat Al-Fatihah selama mengandung agar bisa ditolong oleh Allah SWT semasa hamil dan melahirkan.

Selain itu Ibnul Qayyim berkata: “Aku pernah tinggal beberapa waktu lamanya di Makkah. Ketika itulah aku menderita beberapa penyakit, sementara aku tidak berobat ke dokter dan tidak pula menemukan obat. Maka aku mengobati diriku sendiri dengan surat Al-Fatihah. Aku melihat pengaruhnya yang menakjubkan. Aku pun menceritakan pengalamanku ini kepada orang-orang yang mengeluhkan sakitnya. Dan kebanyakan mereka sembuh dengan cepat."

2. Membaca Ayat Kursi

Ibu hamil sangat disarankan juga untuk membaca ayat kursi. Membaca ayat kursi satu kali di pagi dan sore hari akan membuat ibu hamil mendapatkan penjagaan dari malaikat sepanjang hari.

Sesuai yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu berkata: " Rasulullah SAW menungaskanku untuk menjaga zakat ramadhan. Di malam hari, datanglah seseorang kepadaku. Ia meraup makanan ( dari zakat itu), maka akupun menangkapnya. Aku katakan kepadanya, 'Akan aku adukan engkau kepada Rasulullah'. Abu Hurairah melanjutkan cerita lengkapnya, dan diantara ceritanya dia berkata: 'Apabila engkau akan tidur bacalah ayat kursi, niscaya engkau akan mendapatkan dari Allah seorang penjaga (yaitu Malaikat). Dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.' Maka Nabi SAW bersabda: ' Dia (jin yang datang kepada Abu Hurairah) telah jujur kepadamu, padahal dia itu seorang pendusta. Dia itu setan'."(HR.Bukhari)

3. Membaca Surat Al-Araf ayat 54

  إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ   

Inna Rabbakumulladzîkholaqas samâwâti wal ardla fî sittati ayyâmin tsummastawâ ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahâra yathlubuhu hatsîtsan wasy syamsa wal qamara wan nujûma musakhkharâtim bi amrihi alâ lahul khalqu wal amru tabârokaLlâhi rabbil ‘âlamîn

Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu Dia bersemayam di ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.”

Dengan membaca surat ini diharapkan mempermudah calon ibu untuk melalui proses persalinan, agar ibu dan anak selalu dalam keadaan sehat.

4. Doa Menjelang Persalinan

ibu hamil
Ilustrasi membaca doa ibu hamil. (Special)

Jika tanda persalinan sudah semakin dekat, sebaiknya ibu hamil bisa sering membaca doa Surat Maryam Ayat ke 14 berikut ini:

وَبَرًّۢا بِوَٰلِدَيْهِ وَلَمْ يَكُن جَبَّارًا عَصِيًّا

Wa barram biwālidaihi wa lam yakun jabbāran 'aṣiyyā

Arti: "Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka."

Doa ini sangat dipercaya akan membantu sang ibu hamil dalam proses melahirkan agar diberikan kemudahan seperti saat Siti Maryam melahirkan Nabi Isa AS.