Amalkan Bacaan Shalawat Nabi, Ini Berkah dan Keajaiban yang Didapat

Minggu, 19 Desember 2021 | 01:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Amalkan Bacaan Shalawat Nabi, Ini Berkah Dan Keajaiban Yang Didapat

Ilustrasi orang mengaji. (Special)

Ladiestory.id - Selain menjalankan ibadah wajib, seperti salat wajib lima waktu, zakat, puasa, ataupun berhaji, melakukan ibadah juga sangat dianjurkan. Ada berbagai macam ibadah sunah yang bisa Kamu lakukan karena ada banyak pilihan caranya. Salah satunya adalah dengan mengamalkan bacaan shalawat nabi secara rutin setiap harinya.

Manfaat Mengamalkan Bacaan Shalawat Nabi

Dalam agama Islam, mengamalkan bacaan shalawat nabi sangatlah dianjurkan. Karena sebagai wujud cinta terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Membaca shalawat nabi juga bisa sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan bisa memberikan manfaat bagi mereka yang menjalankannya. Selain mendapatkan berkah pahala jika dilakukan secara ikhlas, namun ada beberapa manfaat ldan keutamaan yang bisa diperoleh.

1. Sebagai Bentuk Cinta dan Penghormatan kepada Baginda Rasul

Ilustrasi kecintaan pada Rasulullah SAW. (Special)

Membaca shalawat nabi juga termasuk dalam hak yang harus ditunaikan oleh umat Islam untuk perjuangan Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga sebagai bentuk penghormatan kepada nabi Muhammad SAW. Hal seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 56.

"Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

2. Menghilangkan Kesedihan

Dalam menjalani hidup terkadang juga tidak lepas dari berbagai masalah yang menimpa. Baik itu masalah yang tergolong ringan, sedang, maupun berat. Namun jika setiap harinya disertai dengan selalu membaca shalawat nabi, maka hidup akan terasa lebih bahagia.

3. Mendapatkan Kebahagiaan

Semua orang pasti menginginkan dirinya menjalani hidup yang bahagia. Untuk mendapatkan kebahagiaan, kamu bisa mulai mengamalkan bacaan shalawat setiap harinya. Sehingga jiwa lebih tenang dan bisa merasakan nikmatnya iman kepada Allah SWT.

4. Memudahkan Terkabulnya Doa

Diantara makna shalawat nabi adalah doa. Maka jika kamu ingin dikabulkan doanya oleh Allah SWT bisa memanjatkan keinginan kepada Allah dengan sebelumnya diawali dengan membaca shalawat.

"Setiap do'a terhalangi sampai sekiranya ia mau bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam." (HR Dailami no: 4754).

Dan dinyatakan hasan oleh al-Albani dalam Silsilahnya 5/57 no: 2035

5. Dicatat Sebagai Kebaikan dan Sedekah, Serta Bisa Diangkat Derajatnya di Sisi Allah SWT

Rasulullah pernah bersabda: “Segala macam doa itu terhijab, sehingga permulaannya berupa pujian kepada Allah SWT, dan shalawat kepada Rasulullah SAW. Kemudian berdoalah, maka doanya itu akan diijabah oleh Allah.”

Selain manfaat yang sudah disebutkan, barangsiapa yang rajin mengamalkan shalawat atas Nabi Muhammad SAW, juga akan diampuni dosa-dosanya atas seizin Allah SWT. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, disebutkan juga bahwa umat Islam yang bersholawat satu kali, maka dosa-dosanya akan diampuni sebanyak 10 dosa.

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat dan menghapus darinya sepuluh dosa”. (HR. Ahmad)

Untuk bacaan shalawat nabi yang bisa kamu lantunkan adalah sebagai berikut:

ALLAHUMMA SHOLI ALAA MUHAMMAD WA ALAA AALI MUHAMMAD

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.