Masuki Usia 7 Bulan, Anak Nikita Willy Jalani Upcara Tedak Siten

Senin, 21 November 2022 | 11:30:00

Masuki Usia 7 Bulan, Anak Nikita Willy Jalani Upcara Tedak Siten

Anak Nikita Willy Jalani Upcara Tedak Siten. (instagram.com/nikitawillyofficial94)

Ladiestory.id - Putra pertama Nikita Willy dan Indra Priawan, Issa Xander Djokosoetono, melakukan tradisi Tedak Siten di usianya yang ke-7 bulan. Acara yang kental dengan budaya Jawa tersebut digelar pada Minggu (20/11/2022) dan dihadiri oleh keluarga terdekat. 

Prosesi Tedak Siten Baby Issa berlangsung dengan meriah. Keluarga selebritas ini kompak mengenakan busana adat Jawa biru. Mendampingi buah hatinya, Nikita Willy tampak anggun dalam balutan kebaya dan rambut yang disanggul.

Anak Nikita Willy Jalani Upcara Tedak Siten. (instagram.com/nikitawillyofficial94)

Dalam unggahan di Instagram Story, Nikita Willy membagikan cuplikan saat Issa menjalankan rangkaian upacara Tedak Siten. Pada tahap pertama, Issa yang mengenakan blangkon dituntun oleh ibu dan ayahnya menapakkan kaki di atas jadah tujuh warna, yakni hitam, merah, putih, kuning, biru, jingga, dan ungu.

Selanjutnya, ada juga potret Issa yang sedang dibantu menaiki tangga kecil. Tangga tradisional itu sudah dihiasi dengan rangkaian bunga sesuai tradisi. Upacara kemudian dilanjutkan dengan memasukkan Issa ke dalam kurungan ayam. 

Kurungan ayam tersebut berisi beberapa benda yang harus dipilih atau dipegang oleh Issa. Konon, barang yang terpilih merupakan gambaran masa depan sang anak, sehingga orang tua diharapkan membantu menggali potensi anaknya.

Tradisi masyarakat Jawa ini berasal dari kata "Tedak" yang berarti melangkah, dan "Siten", yang berarti tanah atau bumi. Itu artinya tradisi Tedak Siten merupakan momen pertama seorang anak menginjakkan kakinya ke tanah. Dengan diadakannya upacara ini, orang tua berharap anaknya dapat tumbuh menjadi sosok yang berbakti dan membanggakan.

Sementara itu, pemilik nama lengkap Nikita Purnama Willy melahirkan putra pertamanya pada 7 April 2022. Pesinetron ini melakukan proses persalinan di luar negeri, tepatnya di Rumah Sakit Cedars-Sinai, Los Angeles, Amerika Serikat. 

Ada beberapa alasan yang membuat pesinetron ini memutuskan untuk melahirkan di negeri orang. Salah satunya adalah demi mendapat ketenangan usai proses persalinan.

s