Anak Sulit BAB? Ini Cara Atasinya!

Jumat, 17 Februari 2023 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Anak Sulit Bab? Ini Cara Atasinya!

Ilustrasi anak sembelit. (Special)

Ladiestory.id - Pencernaan yang sehat dan lancar Buang Air Besar (BAB) adalah hal yang penting bagi kesehatan anak. Pencernaan yang sehat dapat membantu menjaga berat badan yang ideal, mencegah masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Saat anak sembelit atau susah buang air besar, tentu dapat memberikan dampak bagi kesehatan anak, antara lain dari kesulitan bernapas, nyeri perut, gangguan konsentrasi hingga gangguan pada tumbuh kembangnya. 

Penyebab anak menjadi susah BAB dapat dibagi menjadi tiga, yaitu: kurangnya asupan air, kekurangan serat, atau kekurangan keduanya. Asupan air dapat menjaga agar kotoran tidak kering, namun perlu tambahan serat juga agar kandungan air terserap dalam kotoran. Begitu pula sebaliknya, jika hanya ada serat tanpa air yang cukup untuk diserap kotoran, maka kotoran yang dihasilkan akan kering.

Oleh karena itu, agar pencernaan anak sehat dan lancar, penting untuk mendapatkan keduanya. Selain kurang serat dan air, penyebab anak susah BAB dapat disebabkan juga oleh kebiasaan menahan BAB, infeksi saluran pencernaan, mengonsumsi obat-obatan, hingga masalah yang berhubungan dengan psikologis, seperti stres dan trauma karena BAB yang terasa nyeri. 

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu melancarkan pencernaan anak dan mengatasi permasalahan susah BAB-nya, antara lain:

Berikan anak asupan air yang cukup

Ilustrasi anak minum air putih. (Special)

Memberikan anak asupan air yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Orang tua dapat memberikan anak minuman seperti air putih, jus buah, atau teh yang tidak terlalu manis.

Berikan asupan serat yang cukup

Ilustrasi anak makan buah. (Special)

Memberikan anak asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Orang tua dapat memberikan anak makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Asupan serat yang cukup merupakan hal yang krusial untuk melancarkan BAB anak, karena serat dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar dengan memperlancar gerakan usus. Serat juga dapat menyerap air dan membantu meningkatkan kelembaban tinja, sehingga memudahkan tinja untuk dikeluarkan.

Jika anak susah BAB karena masih sulit untuk mengonsumsi buah dan serat, Fruit 18 Jr hadir sebagai suplemen yang dapat melengkapi gizi dan serat yang menjadi manfaat dari mengkonsumsi buah. Serat dalam buah terbukti baik bagi pencernaan karena serat dapat meningkatkan berat dan ukuran kotoran yang kemudian melembutkannya. Karena sejatinya kotoran yang berukuran besar dan lembut akan lebih mudah untuk dikeluarkan dan mengurangi kemungkinan sembelit pada anak.

Suplemen ini diproses dengan menggunakan teknologi tinggi 'Freeze Drying' (Beku Kering), di mana kadar air pada buah-buahan yang terkandung di dalam Fruit 18 Jr diserap pada suhu dingin (-40 derajat celcius). Sehingga, kandungan phytonutrient, vitamin dan mineral dalam sayur-sayuran tersebut tidak rusak dan tetap utuh seperti mengonsumsi buah asli.

Hasilnya berupa serbuk buah yang kering, higienis dan bersifat alami, karena tidak ada zat pengawet dan pemanis. Oleh karena itu, Fruit 18 Jr diklaim aman dikonsumsi jangka panjang, tidak menyebabkan efek samping.

Suplemen ini cocok dikonsumsi oleh anak usia 1-12 tahun. Fruit 18 Jr cukup dikonsumsi satu kapsul per hari di pagi hari. Bagi anak yang belum bisa menelan kapsul, Fruit 18 Jr dapat diberikan dengan cara membuka kapsul dan isinya dapat dicampur dengan makanan atau minuman yang disukai anak, seperti susu, bubur, madu, hingga ice cream. Rasa dari makanan/minuman yang dicampur tidak berubah.

Fruit 18 Jr tersedia di apotek di seluruh Indonesia atau Apotek Kimia Farma, Apotek Century, Apotek Viva Health, Apotek Roxy, K24, DanDan, dan Guardian serta Apotek dan toko obat terdekat. Fruit 18 Jr juga bisa didapatkan secara online di Shopee, dan Tokopedia.

Berikan obat pencahar jika diperlukan

Jika susah BAB anak terjadi berkepanjangan dan tidak teratasi dengan cara di atas, orang tua dapat memberikan obat pencahar yang dianjurkan oleh dokter.