Andovi da Lopez Kenalkan Alat Musik Legendaris Asal NTT dalam Sasando Rhapsody

Minggu, 16 Juli 2023 | 21:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Andovi Da Lopez Kenalkan Alat Musik Legendaris Asal Ntt Dalam Sasando Rhapsody

Sasando Rhapsody di Galeri Indonesia Kaya. (Special)

Ladiestory.id - Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat beragam, mulai dari alam, kuliner, pakaian adat, serta alat musik. Galeri Indonesia Kaya menggelar acara yang bertajuk “Sasando Rhapsody” untuk memperkenalkan alat musik legendaris asal Nusa Tenggara Timur bersama Andovi da Lopez dan Nusa Tuak.

Selama kurang lebih satu jam, pengunjung dimanjakan dengan alunan dari alat musik sasando yang dibawakan oleh Nusa Tuak dengan lagu-lagu originalnya yang mencerminkan nilai tradisi Nusa Tenggara Timur seperti “Lalean”, “Balelebo”, dan masih banyak lagi.

Pertunjukan Sasando Rhapsody juga dimeriahkan dengan penampilan dari Andovi da Lopez yang membawakan narasi pertunjukan tentang keindahan dan keajaiban dari sasando.  Kolaborasi dan kepiawaian keduanya, serta melodi yang tradisional mendalam hingga irama musik modern yang riang, menghipnotis para penikmat seni yang meramaikan Auditorium Galeri Indonesia Kaya.

Sasando Rhapsody di Galeri Indonesia Kaya. (Special)

 

Andovi da Lopez mengaku bahwa penampilannya tersebut merupakan kali pertama bagi dirinya untuk hadir di hadapan para penikmat seni di Galeri Indonesia Kaya.

“Bangga rasanya bisa memperkenalkan kebudayaan Nusa Tenggara Timur dengan cara yang menyenangkan bersama kelompok musik Nusa Tuak yang juga mengangkat kebudayaan Nusa Tenggara Timur,” ujar Andovi da Lopez.

“Dalam pertunjukan ini, saya dan Nusa Tuak mengajak penonton untuk terhubung dengan kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur serta indahan melodi yang terdapat dalam alunan sasando. Semoga penampilan kami dapat diterima dengan baik dan menjadi hiburan yang bermanfaat bagi para penikmat seni,” lanjutnya.

Sementara itu, Program Director Galeri Indonesia Kaya, Renitasari Adrian juga mengungkapkan bahwa penampilan dari Andovi da Lopez dan Nusa Tuak tersebut selain untuk menghibur namun juga memberikan pengetahuan mengenai alat musik Sasando dari NTT.

“Selain memanjakan telinga para penikmat seni, keduanya juga menjelaskan kepada penikmat seni tentang alat musik yang terbuat dari daun lontar yang melengkung dan berbentuk setengah lingkaran. Keduanya berhasil memukau para penikmat seni yang hadir pada hari ini. Semoga pementasan ini dapat menjadi sajian yang bermanfaat, menginspirasi dan juga menghibur bagi para penikmat seni,” kata Renitasari Adrian.