Anti Gagal! 5 Tips Persiapan Lamaran Nikah

Kamis, 23 Desember 2021 | 14:20:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Anti Gagal! 5 Tips Persiapan Lamaran Nikah

Ilustrasi pernikahan. (Special)

Ladiestory.id - Lamaran atau melamar sesuai dengan namanya yakni seorang laki-laki menanyakan kepada perempuan apakah bersedia untuk menjadi teman hidupnya. Nah, kalau lamaran pernikahan ini bisa dikatakan acara yang formal sebab prosesnya juga mempertemukan dua keluarga inti dari pihak laki-laki maunpun pihak perempuan.

Setiap negara akan memiliki proses lamaran pernikahan yang berbeda-beda, begitu pula di Indonesia. Biasanya, di Indonesia akan melibatkan agama dan adat istiadat dalam prosesi ini. Beberapa orang menganggap bahwa lamaran pernikahan merupakan suatu acara yang sakral.

5 Tips Persiapan Lamaran Nikah

Mau mengadakan acara lamaran nikah dan bingung harus ngapain aja? Yuk lihat 5 tips persiapan lamaran nikah di bawah ini.

1. Cincin

Ilustrasi cincin pernikahan. (Special)

 

Cincin menjadi poin penting dalam acara lamaran nikah. Sebab dalam prosesi lamaran nikah, poin utamanya adalah tukaran cincin.

Cincin jadi simbol pengikat hubungan seseorang yang mesti menjadi persiapan lamara nikah. Sepasang kekasih harus mencari cincin yang diinginkan.

Baik dari ukuran, jenis, model, merupakan hasil kesepakatan berdua. Pilihan material cincin tunangan diantaranya emas, perak, emas putih hingga berlian. Kalian bisa memilih sendiri cincin sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Kini sedang tren perhiasan atau cincin yang diletakkan dalam kotak atau ring bearer yang unik dan menarik. Tidak lupa dihias dengan berbagai aksesoris hingga tampak lebih indah.

2. Seserahan

Ilustrassi hantaran pengantin. (Spesial)

Pada umumnya, seserahan atau hantaran dibawa oleh pihak laki-laki. Hal ini memiliki arti bahwa sang lelaki siap memenuhi kebutuhan hidup calon istrinya secara lahir batin.

Oleh sebab itu, seserahan juga menjadi hal yang penting menjelang lamaran nikah. Lalu apa saja isi seserahan? Sebenarnya seserahan berisi barang-barang kesukaan atau selera dari sang calon mempelai wanita. Agar seserahan yang diberikan bermanfaat dan bisa digunakan oleh sang perempuan.

3. Tempat dan Hidangan 

Nah giliran keluarga wanita yang harus melakukan persiapan lamaran nikah dengan matang. Sebab kebanyakan orang melakukan lamaran nikah di rumah calon mempelai perempuan.

Jika diadakan di rumah perempuan, maka harus menyiapkan sajian hidangan. Sebab biasanya, usai acara lamaran nikah akan ada jamuan makan-makan untuk mempererat kedua keluarga.

Jika tidak ingin repot dan ada budget yang memadai, acara lamaran nikah dapat diadakan di restoran atau gedung. Hal ini juga memperhitungkan berapa jumlah tamu yang akan hadir.

4. Transportasi

Persiapan lamaran nikah yakni alat transportasi sangat penting bagi pihak laki-laki yang akan melamar. Hal ini sangat berlaku bagi kedua pasangan yang berasal dari tempat yang berbeda.

Terlebih jika tempat lamaran nikah cukup jauh, hingga di luar kota atau di luar pulau. Kalian juga harus mempertimbangkan jumlah keluarga yang turut serta dalam acara lamaran nikah ini.

Kalau rumah pihak wanita sangatlah jau hingga menyeberang pulau, maka tidak perlu membawa semua anggota keluarga. Cukup perwakilan keluarga inti agar menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi.

5. Seragam

Ilustrasi bridesmaid. (Special)

Persiapan lamaran nikah selanjutnya adalah seragam, namun juga bukan menjadi hal yang penting. Kembali lagi tengok budget atau anggaran yang dimiliki.

Sekiranya budget terbatas, cukup mempersiapkan seragam untuk anggota keluarga inti saja. Kamu bisa menggunakan batik untuk anggota keluarga pria dan kebaya untuk anggota keluarga wanita. Nilai plus bagi keluargamu jika dapat terlihat kompak dengan memakai seragam.

Semoga tips persiapan lamaran nikah ini dapat membantumu dan pasangan ya. Semoga acaranya dapat berjalan lancar sampai di hari pernikahan nanti!