Anti Galau! 6 Cara Jadi Jomblo Bahagia

Kamis, 14 Juli 2022 | 00:01:00

Anti Galau! 6 Cara Jadi Jomblo Bahagia

Ilustrasi perempuan yang sedang menikmati waktunya. (Spesial)

Ladiestory.id - Tanpa kamu sadari menjadi jomblo membuat kamu merasa lebih bebas. Kamu dapat melakukan apapun yang kamu inginkan, kamu pun tidak perlu merasa khawatir memikirkan apa yang dilakukan pasangan. Tapi tidak menutup kemungkinan, ada saat dimana kamu merasa kesepian dan menjadi frustasi.

Tapi ketahuilah, ketika kamu merasa tidak nyaman dengan perasaan seperti merindukan pasangan atau hal-hal romantis yang biasa dilakukan orang berpacaran. Banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk merasa lebih baik sebagai seorang jomblo.

Ubah Perspektif

Ilustrasi perempuan yang merasa bebas. (Spesial)

Mengubah perspektif atau sudut pandang sangat penting dalam mengatasi rasa kesepian saat jomblo. Dengan mengubah perspektif kamu bukan hanya mengubah keadaan pikiran, tapi juga kesehatanmu. Karena perasaan kesepian dapat berdampak serius pada kesehatan.

Melansir dari laman Very Well Mind, orang yang memandang dirinya sendiri menjadi lajang dengan sukarela cenderung tidak merasakan perasaan kesepian romantis. Namun, orang-orang yang tidak bisa menerima tidak memiliki pasangan, cenderung lebih merasa kesepian secara emosional.

Karena itu penting untuk membingkai ulang perspektif kamu. Alih-alih hanya berfokus pada kerugian menjadi jomblo, fokuslah pada aspek yang kamu nikmati dan kebebasan yang kamu dapatkan.

 Fokus Pada Tujuanmu

 

Ilustrasi perempuan sedang bekerja. (Spesial)

Daripada sibuk galau dan sedih mikirin status jomblo, lebih baik kamu sibuk mikirin tujuan lain untuk dikerjakan. Kamu pasti punya tujuan yang berfokus pada kehidupan profesional seperti hobi, keluarga, kesehatan, dan hal-hal yang ingin kamu capai. 

Dengan fokus pada tujuan ini kamu bisa lebih mengembangkan diri dan berusaha mempelajari hal-hal baru yang bermanfaat untuk diri kamu di masa depan. Kamu juga bisa lebih mengenal diri sendiri sedikit lebih banyak, sehingga kamu lebih mampu melihat apa yang kamu inginkan dalam diri pasangan hidup.

Berhenti Membandingkan

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Jika kamu merasa sedih menjadi jomblo, mungkin juga sulit untuk melihat teman dan keluarga yang bergerak maju dalam hubungan mereka. Tetapi kamu perlu tahu, penting untuk menghindari membandingkan diri dengan orang lain. Baik itu anggota keluarga, teman dekat, atau orang asing yang kamu lihat di media sosial. 

Kenyataannya adalah kamu nggak akan pernah bisa mengetahui semua detail kehidupan orang lain. Terkadang apa yang terlihat dari luar belum tentu keadaan sebenarnya. Hanya karena hubungan orang lain terlihat sempurna untuk mereka , bukan berarti itu juga sesuatu yang kamu inginkan. 

Alih-alih terlibat dalam perbandingan yang membuat kamu merasa tidak sesuai, fokuslah untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup dan pencapaian kamu sendiri.

 Berinvestasi dalam Hubungan Lain

Ilustrasi perempuan yang sedang berkumpul bersama teman. (Spesial)

 

Bukan hanya hubungan romantis dengan lawan jenis, hubungan kamu dengan orang lain seperti keluarga, teman, dan orang-orang disekitarmu juga sangat penting. Membangun koneksi sosial baru dan menjalin pertemanan baru juga bisa bermanfaat. Misalnya kamu bisa bergabung dengan grup online, menjadi sukarelawan, mengikuti klub yang sesuai dengan hobimu, atau mencoba mengikuti kegiatan lainnya. Dengan mengikuti berbagai kegiatan kamu juga bisa membangun banyak relasi. Siapa tahu diantara relasi ini kamu bisa mempertemukan kamu dengan seseorang yang kamu inginkan.

Fokus pada Manfaat Singlehood

Ilustrasi perempuan sedang belajar. (Spesial)

 

Singlehood itu apa sih? Singlehood adalah kondisi di mana seseorang nggak menikah. Bukan karena dia memilih jomblo seumur hidup. Orang dengan keadaan singlehood nggak memaksakan diri untuk mencari atau mendapatkan pasangan. Mereka lebih fokus pada diri sendiri dan independen. 

Dengan memanfaat kondisi ini kamu lebih memiliki banyak waktu untuk mengejar tujuan seperti mendapatkan pendidikan dan mengembangkan karier. Pun kamu memiliki lebih banyak waktu untuk mengetahui preferensi, kebutuhan, dan solusi untuk masalah kamu. Hingga akhirnya dapat membantu kamu memilih pasangan yang lebih baik.

Self Reward 

Ilustrasi perempuan sedang travelling. (Spesial)

Setelah banyak hal yang kamu lalui, nggak ada salahnya mengapresiasi pencapaian kamu selama ini. Hal ini sebagai rasa terima kasih atas kerja kerasmu dan dapat membuat kamu semakin bahagia dengan dirimu sendiri. Kamu bisa memberikan self reward seperti membeli makanan enak, barang yang kamu suka, atau travelling ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Kamu pun akan lebih sibuk dengan kegiatan bermanfaat alih-alih memikirkan pasangan.

Hidup bukanlah perlombaan dan kamu nggak perlu mencapai tonggak kehidupan tertentu dengan kecepatan tertentu. Kamu bisa memiliki kehidupan yang menyenangkan dan bahagia tanpa harus terikat dengan pasangan. Bukan suatu masalah jika kamu belum siap untuk menetap dengan satu orang.