Apa Itu Casual Dating? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Senin, 8 Januari 2024 | 17:43:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Apa Itu Casual Dating? Ketahui Kelebihan Dan Kekurangannya

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Memiliki pasangan yang cocok mungkin menjadi dambaan bagi setiap orang. Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk bisa menemukan pujaan hati, salah satunya dengan casual dating

Istilah casual dating tentunya sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui arti atau makna dari istilah tersebut.

Melansir Brides, casual dating merupakan hubungan fisik dan emosional antara orang-orang yang berkencan tanpa harus menuntut atau mengharapkan komitmen ekstra dari hubungan romantis.

Casual dating adalah saat dua orang menghabiskan waktu bersama dan ingin saling mengenal lebih jauh. Namun, tidak ada komitmen apapun dalam hubungan yang terjalin. Seseorang dengan bebas dapat terlibat dalam kencan lain yang mungkin dipilihnya dalam waktu yang bersamaan.

Kelebihan Casual Dating

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Bagi sebagian orang, casual dating mungkin bisa menjadi cara efektif untuk menemukan pasangannya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang baru saja putus dari hubungan dan belum tertarik untuk melakukan hubungan yang serius dengan orang baru.

Biasanya seseorang yang baru putus akan merasa kesepian dan belum terbiasa dengan kesendirian. Maka biasanya mereka melakukan casual dating dengan orang baru untuk menemaninya tanpa melibatkan perasaan yang serius.

Casual dating benar-benar membuka pintu bagi siapapun yang ingin saling mengenal lebih jauh, dan memberikan pengalaman baru tanpa kewajiban atau beban terikat di antara keduanya.

Kekurangan Casual Dating

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Tak semua orang merasa cocok dengan casual dating, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin tak ingin terjebak dalam hubungan seperti ini. Ada beberapa orang yang akan merasa canggung dan tidak pantas berkencan dengan banyak orang sekaligus.

Seseorang mungkin akan sulit untuk berkencan dengan lebih dari satu orang, hal itu juga dapat membatasi jumlah waktu berkualitas yang dapat dihabiskan dengan seseorang.

Selain itu, seseorang yang terbiasa dengan casual dating akan kesulitan untuk mengalihkan hubungannya ke arah yang lebih serius karena pasangannya mungkin tidak merasakan hal yang sama.

Apakah Casual Dating Pilihan yang Tepat?

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Seseorang pasti pernah bertanya-tanya, apakah casual dating merupakan pilihan yang tepat baginya untuk menemukan pasangan? Penting bagi seseorang untuk memahami apa harapannya dalam mulai berkencan.

Casual dating merupakan pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin mengenal banyak orang sekaligus tanpa membatasi interaksi yang dilakukan. Namun, hal ini sangat tidak cocok dilakukan bagi seseorang yang benar-benar sedang mencari hubungan serius dengan komitmen jangka panjang.