Apa Itu Mice? Tren Pariwisata Yang Sering Dugunakan Saat Ini

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:55:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Apa Itu Mice? Tren Pariwisata Yang Sering Dugunakan Saat Ini

Foto: Ladiestory.id

Tren pariwisata saat ini memiliki banyak wujud, salah satunya adalah MICE. Apa ada yang tau arti dari MICE?

MICE merupakan kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition. Jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata adalah MICE, kegiatan ini sudah di rencakanan secara matang oleh suatu kelompok maupun kumpulan orang yang memiliki satu tujuan yamg sama dalam penyelenggaran kegiatan tersebut.

Dunia MICE merupakan dunia bisnis yang sangat menjanjikan tetapi masih sangat baru dalam masyarakat sebab belum banyak peminatnya seperti bisnis lainnya.

Berikut Bentuk dari MICE

Mice sebagai suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, melibatkan sekelompok orang secara bersama-sama dan rangkaian kegiatannya dalam bentuk meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.

 

1. Meeting

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Meeting merupakan istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan. Meeting adalah suatu kegiatan yang terdapat di dalam MICE.

Menurut Kesrul (2004:8), Meeting Suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan.

Menurut Kesrul (2004:3), “Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama”.

2. Incentive

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Kegiatan yang diadakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi, dalam memberikan apresiasi untuk para karyawan dan rekan kerja yang biasa diadakan diluar kantor atau berupa sebuah perjalanan disebut sebagai Incentive.

Menurut Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), Menjelaskan bahwa perjalanan incentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.

Menurut Kesrul (2004:18), Incentive merupakan hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien, atau konsumen. Bentuknya bisa berupa uang, paket wisata atau barang.

3. Convention

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Menurut (Pendit,1999:29), Istilah conference diterjemahkan dengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang mengandung pengertian sama.

Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim mice sesungguhnya adalah istilah yang memudahkan orang mengingatnya bahwa kegiatan-kegiatan yang dimaksud sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting, incentive, conference dan exhibition.

Hakekatnya merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan. Kegiatan-kegiatan ini dalam industri pariwisata dikelompokkan dalam satu kategori, yaitu mice.

Menurut Kesrul, (2004 :7), Conference atau konferensi adalah suatu pertemuan yang diselenggarakan terutama mengenai bentuk-bentuk tata karena, adat atau kebiasaan yang berdasarkan mufakat umum, dua perjanjian antara negara-negara para penguasa pemerintahan atau perjanjian international mengenai topik tawanan perang dan sebagainya.

4. Exhibition

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Exhibition atau kata lainnya adalah pameran merupakan suatu kegiatan yang diadakan untuk menyebarluaskan informasi dan promosi yang berhubungan dengan penyelenggaraan konvensi maupun yang ada kaitannya dengan pariwisata.

Contoh kegiatan dari Exhibition itu sendiri yakni kompetisi, seminar, workshop, dan expo, serta kelas memasak/Cooking Class

Salah satu jenis exhibition yang dihadiri oleh peserta yaitu sekelompok orang dari kalangan dan latar belakang yang berbagai macam secara bersama-sama berkumpul di satu ruangan serbaguna maupun tempat yang telah di tentukan oleh penyelenggara, untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran terhadap para peserta tentang bagaimana cara memasak dan mengolah suatu produk makanan disebut kelas memasak