Apa Perbedaan Cincin Tunangan dengan Cincin Kawin?

Senin, 31 Agustus 2020 | 11:48:20

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Apa Perbedaan Cincin Tunangan Dengan Cincin Kawin?

Pernikahan dan pertunangan adalah sebuah komitmen. Biasanya komitmen selalu disimbolkan dengan sesuatu barang atau benda seperti pernikahan dan pertunangan yang sama-sama disimbolkan dengan cincin. Walau sama-sama disimbolkan oleh cincin, tapi ternyata kedua cincin ini memiliki perbedaan. Meskipun cincin tunangan dengan cincin kawin terlihat mirip, namun sebenarnya ada beberapa hal yang membedakannya. Beberapa budaya memiliki tradisinya sendiri, sehingga terkadang prosesi pertunangan maupun pernikahannya berbeda. Sebelum memilih cincin yang tepat untuk diberikan pasangan, simaklah beberapa perbedaan mendasar dari cincin tunangan dengan cincin pernikahan berikut:

Tidak Sepasang

Cincin khusus pertunangan umumnya bersifat berdiri sendiri yaitu tidak sepasang. Pasangan pria yang akan memberikan cincin tunangan kepada wanita, namun tidak berlaku sebaliknya. Namun pada budaya-budaya tertentu, ada juga yang memberlakukan cincin tunangan satu pasang bahkan untuk calon mertuanya juga. Cincin yang pria berikan kepada wanita ini mengartikan jika mereka sudah saling terikat satu sama lain. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat dua pilihan yang dipercayai. Yang pertama adalah cincin tunangan dibuat sepasang, sehingga keduanya sama-sama menggunakan cincin.

Simbol Kesiapan

Berbeda dengan cincin kawin yang dimaknai sebagai ikatan sehidup semati dalam ikatan perkawinan. Cincin tunangan memiliki simbol sebagai kesiapan pria dalam hal finansial untuk menikahi wanitanya.

Mata Cincin Lebih Besar

Biasanya, pada cincin kawin sering kali ditemukan mata berlian atau batu-batuan berharga (ruby, safir dan lain-lain) dengan ukuran kecil. Namun, hal ini tidak dilakukan pada cincin tunangan. Umumnya, cincin ini memiliki mata berlian yang lebih besar berjumlah satu pada bagian tengahnya. Atau, ada pula yang diikuti dengan berlian lebih kecil di kanan atau kirinya. Perbedaan paling jelas antara kedua cincin tersebut adalah pada cincin tunangan cenderung memiliki pola atau bentuk yang lebih sederhana. Cincin ini tidak mencolok dengan adanya hiasan batu permata berukuran besar.

Simbol Tidak Lagi “Terbuka”

Memberikan cincin sebagai tkamu pertunangan kepada wanita merupakan simbolik dari status wanita yang tidak sama. Dalam artian, sudah menjadi tidak lagi “terbuka” untuk pria lain dan pasangan pria akan menikahi tunangannya dalam waktu dekat. Sementara, cincin kawin melambangkan ikatan pernikahan antara dua orang, sehingga komitmen tersebut harus dijaga oleh kedua belah pihak selamanya.

Disematkan Di Jari Manis

Pada budaya barat, ketika pria melamar kekasihnya dan diterima, maka pada saat itu juga cincin mulai disematkan di jari manis tangan kiri pasangan wanita. Sedangkan, cincin nikah disematkan di jari manis tangan kanan. Namun di zaman modern ini, muncul model penggabungan cincin tunangan dengan cincin kawin agar dapat digunakan di jari yang sama.

Disamping perbedaan itu semua, apakah pernah terpikirkan oleh kamu untuk menggunakan cincin tunangan sebagai cincin pernikahan juga? Jawabannya bisa `iya` dan `tidak`, sesuai dengan kondisi masing-masing pasangan.

Sumber Foto Utama: Freepik.com