Apa Saja Alternatif Pengganti Foundation?

Kamis, 5 Agustus 2021 | 04:14:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Apa Saja Alternatif Pengganti Foundation?

Foto: Ladiestory.id

Foundation adalah istilah umum yang digunakan dalah dunia makeup sebagai dasar makeup. Alas bedak atau foundation merupakan produk kosmetik yang bertindak seperti alas guna meratakan warna kulit wajah untuk aplikasi makeup yang sempurna.

Biasanya foundation juga dipakai untuk menutupi kekurangan wajah sepertni warna kulit yang tidak merata, flek hitam, bekas jerawat. Foundation pun memiliki beberapa jenis berdasarkan jenis kulit diantaranya ada, sheer foundation, oil based foundation, cream foundation, matte foundation, stick foundation, dan beberapa jenis lainnya.

Namun bagi pemilik kulit sensitif, mereka enggan dan merasa tidak nyaman untuk memakai foundation. Sebab tekstur foundation sendiri yang terasa berat jika dipakai. Makanya beberapa orang memilih untuk menggenakan alternatif pengganti foundation.

Anda tahu apa saja yang bisa dijadikan alternatif pengganti foundation? Meskipun Anda tidak menggunakan foundation, namun Anda tetap bisa tampil cantik dengan produk yang lebih ringan di muka. Tentu saya alternatif ini sangat nyaman jika diaplikasikan ke muka dibanding foundation, apalagi untuk aktivitas seharian.

Apa Saja Alternatif Pengganti Foundation?

1. Concealer

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Concealer merupakan salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah, sehingga membuat kulit seseorang terlihat lebih mulus. Concealer dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit; kulit kering, berminyak atau kombinasi, termasuk kulit berjerawat.

Seperti arti dari namanya, fungsi concealer adalah untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan di kulit wajah, baik itu lingkaran hitam, noda, bekas luka, atau sekadar membuat warna kulit terlihat lebih rata.

Oleh sebab itu concealer dapat dijadikan alternatif pengganti foundation. Anda hanya perlu mengenakannya pada permasalahan kulit yang mengganggu. Lalu pilihlah warna concealer yang sama dengan kulit jika dikenakan sebagai pengganti foundation.

Hal ini dilakukan agar tidak menarik perhatian sebab warnanya yang berbeda dengan kulit asli. Hanya memakai concealer juga membuat tampilan lebih natural.

2. BB atau CC Cream

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

BB cream adalah singkatan dari Blemish Balm atau Beauty Balm cream. BB cream adalah krim yang terdiri dari foundation ringan dan pelembap yang cocok digunakan untuk tampilan ringan make up Anda sehari-hari. Sedangkan CC cream merupakan kepanjangan dari Color Correcting yang memiliki fungsi sama dengan BB cream.

BB cream memiliki tingkat coverage yang tipis sedangkan CC cream lebih difungsikan untuk memperbaiki tampilan warna kulit wajah yang tidak merata. BB cream juga mengandung banyak pelembab jika dibanding dengan CC cream yang diformulasikan lebih ringan.

Jika Anda memiliki kulit kering sangat direkomendasikan BB cream sebagai pengganti foundation sebab memiliki kandungan pelembab yang tinggi. Sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan sensitif, sebaiknya menggunakan CC cream sebagai alternatif pengganti foundation

3. Cushion

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Cushion adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan base makeup portabel yang bentuknya mirip dengan bedak.  Dengan bentuk yang portabel, cushion sering menjadi pilihan bagi para kaum hawa yang sedang berpergian atau perlu sering melakukan touch up.

Apalagi cushion memiliki aplikator yang mudah yakni spons.  Spons yang digunakan bukan spons biasa. Melainkan mengandung cairan dan memiliki aplikator berupa puff yang terbuat dari bahan Polyurethane Rubycel. Sehingga tidak menyerap coverage secara berlebihan dan bisa tetap memberikan kesan natural.

Cushion sering dijadikan alternatif pengganti foundation sebab memiliki SPF sehingga dapat memproteksi wajah dari paparan sinar matahari. Bahkan Anda tidak memerlukan bedak lagi, sudah membuat penampilan terlihat natural hanya dengan menggunakan cushion.

4. Tinted Moisturizer

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Terakhir, Anda bisa menggunakan tinted moisturizer sebagai pengganti foundation. Tinted moisturizer merupakan pelembap yang memiliki efek tint di dalamnya. Tinted moisturizer atau dikenal pula dengan istilah pelembap berwarna mempunyai formula yang lebih ringan dibandingkan foundation dan BB cream.

Produk ini juga menjadi alternatif pengganti foundation sebab memiliki kandungan humektan, antioksidan, emolien, dan beberapa zat aktif lainnya sehingga dapat melembapkan wajah sekaligus menyamarkan permasalahan kulit. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, tinted moisturizer sangat direkomendasikan sebagai pengganti foundation.

Inilah produk yang bisa menjadi alternatif pengganti foundation. Anda bisa menyesuaikan keperluan make up dengan produk-produk yag digunakan. Misalnya jika Anda hanya pelu make up daily sebaiknya gunakan produk alternatif pengganti foundation. Namun jika acara tersebut merupakan acara penting atau istimewa seperti pernikahan, maka Anda wajib menggunakan foundation.